Salin Artikel

Berapa Batas Maksimal Minum Kopi Sehari yang Baik untuk Tubuh?

KOMPAS.com - Rasanya tidak ada yang lebih menyenangkan, daripada menyeruput secangkir kopi untuk mengawali aktivitas di pagi hari.

Mungkin secangkir kopi tidaklah cukup bagi kamu. Apakah kamu termasuk orang yang biasa mengonsumsi lebih dari satu cangkir kopi per hari?

Tahukah kamu, kopi sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Sebab, minum kopi terlalu banyak, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, lho!

Hasil studi terbaru yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition menyarankan, kita sebaiknya tidak minum kopi lebih dari enam cangkir kopi, dalam satu hari.

Penelitian tersebut dilakukan, dengan melibatkan 347.077 responden yang telah terdiagnosis penyakit kardiovaskuler, atau penyakit jantung.

Mereka dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok yang memiliki varian gen CYP1A2, dan kelompok tanpa varian gen tersebut.

Sebagai informasi, varian gen CYP1A2 membuat seseorang lebih sulit memetabolisme semua kafeina yang dicerna. Akibatnya, individu yang memiliki varian gen ini, lebih berisiko untuk terkena penyakit jantung dan hipertensi.

Penelitian ini menemukan, jumlah kopi yang dikonsumsi, memengaruhi risiko penyakit jantung. Risiko tersebut berlaku untuk setiap responden penelitian.

Berdasarkan temuan ini, kita disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi kopi.

Apa akibatnya jika terlalu banyak minum kopi?

Kafeina dalam kopi mungkin membantu kita untuk beraktivitas lebih cepat dan lebih keras. Namun, konsumsi kafeina secara berlebihan, akan membuat kita bekerja di luar batas maksimal tubuh.

Selain risiko terkena penyakit jantung, berikut ini gangguan yang bisa kita alami secara fisik dan mental, jika terlalu banyak minum kopi.

  • Detak jantung menjadi cepat
  • Sakit kepala sebelah
  • Merasa gelisah dan mudah gugup
  • Sakit perut
  • Menjadi cepat marah
  • Sering buang air kecil
  • Insomnia
  • Tekanan darah menjadi tinggi
  • Tremor

Manfaat kopi jika dikonsumsi dengan cukup

Penting untuk digarisbawahi, kopi tetap memiliki manfaat, jika dikonsumsi dalam batas wajar.

Kamu tentu sudah mengetahui, kopi bisa membantu bekerja lebih optimal. Sebab, kafeina dalam kopi akan mengurangi adenosin, yaitu senyawa alami tubuh, yang bikin ngantuk.

Selain itu, kopi merupakan antioksidan yang baik untuk tubuh, bahkan melebihi teh. Antioksidan berperan penting dalam menangkal radikal bebas, serta melawan penyakit yang menyerang tubuh.

Kopi juga dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit pada organ hati, serta beberapa jenis kanker.

Sebuah studi dari Universitas Harvard menemukan, konsumsi kopi secara rutin, dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker prostat pada pria.

Risiko terhadap penyakit-penyakit tersebut seperti penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, sindrom demensia, serta penyakit diabetes tipe 2 pun bisa dikurangi, dengan mengonsumsi kopi.

Kesimpulannya, minum kopi memang menyehatkan. Walau begitu, konsumsilah dalam batas wajar, yakni di bawah enam cangkir per hari, agar aman untuk tubuh.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/10/01/080824420/berapa-batas-maksimal-minum-kopi-sehari-yang-baik-untuk-tubuh

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.