Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menikah Lagi, Justin dan Hailey Bieber Habiskan Lebih dari Rp 7 M

Pernikahan dengan 154 tamu undangan itu turut mengundang sejumlah rekan dari kalangan selebriti.

Beberapa yang terlihat hadir seperti Kris, Kendall dan Kylie Jenner, model Joan Smalls dan Camila Morronne, hingga Jaden Smith.

Perayaan pernikahan pertama mereka cukup kecil dan sederhana, untuk itu tak heran jika Justin dan Hailey menginginkan sesuatu yang lebih spesial kali ini.

Pasangan ini dilaporkan menghabiskan dana lebih dari 500.000 Dollar AS atau sekitar Rp 7 miliar untuk segala keperluan acara. Mulai dari dekorasi hingga akomodasi sekitar 150 tamu.

Laman E! Online mencoba merinci dana yang dikeluarkan Justin dan Hailey untuk keperluan mereka.

1. Hotel

Harga kamar Montage Palmetto Bluff di South Carolina terbilang cukup tinggi. Pada hari Minggu biasa, salah satu dari 198 kamar resor bisa mencapai 705 Dollar AS atau sekitar Rp 9,9 juta.

Jika Justin menyewa semua kamarnya, maka tagihan yang harus dibayarkan kurang lebih mencapai 139.590 Dollar AS atau sekitar Rp 1,97 miliar.

Seorang sumber mengatakan, untuk pemesan harus memesannya sekitar sembilan bulan hingga satu tahun sebelumnya.

Meski tidak murah, tempat tersebut terbilang cukup terpencil sehingga terkesan pribadi dan nyaman.

2. Desainer event selebriti

Justin menunjuk konsultan pesta Mindy Weiss untuk mengurus pernikahan mereka. Menurut Washington Post, biaya Weiss bisa mencapai 151.300 Dollar AS atau sekitar Rp 2,13 miliar.

Laporan itu menyebutkan, bahwa pengeluaran itu sudah termasuk biaya staf petugas upacara (lebih dari Rp 630 juta), biaya perjalanan (Rp 678 juta), penerangan (Rp 530 juta), dan videografer (Rp 141 juta)

Weiss juga menyediakan suvenir pernikahan yang harganya sangat mahal. Untuk tas mencapai Rp 60 juta, kemeja Rp 70,6 juta, dan lainnya.

Menurut Wedding Wire, untuk perkiraan makanan pada hors d'oeuvres, hidangan utama dengan dua sisi, pemilihan sayuran, kue pernikahan, makanan ringan larut malam, dua koktail, dan anggur pilihan yang dibagikan kepada para tamu pada saat kedatangan adalah sekitar Rp 5,6 juta dan satu makanan mewah senilai Rp 840 juta.


3. Makanan lainnya

Para tamu undangan juga masih bisa menikmati makanan lainnya, mulai dari tiram panggang hingga barbekyu dan satu koktail dengan estimasi biaya Rp 3,1 juta. Dengan estimasi semua tamu hadir, biaya yang dikeluarkan mencapai Rp 476 juta.

4. Pajak

Semua makanan dan minuman ini memiliki pajak dan di negara bagian South Carolina, pajak penjualan yang dikenakan sebesar 8 persen.

Selain itu, minuman keras dikenai pajak yang lebih besar yaitu 13 persen dan sewa tempat acara 6 persen.

5. Biaya pelayanan

Layanan fungsi perjamuan khusus juga dikenakan pajak sebesar 6 persen dan semua layanan fungsi perjamuan khusus dikenakan biaya layanan 23 persen.

6. Biaya tambahan

Barang-barang kecil tentunya tetap menambah pengeluaran. Termasuk biaya bartender (masing-masing Rp 2,1 juta), koki atau pelayan (masing-masing Rp 2,7 juta), Sommelier atau ahli wine (masing-masing Rp 7 juta untuk dua jam), serta biaya situs (mulai Rp 1,4 juta hingga 42 juta).

7. Brunch perpisahan

Paket brunch dari Mimosa dan Bloody Mary diperkirakan mencapai Rp 1,3 juta per orang untuk perpisahan di waktu brunch, alias waktu makan di antara sarapan dan makan siang

8. Aksesori pengantin perempuan

Untuk hari besarnya, Hailey memilih anting berlian Tiffany & Co seberat 5 karat dengan harga Rp 1,7 miliar.

Di samping detail yang tercatat ini, ada pula biaya untuk tuxedo, dress photo booth, dan detail lainnya yang perlu dibayar.

Meski cukup besar, harga tersebut sebanding dengan kebahagiaan dan cinta yang didapat, bukan?

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/10/04/125805920/menikah-lagi-justin-dan-hailey-bieber-habiskan-lebih-dari-rp-7-m

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke