Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bawa Barang Terlalu Berat Bisa Bikin Otot Robek, Apa Sebabnya?

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang merasa area lengannya sakit setelah membawa barang yang terlalu berat, misalnya kantong belanjaan.

Apa yang sesungguhnya terjadi pada situasi tersebut?

Konsultan geriatri, Dr. dr. C Heriawan Soejono, Sp.PD, K. Ger, M.Epid menjelaskan, kondisi itu terjadi pada orang-orang yang tidak rutin melatih ototnya.

Rasa sakit bisa terjadi karena terjadi robek pada sambungan antara otot, sendi, dan tulang pada bahu. Ketika otot robek, akan muncul rasa sakit yang luar biasa.

"Kalau membawa belanjaan berarti kan bahu jadi ketarik ke bawah, berarti sambungan antara otot dengan tulang pada sendi bahu bisa robek," ungkapnya ketika ditemui seusai Ensure Press Launch di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Untuk mencegahnya, usahakan latihan kekuatan secara rutin. Kamu tak perlu menggunakan beban yang terlalu berat seperti menggunakan barbell di pusat kebugaran.

Mulailah dengan beban yang ringan, misalnya mengangkat botol air minum 300-600 ml lalu menggerakkan lengan secara teratur.

Lakukan pula peregangan secara rutin yang bisa menggerakkan sendi lengan sesuai fungsinya.

"Digerakkan secara teratur. Yang penting keteraturan itu. Sendi terpelihara, otot terpelihara sehingga ketika ada tas yang beratnya ekstra kita bisa angkat dengan baik," katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/05/174743020/bawa-barang-terlalu-berat-bisa-bikin-otot-robek-apa-sebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke