Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Cara Menghilangkan Stres Berat agar Kembali Bahagia

KOMPAS.com - Di masa pandemi ini, makin banyak orang mengalami stres. Entah karena pekerjaan, kesepian, ataupun kecemasan.

Karena stres berkepanjangan bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental, maka stres harus dihilangkan atau diatasi.

Meditasi, minum teh, bersosialisasi, dan berolahraga bisa jadi langkah yang paling sederhana untuk mengurangi stres.

Selain itu, berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater juga bisa jadi pilihan efektif dan berguna untuk jangka panjang.

Cara menghilangkan stres berat secara alami

Mengalami stres berat bisa mengganggu kegiatan sehari-hari hingga menimbulkan penyakit fisik. Bahkan, sebuah penelitan menyebutkan bahwa ada kemungkinan stres bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker.

Oleh karena itu, stres yang dirasakan sebaiknya tidak dipendam terus-menerus. Berikut ini beberapa cara menghilangkan stres berat secara alami yang bisa Anda coba.

1. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan tidak sehat yang tinggi gula dan lemak memang bisa meredakan stres jangka pendek karena rasanya yang lezat bisa membuat hati sedikit bahagia.

Namun, kebiasaan ini bisa memperparah stres dalam jangka panjang. Makanan-makanan seperti keripik kentang, soda, dan junk food lainnya bisa membuat kadar gula darah naik secara tiba-tiba.

Saat hal ini terjadi, kadar gula darah juga akan turun mendadak. Kondisi ini akan memicu stres dan gangguan kecemasan.

2. Melatih pernapasan

Mengubah cara benapas bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stres berat. Dengan melakukan teknik pernapasan yang benar, otak dan tubuh bisa menjadi lebih rileks hanya dalam waktu beberapa menit.

Latihan pernapasan ini juga bisa dilakukan di berbagai tempat, dengan cara:

  • Menghirup udara sambil menghitung satu sampai tiga dalam hati. Tarik napas hingga perut dipenuhi oleh udara.
  • Menahan napas satu detik lalu mengembuskannya secara perlahan sambil menghitung satu sampai tiga.

Melakukannya sambil membayangkan tempat yang tenang dan menyenangkan akan bermanfaat untuk menurunkan stres.

3. Meditasi

Meditasi selama beberapa menit setiap harinya akan membantu meredakan stres berat yang dirasakan. Cara meditasinya pun mudah, yaitu sebagai berikut ini.

4. Berolahraga

Berolahraga akan membuat jumlah hormon stres di dalam tubuh menurun, begitu pun dengan kadar stres.

Olahraga juga memicu produksi endorfin, hormon yang dapat memperbaiki suasana hati dan bisa berperan sebagai perada nyeri alami.

Tidak hanya itu, aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur akan membuat tidur menjadi lebih berkualitas. Istirahat yang cukup pun sangat diperlukan untuk meredakan stres.

5. Minum teh

Teh, terutama teh hijau, mengandung antioksidan dan teanin, salah satu jenis asam amino yang bisa memberikan efek menenangkan pada sistem saraf.

Oleh karena itu, minum teh bisa jadi salah satu cara untuk menghilangkan stres berat dalam jangka pendek.

6. Berkumpul bersama orang-orang terdekat

Dukungan dari orang-orang terdekat, seperti sahabat dan keluarga, bisa membantu Anda keluar dari masa-masa kelam yang ditimbulkan oleh stres berat.

Menghabiskan waktu bersama orang tercinta akan memicu keluarnya oksitosin, zat kimia otak yang merupakan pereda stres alami.

7. Merawat hewan peliharaan

Tahukah Anda memiliki hewan peliharaan bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stres berat yang ampuh?

Berinteraksi dengan hewan-hewan kesayangan akan memicu otak melepaskan oksitosin.

Merawat hewan peliharaan dianggap baik untuk mengurangi stres karena cara ini dapat membuat pikiran Anda aktif di hal-hal yang menyenangkan.

Hewan peliharaan juga bisa menjadi teman, sehingga kecemasan yang ada di diri Anda bisa mereda.

8. Membantu orang lain

Membantu orang lain akan membuat diri kita melihat perspektif lain dalam hidup dan menjadi lebih bersyukur atas apa yang kita miliki dan tidak miliki.

Membantu orang lain akan membuat hati lebih bahagia dan itu adalah modal yang sangat baik untuk mengatasi stres berat.

Bagi yang tidak memiliki waktu untuk bergabung dengan komunitas, membantu orang lain dengan cara-cara sederhana seperti membeli dagangan teman juga bisa dilakukan.

9. Mengontrol diri sendiri

Mungkin ini terdengar klise, tetapi saat stres berat menerpa pikiran, salah satu solusi paling ampuh untuk menghilangkannya adalah dengan mengambil kontrol atas diri sendiri.

Percayalah bahwa kita bisa melewati cobaan ini dan kembali membuka diri.

Selama masih pasif dan berpikiran bahwa Anda tidak bisa melakukan sesuatu untuk keluar dari permasalahan yang sedang dihadapi, maka stres akan semakin parah.

10. Menghindari pemicu stres

Sumber stres bisa datang dari mana saja, termasuk berita di televisi, unggahan-unggahan di media sosial, dan omongan orang-orang terdekat.

Untuk menghilangkan stres berat yang ditimbulkan hal-hal tersebut, solusi paling sederhananya adalah dengan menghindarinya.

Mengistirahatkan mata dan telinga dari layar televisi dan menyisihkan waktu untuk "puasa" gadget selama beberapa saat bisa menjadi langkah yang ampuh meredakan tekanan di pikiran.

Cara menghilangkan stres berat secara medis

Tidak hanya secara alami, stres berat juga bisa mereda dengan sesi konsultasi bersama psikolog ataupun psikiater.

Selama ini, masyarakat Indonesia mungkin masih belum banyak yang mau berkunjung untuk memperbaiki kesehatan mentalnya.

Stigma yang melekat membuat orang-orang ragu dan takut dicap sebagai “orang gila” jika berkonsultasi ke psikolog atau psikiater.

Padahal, hal tersebut tentu tidaklah tepat. Mengunjungi pakar kesehatan mental akan membantu Anda untuk menemukan cara yang paling tepat untuk meredakan stres berat yang selama ini menghantui pikiran.

Psikolog ataupun dokter jiwa akan mencoba mencari sumber stres dan mulai mengatasinya dari sana. Hal ini membuat Anda bisa mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan jangka panjang karena memangkas masalah dari akarnya.

Apabila masih malu untuk datang secara langsung, Anda bisa mencoba banyak jasa konsultasi psikologis daring yang saat ini sudah banyak tersedia. Mulailah dengan mencoba perlahan.

Dari konsultasi yang dijalani, maka pakar kesehatan mental tersebut akan memberikan solusi yang paling tepat sesuai kondisi, seperti terapi hingga obat-obatan, jika memang diperlukan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/09/111153520/10-cara-menghilangkan-stres-berat-agar-kembali-bahagia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke