Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kebiasaan Pagi Hari Para Orang Sukses Setelah Bangun Tidur

Namun, ternyata para orang sukses tidak melakukan itu.

Jika Anda ingin menjadi seseorang yang sukses, setidaknya untuk lebih fokus dan produktif dalam pekerjaan, cobalah melakukan lima kebiasaan pagi hari berikut:

1. Tidak memakai alarm
Menurut Forbes, CEO Amazon, Jeff Bezos berupaya tidur delapan jam setiap malamnya.

Tak hanya itu, ia juga tidak menggunakan alarm untuk membangunkannya di pagi hari, melainkan membiarkan dirinya bangun sendiri secara alami.

Hal itu ternyata juga diterapkan oleh Oprah. Dalam buku harian kesehatannya, Oprah menjelaskan bagaimana ia berupaya mengatur jam internal tubuhnya.

Biasanya, jam yang dipikirkannya adalah sekitar pukul 06.00.

"Saya tidak pernah mengatur alarm, saya tidak percaya mereka. Saya memasukkan nomor dalam pikiran dan saya akan bangun sebelum jam itu," ujarnya.

Menurut National Sleep Foundation, waktu tidur lebih awal memungkinkan seseorang untuk mendapatkan delapan jam tidur dan ini adalah durasi tidur yang disarankan untuk kebanyakan orang dewasa.

Jika seseorang tidur lebih awal, maka mudah untuk memastikan mereka dapat bangun secara alami tanpa alarm.

Menurut penulis sekaligus co-founder The Huffington Post, Arianna Huffington, bangun dengan alarm bisa menciptakan ketegangan tiba-tiba yang disebabkan oleh kesadaran kita akan bahaya.

"Memulai hari dengan cara yang begitu mengejutkan dapat menciptakan banjir hormon stres dan adrenalin seperti saat tubuh bersiap menghadapi bahaya. Itu bukan cara terbaik untuk memulai hari," kata dia.

2. Tidak langsung minum kopi
Hal pertama yang harus dilakukan ketika bangun pagi adalah minum banyak air.

Segelas air dapat membantu menghidrasi tubuh sekaligus memperlancar pencernaan dan metabolisme tubuh.

Air adalah nutrisi penting, di mana seluruh organ dan jaringan tubuh bergantung padanya untuk berfungsi optimal. Jadi, jangan sampai tubuh kekurangan air dan mengalami dehidrasi.

Aktris dan penulis Cameron Diaz sangat ketat dalam melakukan rutinitas ini.

"Sangat penting untuk memulai hari dengan banyak energi. Bagi saya, itu dimulai sejak bangun tidur, menggosok gigi dan minum air. Saya langsung minum satu liter air," ungkapnya.

Segelas air yang menyegarkan dapat membantu kita lebih siap dan lebih positif menghadapi hari.

3. Beraktivitas fisik
Banyak pemimpin sukses memulai harinya dengan olahraga pagi.

Aktris sekaligus pemilik perusahaan gaya hidup Goop, Gwyneth Paltrow, misalnya, berolahraga setiap pagi setelah memeriksa email.

Sedangkan Co-Founder Microsoft dan filantropis Bill Gates suka melakukan banyak tugas mereka atau menonton sesuatu sambil lari di atas treadmill.

Sementara itu, CEO merek gaya hidup Equinox, Niki Leondakis, rutin melakukan yoga setiap pagi.

"Kita harus selalu sehat dan kuat secara fisik untuk menjadi sehat dan kuat secara mental. Semuanya terhubung," katanya.

4. Mengurangi beban pekerjaan atau pengambilan keputusan
Terkadang cara terbaik untuk lebih produktif di pagi hari adalah mulai lebih awal pada malam sebelumnya.

Banyak orang sukses menghabiskan malam mereka untuk bersiap di keesokan harinya sehingga mereka bisa melakukan pekerjaan yang berarti.

Mantan CEO American Express, Kenneth Chenault biasa mengakhiri malam harinya dengan menuliskan tiga hal yang ingin dia capai di keesokan harinya.

Sementara pembawa acara Shark Tank, Barbara Corcoran juga membuat daftar tugas sebelum meninggalkan kantor di malam hari. Keesokan harinya, ia akan menyusun prioritas untuk pekerjaannya.

Menyusun daftar tugas di malam hari dapat mengefisiensikan waktu, mengurangi stres di pagi hari dan menghasilkan keseimbangan kehidupan dan pekerjaan yang lebih baik.

5. Refleksi diri
Refleksi diri di pagi hari dapat membuat kita sukses sepanjang hari. Bahkan, mendiang Steve Jobs juga melakukan ini.

Banyak dari kita yang menjalani hidup dengan mode "autopilot" hanya untuk menyadari di kemudian hari bahwa kita telah kehilangan pandangan akan nilai-nilai, tujuan dan hasrat kita.

Steve Jobs menghindari itu dan setiap pagi selalu berbicara pada dirinya sendiri: "jika hari ini adalah hari terakhir dalam hidup saya, apa yang saya ingin lakukan hari ini? Jika jawabannya adalah tidak, saya tahu saya harus mengubah sesuatu."

Teknik kesadaran ini adalah sesuatu yang jenius.

Bayangkan, Anda tentu tidak ingin setiap paginya melakukan pekerjaan yang sama selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, bukan?

Jika jawabannya adalah ya, mungkin ini adalah saatnya Anda perlu mengubah jalur karir.

Pada akhirnya, kebiasaan pagi hari yang konsisten dapat mengatur diri Anda untuk menjadi pribadi yang lebih produktif dan menjadi seseorang yang lebih sukses di kemudian hari.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/06/060000320/5-kebiasaan-pagi-hari-para-orang-sukses-setelah-bangun-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke