Salin Artikel

Menyusui Anak Kembar, Ini 4 Hal yang Harus Anda Ketahui

ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi yang bisa didapatkan dari tubuh sang ibu. Kandungan yang ada di dalamnya bahkan tidak dapat dikalahkan oleh produk makanan apa pun.

Akan tetapi, tak semua ibu lancar menjalani proses menyusui. Hal ini kemudian bisa menjadi momok bagi para baru, tak terkecuali yang dikaruniai anak kembar.

Beragam pertanyaan pasti terlintas di benak sang ibu apakah dia bisa memberikan ASI secara maksimal untuk buah hati kembarnya.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Farahdibha Tenrilemba menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu diketahui para ibu dalam menyusui bayinya.

Berikut 4 hal yang perlu Anda ketahui, tak hanya untuk ibu menyusui, tetapi juga orang-orang di sekitarnya yang turut menentukan keberhasilan menyusui:

1. ASI pasti cukup

Para ibu tidak perlu khawatir apakah produksi ASI-nya cukup untuk membuat anak-anak kembarnya mendapatkan asupan terbaik.

Farahdibha, yang biasa disapa Dibha, mengatakan, hal ini karena banyak sedikitnya ASI akan berkorelasi positif dengan sering tidaknya si ibu menyusui anaknya.

“ASI itu cara bekerjanya adalah semakin sering dikeluarkan, semakin banyak produksinya,” kata Dibha saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/7/2019) pagi.

Jadi, lanjut dia, berapa pun kebutuhannya, ASI akan selalu terpenuhi jika ibu selalu menyusukan ASI-nya kepada sang anak.

“Yang harus dilakukan oleh ibu bayi kembar dua, tiga, dan seterusnya, itu adalah menyusui lah sesering mungkin,” ujar Dibha.

Untuk mengetahui apakah asupan ASI untuk si bayi tercukupi, Dibha menyebutkan, salah satunya dari frekuensi buang air kecil, BAB, dan peningkatan berat badan yang dapat dilihat secara berkala.

“Sangat diperlukan peran daripada caretaker, siapa pun itu, mulai dari suami, orang di rumah mulai dari ibu, mertua, yang bisa memegang satu bayi ketika si ibu sedang menyusui bayi yang satu lagi,” ujar Dibha.

Jika si ibu tengah menyusui salah satu bayi, otomatis bayi yang lain harus ada di bawah pengawasan orang lain. Pada saat inilah, dukungan dan bantuan itu diperlukan.

Permasalahannya, terkadang bayi kembar memiliki “solidarity brother” yang membuat mereka memiliki keterikatan secara batin. Misalnya satu menangis yang lain juga akan ikut menangis.

3. Menyusui dua bayi bersamaan

Jika kedua anak kembar menangis dalam waktu yang bersamaan karena haus atau lapar, ibu juga tidak perlu bingung bagaimana cara menenangkannya dalam waktu bersamaan.

Ia bisa menyusui kedua anaknya secara bersamaan menggunakan kedua payudaranya.

Hanya saja, untuk bisa memposisikan kedua bayinya secara benar, ibu tetap membutuhkan bantuan seorang asisten sebagaimana disebutkan sebelumnya.

Dibha menjelaskan, ada beberapa formasi menyusui dua bayi secara langsung yang dapat dipraktikkan oleh ibu dengan dua anak kembar.

“Dia bisa bentuk “love” artinya empat kaki bayinya bisa bertemu di tengah-tengah di bawah payudara ibu, atau menyerong ke samping kiri semua ke samping kanan semua, atau misalnya diketekin bayi diketekin di sebelah kiri dan kanan,” papar Dibha.

Cara lain, menyusui bayi kembar secara bersamaan juga dapat dilakukan oleh sang ibu dengan cara menelentangkan badannya, dan meletakkan kedua anaknya di atas dadanya.

4. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Bagi ibu yang menyusui dua anak kembar atau lebih, Dibha menjelaskan, ia tidak perlu melipatgandakan asupan makanannya demi mencukupi kebutuhan ASI sang bayi.

“Asupan makanan itu untuk menjaga kesehatan ibu, karena ibu perlu sehat perlu fit untuk menyusui bayinya, menjaga bayinya. Asuplah makanan yang tentu saja bernutrisi seimbang pada setiap kali makan,” kata dia.

Asupan makanan bernutrisi seimbang ini untuk kesehatan sang ibu.

“Jadi dia bisa menyusui, mengasuh bayinya dengan sehat, dengan baik, jadi bayinya bisa tumbuh,” lanjut Dibha.

Yang perlu diperhatikan terkait asupan nutrisi adalah keseimbangannya.

Seorang ibu sebaiknya memakan berbagai jenis makanan, mulai dari sayur-mayur, buah-buahan, atau berbagai jenis daging dan telur.

Terlepas dari dia menyukainya atau tidak, nutrisi dari bahan-bahan makanan itu dibutuhkan oleh tubuh dan akan berdampak baik untuk bayi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/07/09/150734720/menyusui-anak-kembar-ini-4-hal-yang-harus-anda-ketahui

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.