Salin Artikel

5 Jenis Vitamin Rambut Pria yang Aman Digunakan

KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa 85 persen pria mengeluhkan masalah rambut berupa kerontokan yang mengarah pada kebotakan?

Jika kamu adalah salah satunya, cobalah menggunakan vitamin rambut pria yang memiliki khasiat dari mencegah rambut rontok hingga melebatkan rambut berikut ini.

Kerontokan dan penipisan rambut yang mengarah pada kebotakan memang bisa terjadi pada siapa saja, namun paling banyak dialami oleh pria.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari faktor keturunan, perubahan hormon, hingga konsumsi obat-obatan tertentu.

Pada beberapa kondisi, hal ini bisa dicegah dengan menggunakan vitamin rambut. Hanya saja, kamu sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengetahui dosis vitamin yang tepat, karena menggunakan terlalu banyak vitamin pada rambut justru akan memperparah kerontokan.

Vitamin rambut pria yang dapat dipilih

Ada banyak jenis vitamin rambut yang beredar di pasaran. Namun, jenis vitamin rambut pria yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

Vitamin A

Vitamin A dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan mempercepat pembaruan jaringan di dalam tubuh manusia.

Salah satu prinsip kerja vitamin A adalah mengaktifkan sebum sehingga kulit kepala akan lebih lembap dan sehat, yang kemudian menjadi iklim yang baik bagi tumbuhnya rambut.

Selain lewat suplemen vitamin rambut, kita dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, ubi, dan bayam.

Hanya saja, ketahui takaran vitamin A yang dibutuhkan oleh rambut karena vitamin rambut pria ini dapat memperparah kebotakan jika digunakan secara berlebihan.

Vitamin B

Vitamin B yang dimaksud sebagai vitamin rambut pria adalah biotin. Penelitian mengungkap biotin dapat mencegah kerontokan rambut secara signifikan pada manusia.

Meskipun demikian, pemakaian biotin hanya efektif mencegah kerontokan bila seseorang memang kekurangan vitamin B.

Hingga kini, belum ada bukti yang menyatakan efektivitas penggunaan biotin pada orang yang tidak mengalami defisiensi vitamin B.

Vitamin C

Fungsi vitamin C adalah antioksidan yang dapat mencegah efek penuaan dini, salah satunya kerontokan dan penipisan rambut yang berujung pada kebotakan.

Vitamin C juga dapat bertindak sebagai kolagen yang membuat rambut lebih kokoh serta tumbuh dengan baik.

Jeruk adalah pilihan sumber vitamin C yang sangat populer. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan vitamin ini dari stroberi maupun cabe.

Vitamin D

Vitamin rambut pria ini dapat mempercepat produksi rambut sehingga menghambat kebotakan.

Selain mendapatkannya lewat suplemen vitamin rambut yang dijual bebas, kamu juga bisa mendapatkan vitamin ini dari paparan sinar matahari, begitu pula minyak ikan, jamur, dan makanan terfortifikasi.

Vitamin E

Fungsi vitamin E mirip dengan vitamin C, yakni sebagai antioksidan yang mencegah terjadinya stres oksidatif pada rambut.

Salah satu studi mengungkap bahwa konsumsi vitamin E selama 8 bulan beruntun akan mempercepat pertumbuhan rambut baru hingga 34,5 persen.

Untuk merasakan manfaatnya, kamu bisa mendapatkan vitamin E dari biji bunga matahari, bayam, dan alpukat.

Tentu saja, ada banyak produk vitamin rambut pria yang mengandung nutrisi yang satu ini dan bisa dioleskan langsung pada kulit kepala.

Tips penggunaan vitamin rambut pria

Vitamin-vitamin tersebut paling efektif untuk mengatasi masalah kebotakan dan membuat rambut lebih sehat ketika digunakan bersamaan.

Bahkan, belum ada penelitian yang menyatakan efektivitas vitamin rambut pria tersebut jika digunakan sendiri-sendiri dan tidak rutin.

Selama mengonsumsi vitamin tersebut, kita juga disarankan untuk menjaga kesehatan rambut, seperti tidak sering menggunakan pengering rambut dan tidak merokok.

Bila masalah rambut tidak selesai dengan penggunakan vitamin, konsultasikan ke dokter kulit yang kompeten.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/13/135027720/5-jenis-vitamin-rambut-pria-yang-aman-digunakan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.