Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Demi Lovato Berjuang Perangi Dampak Pandemi Corona

Perempuan 27 tahun itu kerap bercerita mengenai kesehatan mentalnya, gangguan makan, dan penyalahgunaan obat, serta bagaimana ia berusaha mencari pengobatan.

Kini, Lovato memberi saran yang sama kepada penggemarnya.

Pada Selasa (21/4/2020) lalu, ia membahas dampak dari pandemi Covid-19 pada kesehatan mental jutaan orang, melalui akun Instagram-nya, @ddlovato.

"Dampak kesehatan mental Covid-19 akan lebih lama dari virus," demikian tulisan pada gambar yang diunggah Lovato.

"Begitu banyak orang ditinggalkan sendiri dengan beban, kegelisahan, kekerasan, dan terus berjuang dengan ketidakpastian ini," tulis Lovato di caption unggahannya.

"Itu sebabnya saya ingin membantu dengan meluncurkan #TheMentalHealthFund untuk mendukung organisasi yang menggagas permintaan konseling krisis yang meningkat karena Covid-19."

Lovato mengaku ingin mendukung layanan itu untuk membantu banyak orang.

Sebab kecemasan, depresi, dan masalah kesehatan mental lain dapat diperburuk oleh social distancing dan tekanan finansial, serta stres.

Mental Health Fund mengumpulkan dana bagi organisasi yang bekerja untuk memberi konseling kesehatan mental gratis lewat pesan teks.

Sejak diluncurkan pada Senin (20/4/2020), layanan ini sudah mengumpulkan lebih dari dua juta dollar AS atau sekitar Rp 31 miliar.

"Sangat penting menghubungi layanan ini, karena terkadang kita merasa benar-benar sendirian, dan tidak tahu harus ke mana atau berbicara dengan siapa," kata Lovato kepada People.

"Kita mungkin memiliki pikiran-pikiran yang terlalu gelap, dan kita perlu bimbingan. Layanan ini dapat memberikan bantuan kepada orang-orang yang sedang berjuang."

Bukan pertama kali

Ini bukan pertama kalinya mantan bintang Disney Channel itu membuka topik terkait kesehatan mental.

Pada bulan Februari lalu, Lovato membahas gangguan makan dan kecanduan olahraganya pada sebuah episode podcast Ashley Graham, "Pretty Big Deal".

Kemudian, di bulan Maret, ia membahas isu overdosis yang bisa berdampak fatal pada sebuah episode "The Ellen DeGeneres Show".

Lovato ingin memastikan penggemarnya tidak harus mengalami perasaan isolasi sama seperti apa yang dia rasakan selama masa-masa sulit dalam hidupnya.

"Meminta bantuan bukanlah pertanda kelemahan. Ini pertanda kekuatan. Seringkali kita merasa bahwa jika kita meminta bantuan, kita lemah," kata dia.

"Tapi hal terkuat yang bisa dilakukan seseorang adalah mengambil langkah pertama dalam mendapatkan bantuan, apa pun bentuknya," tegas dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/23/103306220/cara-demi-lovato-berjuang-perangi-dampak-pandemi-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke