Salin Artikel

YouTuber Jepang Turun Bobot Hampir 70 Kg, Wajahnya Jadi Tirus

KOMPAS.com - Transformasi berat badan selalu menarik untuk diikuti. Kebanyakan dari mereka yang menjalaninya memiliki cerita tentang kerja keras untuk meraih target, yang tentu bisa dijadikan pelajaran untuk kita semua.

Sebagian dari mereka juga menunjukkan perubahan fisik yang mengagumkan, bahkan penampilannya tampak jauh berbeda dari penampilan sebelumnya.

YouTuber asal Jepang, Ruibosu, adalah salah satu orang yang transformasi berat badannya bikin pangling. Selain karena dalam perjalanannya ia melepas kacamata, wajah Ruibosu juga tampak lebih tirus dari sebelumnya.

Ia mendokumentasikan perjalanan penurunan berat badannya dari awal hingga akhir lewat video di akun YouTube, dan perkembangannya sangat luar biasa. 

Bobotnya berhasil turun 68,5 kg, angka yang cukup besar. Ia memulai perjalanan penurunan berat badannya sejak September 2019.

Namun, warganet tidak hanya mengagumi pencapaian itu, tetapi juga perubahan penampilan Ruibosu yang sangat berbeda.

"Aku mencoba menurunkan berat badan dalam setahun!! Dari 137kg ke 68,5kg! Aku mengunggah kompilasinya di YouTube. Silakan lihat jika kamu suka," tulisnya melalui akun Twitter miliknya, @ruibosu0222. 

Dalam video, kita bisa melihat olahraga-olahraga yang dilakukan Ruibosu untuk menurunkan bobotnya. Di antaranya adalah plank, sit up pull up, leg raises, hingga kickboxing.

Tak hanya menurunkan berat badan dengan angka yang besar, pria dengan tinggi 170 cm itu juga berhasil menurunkan persentase lemak tubuhnya dari 42,9 persen ke 18,6 persen.

Ruibosu berusaha menunjukkan konsistensinya kepada para penonton, misalnya ia tetap berolahraga di atas rumah walau sedang hujan.

Dengan kombinasi olahraga dan rencana pola makan, ia berhasil menurunkan bobot sekitar 5 kg setiap bulannya.

Sayangnya, Ruibosu tidak banyak membagikan pola makannya. Namun, dalam sebuah video, ia pernah membagikan momen ketika ia makan buah selama 200 hari pertama diet serta makan nasi dan ayam hampir setiap hari.

Melalui Twitter-nya, ia pernah menyebut bahwa diet tersebut dijalaninya dengan penuh perjuangan.

"Sangat sulit untuk mengontrol nafsu makanku, terutama dua bulan pertama," ungkapnya.

Namun, Ruibosu menekankan bahwa dirinya tergolong lebih gemuk daripada orang pada umumnya dan mencapai titik di mana ia merasa sangat perlu menurunkan berat badan.

Ia mengajak orang-orang yang ingin berdiet untuk tidak melakukannya secara berlebihan dan masih dalam koridor diet yang sehat.

Seperti yang disarankan oleh para praktisi kesehatan, usahakan kita menurunkan berat badan secara perlahan dengan kecepatan yang stabil. Rekomendasinya adalah antara 0,45 kg hingga 0,9 kg per minggu.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang menurunkan bobotnya secara perlahan dan stabil cenderung bisa mempertahankan berat badannya dalam jangka panjang.

Namun, mereka yang memiliki berat badan berlebih mungkin bisa menurunkan bobot lebih dari itu dan lebih cepat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/01/095739720/youtuber-jepang-turun-bobot-hampir-70-kg-wajahnya-jadi-tirus

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.