Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Asal Pakai Sheet Mask, Ketahui Dulu 5 Fakta Penting Ini

KOMPAS.com - Sheet mask atau masker lembaran merupakan sebuah inovasi besar dalam produk perawatan dan kecantikan yang muncul beberapa tahun lalu.

Bagaimana tidak, hanya dengan menempel masker kertas yang terbuat dari katun tipis berisi formula cair, produk ini diklaim bisa mencerahkan, melembapkan, hingga mengatasi garis halus di kulit wajah.

Selain itu, penggunaan sekali pakai membuatnya menjadi pilihan praktis bagi mereka yang tidak ingin repot memakai masker oles tradisional.

Namun, apa benar khasiat masker wajah yang satu ini benar-benar ampuh dan aman bagi kulit?

Untuk mengetahui lebih jauh, mari simak penjelasan dr. Debbie Palmer, spesialis kulit dari New York dengan pengalaman praktik selama 19 tahun seputar penggunaan sheet mask.

1. Tidak sama dan tidak bisa mengganti manfaat dari masker tradisional

Meskipun judulnya sama-sama masker, sheet mask tidaklah sama kandungan dan khasiatnya jika dibandingkan dengan masker oles tradisional. Masker kertas tempel juga tidak bisa membersihkan wajah dan mengangkat sel kulit mati pada wajah seperti masker oles.

Namun, sebagian besar masker langsung tempel ini dikemas dengan kandungan vitamin, asam amino dan mineral, sehingga cukup baik digunakan sebagai produk perawatan wajah.

2. Tetap gunakan produk perawatan lainnya

Meski sudah diisi dengan berbagai jenis vitamin dan mineral, bukan berarti kamu tidak perlu menggunakan produk perawatan wajah lainnya. Dr Debbie Palmer mengatakan bahwa masker langsung tempel dari kertas ini tidak bisa melembapkan wajah seharian penuh.

Maka itu, kamu tetap butuh perawatan wajah lain seperti pelembap, tabir surya, atau bahkan serum khusus guna memaksimalkan perawatan wajah yang kamu lakukan.

3. Sheet mask bagus untuk melembapkan kulit wajah

Meskipun banyak diklaim bisa untuk mengatasi jerawat, untuk mengurangi minyak berlebih, dan untuk mengatasi masalah wajah lainnya, dr. Debbie Palmer hanya yakin kalau masker ini paling berkhasiat untuk melembapkan kulit wajah.

Pasalnya, belum ada studi klinis yang mampu membuktikan kalau masker kertas langsung tempel ini mampu mengobati masalah kulit. Untungnya, masker ini baik untuk meningkatkan kadar air dan oksigen di kulit wajah yang kering. Jadi kulit wajah akan lembut dan lebih halus setelah menggunakan masker ini.

4. Kurang cocok untuk wajah berjerawat

Berhubung masker ini bisa membuat suhu kulit wajah berubah tiba-tiba karena kandungan airnya, masker ini kurang cocok digunakan bagi mereka yang berjerawat.

Hal ini disebabkan ketika suhu wajah naik, masker ini malah dapat meningkatkan jumlah bakteri di permukaan kulit yang menyebabkan jerawat jadi makin parah.

Disarankan untuk yang punya kulit wajah berjerawat dan berminyak, uji coba dulu sehari sebelum memakai masker ini. Caranya dengan menempelkan masker di kulit pipi, dan lihat hasilnya apakah kulit jadi iritasi atau tidak.

Jika keesokan harinya kulit baik-baik saja, silakan lanjutkan pemakaian. Namun jika tidak, hentikan penggunaan tersebut dan beralih ke masker lainnya.

5. Perhatikan cara memakainya

Sheet mask pada dasarnya tersedia satu ukuran saja untuk semua jenis bentuk wajah. Sayangnya, tidak semua orang punya wajah dan lekukan yang sama seperti lekukan masker kertas ini.

Untuk memakai dengan benar, silakan mulai tempelkan masker dari kening dulu, kemudian turun ke mata, ke hidung, lalu ratakan di kiri dan kanan dahi atau pipi. Setelahnya, cocokan dengan posisi bibir sampai ke dagu. Pakai sambil berbaring untuk pemakaian yang lebih nyaman dan pas di wajah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/02/07/050500120/jangan-asal-pakai-sheet-mask-ketahui-dulu-5-fakta-penting-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke