Salin Artikel

Pasanganmu Selingkuh Mikro? Cari Tahu dengan Cara Ini

Perselingkuhan kecil, atau yang belakangan disebut sebagai perselingkuhan mikro, pun dilakukan oleh seseorang yang sudah memiliki pasangan.

Sayangnya, kebanyakan orang tak menyadari bahwa ia telah melakukan perselingkuhan mikro ini dari pasangan mereka.

Apalagi, berkembangnya teknologi digital, membuat perselingkuhan mikro semakin mudah dilakukan.

Apa sebenarnya perselingkukan mikro?

Frasa baru ini digunakan untuk mendeskripsikan tindakan sehari-hari yang dapat dianggap sebagai godaan yang tidak pantas, yang dilakukan seseorang pada orang lain selain pasangan mereka.

Ciri khas dari selingkuh mikro berfokus secara emosional maupun secara fisik pada orang lain yang bukan pasangan.

“Apa itu perselingkuan?” adalah salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh terapis seks.

Untuk pembahasan yang lebih mendetail, berikut adalah pendapat pakar hubungan terkait beberapa cara umum seseorang memulai perselingkuhan mikro:

- Mengirimkan lelucon dan meme yang menggoda

- Membuat profil Tinder hanya untuk melihat berapa banyak kecocokan atau suka yang didapatkan

- Tampil habis-habisan dan berdandan saat bertemu orang yang disukai

- Mencari tahu tentang seseorang yang disukai melalui media sosial mereka

- Mengaku masih jomblo, baik secara langsung maupun daring

- Mengirim pesan, tweet, atau postingan genit dengan akun anonim

- Menyukai atau mengomentari media sosial orang yang disukai

- Mendiskusikan kehidupan seks dengan seseorang yang bukan pasangan

- Terus berbalas pesan sepanjang hari

- Mengirim selfie atau foto sedikit terbuka kepada orang yang disukai

- Menyembunyikan pertemanan dari pasangan

- Memberi tahu teman bahwa kamu menyukai mereka

- Memiliki lelucon yang hanya dipahami berdua

- Ada saja alasan untuk bertemu atau berduaan

- Mengungkapkan hal-hal yang intim secara emosional

- Sexting, termasuk bahasa grafis dan mengirim gambar telanjang

Jika dilihat, perilaku ini mungkin tampak tidak berbahaya. Namun sebenarnya, selingkuh mikro membawa kehancuran secara perlahan.

“Jika dibiarkan, perselingkuhan mikro akan menyebabkan perselingkuhan besar-besaran.”

Begitu kata Anisha Patel-Dunn, DO, psikiater, kepala petugas medis LifeStance Health, yang juga salah satu pendiri Pacific Coast Psychiatric Associates di Walnut Creek, California, Amerika Serikat.

“Bahkan jika tidak pernah berubah menjadi fisik, selingkuh semacam ini cocok dengan semua kriteria untuk perselingkuhan emosional, dan itu bisa lebih merusak hubungan,” imbuhnya.

Dalam banyak kasus, memuji atau mengagumi fisik seseorang yang bukan pasangan kita bisa saja terjadi saat dalam pengaruh alkohol. Tapi ini hanya sementara.

Di sisi lain, perselingkuhan emosional rata-rata terjadi secara disengaja, dan membutuhkan serangkaian keputusan yang semakin intim selama periode waktu tertentu.

Kedua jenis perselingkuhan itu tetap saja mengerikan, tetapi seringkali aspek emosional yang paling sulit untuk dipulihkan karena telah direncanakan sebelumnya.

“Akan terasa lebih mudah untuk memaafkan pasangan untuk one-night stand daripada berbulan-bulan berbohong dan menipu,” kata dia.

Selingkuh mikro adalah selingkuh nyata

Perilaku ini mungkin akan terasa seperti hal biasa saja yang dilakukan saat bersama dengan teman-teman kantor.

“(Ini bisa) menjadi perselingkuhan ketika salah satu atau kedua orang memiliki perasaan satu sama lain.”

Demikian dikatakan Caroline Madden, PhD, penulis Fool Me Once: Should I Take Back My Cheating Husband?, dan terapis pernikahan yang berspesialisasi dalam penyembuhan setelah perselingkuhan di Burbank, California.

Misalnya, makan siang dengan teman lama adalah cara yang bagus untuk tetap terjalin.

Tetapi jika kamu selalu memendam rasa suka pada orang ini, makan siang berdia bisa menjadi ajang saling merayu.

Selain itu, orang yang berbeda memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda dalam suatu hubungan.

Beberapa hal yang mungkin kamu anggap sebagai selingkuh kecil, orang lain mungkin menganggapnya serius.

Saat memutuskan apakah ada sesuatu yang tidak benar dan sudah mendekati perselingkuhan, tanyakanlah pada diri sendiri.

"Jika kamu menemukan pasanganmu melakukan apa yang akan kamu lakukan, apakah itu akan menyakiti perasaan kamu?” Kata Madden.

“Transparansi adalah segalanya. Gambar atau teks apa pun yang kamu kirim ke 'teman' harus dapat diposting di media sosial atau dikirim ke ibumu,” imbuhnya.

Hal ini mungkin akan menjadi masalah baru dalam pernikahan atau hubunganmu dengan dia.

“Namun, jangan terjebak dalam definisi hitam-putih karena itu bisa menjadi cara untuk merasionalisasi perilaku buruk,” kata Madden.

Hanya dirimu sendiri yang mengetahui perasaan dan motif saat menjalin hubungan dengan orang lain, dan kamu juga harus jujur kepada diri sendiri tentang hal itu.

Intinya, melakukan sesuatu yang tentu akan dipermasalahkan oleh pasangan, itu sudah termasuk dalam jenis selingkuh.

Perilaku ini akan menjerumuskanmu dalam perilaku perselingkuhan yang sesungguhnya.

Mengapa selingkuh mikro meningkat?

“Pandemi karena virus corona dan peristiwa terkini yang mengganggu lainnya telah menciptakan badai yang sempurna untuk perselingkuhan mikro,” kata Dr. Patel-Dunn.

Banyak kecurangan semacam ini terjadi melalui sarana digital seperti media sosial dan SMS karena lebih mudah disembunyikan atau dijelaskan daripada tindakan fisik.

Seruan untuk bekerja dari rumah dan melakukan karantina membuat kita harus menghabiskan banyak waktu dengan terkoneksi secara online, daripada sebelumnya.

Belum lagi, keadaan ini membuatmu dan pasangan harus melewatkan waktu bersama-sama lebih banyak dati sebelumnya, yang akhirnya mampu mengungkap kelemahan dalam hubungan dan menyebabkan pertengkaran.

Akibatnya, seseorang butuh orang lain di luar hubungan mereka untuk bercerita, dan perselingkuhan mikro pun terjadi.

“Sejak pandemi dimulai dan banyak orang sekarang bekerja dari rumah, saya memiliki banyak klien yang menceritakan kepada saya, mereka terkejut betapa mereka merindukan rekan kerja tertentu,” kata Madden.

Ternyata ‘teman spesial' di kantor bisa mengobati luka dari pernikahan dan hubungan yang buruk dengan memenuhi kebutuhan akan rasa hormat, rasa dihargai, dan hubungan emosional.

“Karantina (karena virus corona) telah membuat beberapa orang menyadari bahwa mereka terjebak dalam pernikahan kosong atau hubungan yang beracun,” kata Madden.

“Masalah intinya adalah bahwa peristiwa terkini telah meningkatkan kecemasan dan rasa tidak aman secara drastis, menempatkan orang pada posisi yang sangat rentan secara emosional,” jelas Dr. Patel-Dunn.

“Wajar bagi orang untuk mencari kenyamanan dan dukungan dari teman dan orang yang dicintai selama waktu-waktu ini dan terkadang itu bisa berubah menjadi perselingkuhan,” lanjut Dr. Patel-Dunn.

Tanda-tanda pasangan mungkin melakukan perselingkuhan mikro

Mungkin sulit untuk mengetahui apakah pasangan kita sudah melakukan perselingkuhan mikro.

Jadi, penting untuk melihat perilaku lain yang mungkin mengindikasikan bahwa dia sedang melakukan sedang melakukan perselingkuhan mikro.

1. Selalu menyembunyikan ponselnya

Kamu tak lagi bisa melihat notifikasi dari ponselnya. Ia juga selalu menghadapkan ponselnya ke bawah saat bersama denganmu.

“Beberapa (pelaku perselingkuhan) mikro akan menyamarkan aplikasi SMS sebagai aplikasi lain atau hanya mengobrol dalam pesan pribadi media sosial yang dilindungi kata sandi,” kata Madden.

2. Menghapus seluruh percakapan teks

Jika ada percakapan yang terkesan terputus, dalam percakapan pasanganmu dengan seseorang, dia mungkin telah menghapus pesan yang tak ingin diketahui olehmu.

"Jika mereka menghapus sesuatu sehingga kamu tidak melihat sesuatu secara tidak sengaja, meskipun tidak ada hubungannya dengan seks, itu tetap saja curang,” kata Madden.

“Ada alasan mengapa mereka merasa harus menyembunyikannya dan itu bukan alasan yang baik.”

3. Selalu menggunakan ponsel selama waktu bersama keluarga

Dia akan cenderung asik dengan ponselnya, bahkan ketika waktu bersama-sama dengan keluarga.

Ini menunjukkan bahwa dia memprioritaskan "persahabatan" itu daripada hubungannya denganmu.

Dia menyebut seseorang ‘hanya teman’ tetapi menghabiskan lebih banyak waktu untuk berbicara dengan dia daripada dengan pasangannya.

"Orang yang tertangkap basah melakukan kecurangan kecil akan selalu mengklaim bahwa dia 'hanya berteman' dengan orang yang kamu khawatirkan," kata Madden.

“Jika orang lain memiliki perasaan terhadapnya, dia mungkin tidak menyadari bahwa dia sedang berada di lereng yang licin,” imbuhnya.

4. Tidak akan membagikan kode sandi ponsel

Ada banyak alasan mengapa kamu memerlukan kode sandi ponsel milik pasangan, seperti menjawab telepon daruratm atau saat kamu ingin meminjamnya untuk menelpon orang lain.

Hal ini bisa menjadi masalah, saat dia tidak mau membagikan sandi ponselnya padamu.

5. Menyukai dan mengomentari setiap kiriman yang dibuat oleh seseorang

Ini merupakan salah satu hal yang banyak diributkan oleh pasangan "zaman now".

“Menyukai dan mengomentari postingan media sosial orang lain bukanlah tanda pasti bahwa pasanganmu berselingkuh, tetapi hal itu dapat memberi mu banyak petunjuk,” kata Madden.

Namun jika setiap postingan dikomentari orang yang sama, dan beralih menjadi percakapan pribadi, ini perupakan tanda-tanda yang harus kamu waspadai.

6. Mengganti nama seseorang di ponsel

Jadi, jika kamu memerhatikan bahwa pasangan terus-menerus mengirim pesan kepada seseorang yang namanya tidak kamu kenali, dia sedang menyembunyikan hubungannya dengan orang tersebut darimu.

Atau, bisa juga dia sedang menutupi seseorang yang dia kenal dengan mengganti namanya dengan nama orang lain yang merupakan lawan jenis, supaya meminimalisasi kecurigaan.

7.  Bersumpah tidak akan pernah bisa menipu dan menertawakan orang-orang yang melakukannya

Beberapa orang berpikir, -entah karena harga diri yang rendah atau kemauan yang terlalu tinggi, dia tidak mungkin menjadi tergoda untuk berselingkuh.

"Ini berbahaya. Karena dia pikir dia tidak akan pernah selingkuh, dia merasa bebas untuk benar-benar mendekati tepi (jurang perselingkuhan),” kata Madden.

“Kemudian dia jatuh dari jurang membawa pernikahannya dan hatimu bersamanya,” imbuh dia.

8. Kehidupan seks sudah mati

“Ketika pasangan mendapatkan kebutuhan romantis dan seksual mereka terpenuhi oleh orang lain, mereka secara alami tidak begitu tertarik kepadamu,” kata Dr. Patel-Dunn.

Ketika pun kamu melakukannya dengan pasangan, hubungan seks akan terasa hambar.

Apa yang harus dilakukan jika pasangan melakukan perselingkuhan mikro.

“Cara terbaik untuk melawan dan mencegah kecurangan mikro adalah dengan berusaha memperkuat hubungan,” kata Madden.

Berikan perhatian pada pasangan, rencanakan kencan malam. Karena banyak orang tergoda untuk berselingkuh ketika mereka tidak merasa dihargai atau dicintai di rumah.

“Seringkali perselingkuhan mikro menyoroti apa yang kurang dalam hubungan,” kata Dr. Patel-Dunn.

“Salah satu atau keduanya mungkin terkejut saat menyadari bahwa kecurangan mikro terjadi karena hal itu dimulai pada tingkat yang sangat tidak disadari,” katanya.

“Ini adalah kesempatan nyata untuk introspeksi dan komunikasi."

"kamu perlu membicarakannya dan mengungkapkannya di tempat terbuka,” lanjut dia.

Percakapan ini mungkin sulit untuk dilakukan, terutama jika pasanganmu menyangkal perselingkuhan mikro yang mereka lakukan.

Jika hal ini terjadi, lakukanlah konseling pernikahan sebelum perselingkuhan mikro menjadi semakin parah.

Jika kedua pasangan berkomitmen untuk memperbaiki masalah, jenis kejujuran emosional ini dapat memperkuat hubunganmu dan melindungimu dan pasangan dari perselingkuhan mikro di kemudian hari.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/04/204352220/pasanganmu-selingkuh-mikro-cari-tahu-dengan-cara-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.