Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penghormatan untuk Kobe Bryant dalam Nike x Undefeated

KOMPAS.com - Aksi Kobe Bryant di lapangan basket akan selalu dikenang oleh para penggemarnya, kendati ia sudah tiada.

Pasca kematiannya yang tragis akibat kecelakaan helikopter di awal tahun ini, mendiang Kobe akan mendapat gelar anumerta oleh Naismith Memorial Basketball Hall of Fame.

Naismith Memorial Basketball Hall of Fame adalah museum sejarah AS dan rumah peringatan untuk sosok terkenal yang mengandung koleksi memorabilia.

Museum ini terletak di 1000 Hall of Fame Avenue, Springfield, Massachusetts, AS.

Dalam rangka menyambut pelantikan gelar anumerta Kobe Bryant sekaligus menghormati torehan prestasinya semasa berkarier sebagai pemain NBA, Nike pun merilis siluet Kobe 5 terbaru.

Sepatu ini diberi nama Kobe 5 Protro "Hall of Fame", hasil kerja sama Nike dengan Undefeated, toko sneaker yang berbasis di Los Angeles, California, AS.

Sebelumnya, Undefeated sudah menjalin kolaborasi dengan merek ternama lain seperti A Bathing Ape (BAPE), Champion, Adidas, Asics, Converse, dan Vans.

Bagian atas sepatu didominasi warna emas metalik, kecuali bagian throat dan penyangga tumit yang dibubuhkan warna hitam.

Material jaring yang dijahit rapat bisa kita saksikan di panel samping, tumit, dan ujung sepatu atau toebox sepatu ini.

Sementara itu, bagian toe cap, forefoot dan lubang tali sepatu menggunakan bahan sintetis dengan cetakan ala kulit ular.

Logo swoosh di sisi lateral sepatu diberi gradasi warna merah-ungu, lis merah tebal dan angka 24, 10, dan 8 yang ditulis dengan warna emas.

Angka 24 dan 8 mengacu pada nomor jersey Kobe saat bermain untuk tim Los Angeles Lakers, sementara angka 10 adalah nomor jersey saat dia menjadi bagian dari USA Basketball.

Ada berbagai detail yang berbeda di bagian lidah, tumit, dan insole.

Sepatu sebelah kiri menampilkan logo Undefeated, Five Strike --empat garis vertikal yang "dicoret" satu garis diagonal-- di bagian lidah.

Untuk bagian tumit, Nike menyematkan tulisan "AIR", namun mengganti huruf "I" dengan logo Kobe Bryant yang posisinya dibalik.

Sebagai catatan, logo Kobe Bryant ini terinspirasi dari logo "sheath" pada sarung pedang yang terlihat di film lawas bergenre laga, Kill Bill.

Kemudian, pada insole sepatu sebelah kiri, tercantum branding Nike Air.

Logo "sheath" juga tampak di sepatu sebelah kanan, hanya saja penempatannya berbeda, yaitu di bagian lidah. Sedangkan, logo Five Strike berada di bagian tumit

Bagian midsole dilengkapi teknologi Zoom Air dengan gradasi warna ungu ke emas, dan dibungkus outsole ungu sebagai penyempurna tampilan sepatu ini.

Sampai tulisan ini dibuat, belum ada informasi resmi seputar tanggal rilis atau banderol harga dari sepatu Nike Kobe 5 Protro x Undefeated.

Diperkirakan, sepatu ini akan dilabeli harga 190 dollar AS atau sekira Rp 2,8 juta dan dipasarkan di situs Nike SNKRS menjelang akhir tahun.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/16/162154320/penghormatan-untuk-kobe-bryant-dalam-nike-x-undefeated

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke