Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kalimat-kalimat Positif untuk Anak Bantu Bangkitkan Rasa Percaya Diri

KOMPAS.com - Mendidik anak tidaklah mudah. Terlebih bagi orangtua baru yang anak-anaknya sudah mulai menginjak usia balita.

Kegagalan yang dihadapi anak, seringkali membuat mereka tak ingin menyelesaikan masalahnya dan mencoba hal baru dikemudian hari.

Namun studi mengatakan, bahwa memberikan pernyataan-pernyataan positif pada diri sendiri atau afirmasi positif pada anak, disebut mampu membuat anak juga berpikir positif.

Apa itu afirmasi positif?

Afirmasi positif adalah bentuk self-talk positif. Ketika cukup sering diulang, kepositifan ini dapat berkontribusi pada peningkatan harga diri dan pemikiran positif secara keseluruhan.

Ketika putramu mengatakan pada dirinya sendiri bahwa ia dapat bekerja keras dan mengatasi tantangan, ia mengganti pikiran negatifnya dengan pikiran positif dan bahagia yang membangun kepercayaan diri.

Jika dia cukup sering mengatakannya, dia menginternalisasi hal-hal positif tentang dirinya, belajar bahwa dia memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk mampu, percaya diri, dan ramah, bahkan dalam menghadapi hambatan.

Bukan hanya anak-anak yang dapat memperoleh manfaat dari afirmasi positif. Mempraktikkan afirmasi setiap hari, membantu kita semua untuk mengganti suara yang mengganggu di dalam diri yang mungkin memberi tahu kita "Aku tidak bisa".

Dengan pola pikir positif, afirmasi memberi tahu kita bahwa kesalahan itu hal yang wajar dan kita belajar darinya untuk mengatasi tantangan.

Cara mengaplikasikan afirmasi positif pada anak

Kita dapat menggunakan afirmasi pada anak untuk mendorong pola berpikir positif dan rasa percaya dirinya

Jika si kecil menemukan penegasan, bahwa ia benar-benar tidak percaya bahwa dirinya benar, ini adalah peluang besar untuk melakukan percakapan sebagai keluarga tentang apa arti penegasan itu dan apakah itu bisa menjadi sesuatu yang benar seiring waktu?

Afirmasi bekerja ketika dipraktikkan secara konsisten. Jadi lakukan secara rutin afirmasi positif di rumahmu dan ajari anak untuk mempraktikkannya beberapa kali sehari.


1. Untuk memulai, identifikasi segala pembicaraan  negatif yang ingin diubah.

2. Selanjutnya, pikirkan cara positif untuk mengubah proses pemikiran ini.

3. Kemudian, gunakan pikiran positif yang baru untuk menciptakan afirmasi positif yang sederhana yang dapat diulang anak.


Mintalah anak mempraktikkan afirmasi ini setiap hari. Mengatakannya di cermin bisa membuat mereka sangat kuat, dan kamu bisa membantu dengan mengulanginya lagi sebelum si kecil tidur.

Beberapa keluarga merasa terbantu menggunakan kartu afirmasi. Anak dapat dengan mudah memilih kartu dari tumpukan dan membacanya sendiri di cermin.

Keluarga bahkan dapat menggunakan kartu-kartu ini sebagai titik awal untuk percakapan bersama yang bermakna.

Afirmasi positif untuk dikatakan bersama anak:

1. Saya bisa belajar dari kesalahan.

2. Saya bisa membantu orang lain.

3. Saya dapat melakukan hal-hal baru.

4. Saya bisa belajar bagaimana melakukan ini.

5. Saya bisa menahan diri.

6. Saya bisa memikirkan ide-ide hebat.

7. Saya bisa baik apa pun yang terjadi.

8. Saya bisa membuat orang lain merasa bahagia.

9. Saya bisa mengatasi tantangan.

10. Saya dapat menemukan keindahan dalam apa pun.

11. Saya dapat meminta bantuan ketika saya membutuhkannya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/03/201650820/kalimat-kalimat-positif-untuk-anak-bantu-bangkitkan-rasa-percaya-diri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke