Salin Artikel

Merapikan Rumah, Menata Hidup

Ini karena barang yang menumpuk dan berserakan di sekitar rumah bisa menggambarkan apa yang ada di hati dan pikiran kita.

Penulis buku One Year to an Organized Life, Regina Leeds, mengatakan, jika ada banyak hal yang tidak terselesaikan dalam hidup kita, demikian pula dengan kacaunya barang-barang di rumah kita.

Bila kita sudah tergerak untuk membereskan kekacauan itu, berarti sudah ada keinginan untuk mengubah gaya hidup.

"Dengan melakukan beres-beres, kita bukan cuma menghemat waktu dan uang, tapi self-esteem akan meningkat dan juga level energi. Kita terbuka pada perubahan," kata Leeds.

Ia percaya bahwa kerapian rumah akan mendatangkan kedamaian hati. Karena itu, ia menyebut aktivitas beberes rumah sebagai aktivitas spiritual yang terkenal dengan "Zen Organizer".

Pakar pengorganisasi rumah, Marie Kondo, juga mengatakan bahwa kegiatan merapikan rumah merupakan sebuah proses yang bisa mengubah individu.

Dalam acara reality show "Tidying Up with Marie Kondo" yang diputar di Netflix, wanita asal Jepang ini membuktikan bagaimana hubungan antar-anggota keluarga ikut berubah setelah mereka bersama-sama beberes rumah.

Bikin bahagia

Dalam pandangan ilmu psikologi, membereskan rumah memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental, termasuk mendatangkan rasa bahagia.

Menurut psikolog Michael Tompkins, mood kita bisa ditingkatkan dengan dua cara, yaitu "aktivitas menyenangkan dan aktivitas keahlian".

"Kumpul dengan teman, piknik ke pantai, atau nonton komedi, adalah aktivitas menyenangkan yang secara alami akan membuat mood lebih baik," kata Tompkins.

Sementara aktivitas keahlian, menurut Tompkins, merujuk pada tugas yang pada awalnya tidak menyenangkan untuk dilakukan, tapi setelah selesai akan membuat kita merasa telah mencapai sesuatu.

Membereskan rumah termasuk dalam aktivitas keahlian tersebut.

"Dalam sekejap saja, orang akan melihat lingkungannya berubah. Mereka akan merasa ruangannya jadi lebih ringan dan luas," kata organizer profesional Ellen Delap.

Walau begitu, barang-barang yang menumpuk di rumah bisa menyebabkan stres visual dan menyerap energi.

Kita akan merasa lebih rileks saat lingkungan sekitar lebih lapang dan bersih. Kita akan memproses informasi secara berbeda karena secara visual lebih sedikit "noise" ke otak.

"Ketika kita menyumbangkan barang-barang yang tak terpakai di rumah pada orang yang memang membutuhkan, secara psikologi kita akan merasa lebih bahagia juga," kata Tomkins.

Strategi

Setiap orang pada dasarnya ingin tempat tinggalnya rapi, tapi tidak tahu harus mulai dari mana.

Itu sebabnya, orang-orang seperti Delap, Kondo, atau Leeds, bisa membantu kita menemukan strategi untuk merapikan rumah.

Ada banyak cara untuk mendapatkan strategi beres-beres yang efektif. Misalnya bergabung dengan komunitas dengan minat yang sama, mengikuti seminar, membaca buku, atau semudah menonton serial Marie Kondo.

Nah, ketika akan mulai mempraktikkan, ingatlah jangan membuat target yang terlalu tinggi. Anda bukanlah Marie Kondo dan tak akan pernah menjadi dia.

Bebenah rumah seharusnya merupakan pekerjaan yang ringan, rutin dan terus menerus.

Untuk awalnya, kita memang perlu menyisihkan waktu untuk melakukan beberes besar-besaran, lalu setelahnya tinggal maintenance saja.

Hindari terlalu kritis terhadap diri sendiri saat sedang beberes dan jangan mengajak orang yang justru malah mengejek usaha kita.

Mengatur barang adalah sebuah keterampilan, jadi memang perlu diasah. Semakin rutin kita beberes, makin cepat dan efektif pekerjaan kita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/01/23/110000320/merapikan-rumah-menata-hidup

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.