Salin Artikel

Anak yang Tumbuh Bersama Kakak Perempuan Lebih Sukses

KOMPAS.com - Memiliki kakak, terutama kakak perempuan, ternyata dianggap lebih menguntungkan bagi seorang anak. Penelitian mengungkap, balita yang tumbuh bersama saudara perempuan cenderung lebih sukses.

Laporan yang diterbitkan di Center for Global Development di Washington DC, Amerika Serikat, menyebut, anak yang dibesarkan bersama kakak perempuan lebih sukses dalam hidup, ketimbang bersama saudara laki-laki.

Tim peneliti mempelajari hubungan antara anak usia balita dengan saudara mereka yang lebih tua. Ternyata, kakak perempuan lebih mungkin menghabiskan waktu bermain dan membaca dengan adik mereka.

Membaca dan bermain adalah dua kegiatan yang membantu proses perkembangan anak.

"Kami tahu anak-anak dengan orangtua yang lebih berpendidikan memiliki kosakata lebih baik dan itu berlaku pada ibu yang lebih berpendidikan," kata co-author studi, Owen Ozier, profesor ekonomi di Williams College di Williamstown, Massachusetts, AS.

"Yang terlihat dalam studi kami adalah, anak dengan kakak perempuan (bukan kakak laki-laki) memiliki skor perkembangan seperti anak yang diasuh ibu yang bersekolah lebih tinggi," imbuhnya.

Selama ini penelitian tentang perkembangan anak berfokus pada peran orangtua dalam mengajarkan keterampilan kepada anak.

"Saudara kandung juga berperan besar bagi perkembangan anak, apalagi di saat orangtua disibukkan oleh pekerjaan," kata salah satu tim studi Pamela Jakiela, profesor ekonomi di Williams College.

Temuan itu dihasilkan tim peneliti yang mempelajari 552 rumah tangga di pedesaan Kenya, terdiri dari 699 balita yang tumbuh dengan satu saudara kandung berusia 7-14 tahun.

Kemudian, peneliti mensurvei orangtua anak guna mengetahui siapa yang memberikan stimulasi lebih banyak kepada anak.

Peneliti menanyakan apa saja kegiatan yang dilakukan anggota keluarga dengan anak balita, entah itu menyanyi, membaca atau bermain.

Menurut peneliti, aktivitas tersebut dapat membantu membangun kosa kata dan keterampilan motorik anak.

Secara rata-rata, hasil yang ditemukan peneliti adalah kakak perempuan terlibat lebih banyak aktivitas dengan adiknya dibandingkan anggota keluarga lain.

"Pada sampel kami di Kenya, anak perempuan menghabiskan waktu dua kali lebih banyak dibanding anak laki-laki untuk perawatan adik mereka," kata Ozier.

"Saudara laki-laki jika tidak memerhatikan adiknya, memiliki tanggung jawab berbeda, misalnya merawat hewan, dan mungkin lebih banyak waktu luang."

Para orangtua juga ditanyai tingkat pendidikan dan status sosial ekonomi mereka.

Anak balita diuji untuk padanan kosakata baik aktif dan pasif, serta dilihat sejauh mana mereka mengembangkan keterampilan motorik halus, seperti menggambar hal-hal tertentu.

Kosakata dan keterampilan

Setelah menganalisis seluruh data, para peneliti menemukan bahwa seorang kakak perempuan secara signifikan meningkatkan kosakata dan keterampilan motorik halus balita.

"Studi di Kenya menunjukkan dengan jelas balita yang memiliki kakak perempuan akan mempunyai kosakata dan keterampilan motorik halus lebih baik dibandingkan balita yang memiliki kakak laki-laki."

Demikian kata Javaeria Qureshi, profesor ekonomi di University of Illinois di Chicago, AS, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Namun, dia mengatakan, tidak ada kejelasan apakah kondisi di Kenya sama dengan yang terjadi di negara maju. Tentu ada perbedaan dengan peran para kakak di negara maju dan negara berkembang.

"Anak perempuan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menjaga adik mereka, meskipun belakangan ini anak laki-laki juga melakukannya."

Qureshi mengatakan, pengasuhan anak berubah selama pandemi, terutama pada keluarga yang memiliki pendapatan rendah.

Penutupan sekolah di AS membuat anak harus melalui proses belajar mengajar di rumah. Sehingga, anak-anak yang belajar di rumah juga diserahkan tanggung jawab untuk merawat adiknya.

"Tidak seperti orangtua berpenghasilan tinggi yang memiliki pilihan bekerja dari rumah, banyak orangtua dengan penghasilan rendah tidak bisa bekerja dari rumah sehingga mereka bergantung pada anak yang lebih tua untuk merawat adiknya," kata Qureshi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/04/153116220/anak-yang-tumbuh-bersama-kakak-perempuan-lebih-sukses

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.