Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perlukah Minum 3 Liter Air Sehari? Ini Penjelasannya

KOMPAS.com - Minum air putih dalam jumlah yang cukup memang penting dan sangat dianjurkan untuk mencegah kita terkena dehidrasi.

Namun, bagaimana jika ada orang-orang yang minum air putih secara berlebihan sampai tiga liter air sehari. Apakah hal itu benar-benar diperlukan?

Seorang ahli diet, Beth Czerwony, MS, RD, CSOWM, LD mengatakan, bahwa sebenarnya minum tiga liter air sehari tidak benar-benar diperlukan, tetapi itu juga tidak akan menyakiti kita.

"Tingkat hidrasi semua orang berbeda-beda, tetapi kebanyakan orang tidak membutuhkan minum air sampai satu galon setiap hari," ujarnya.

Jelas, semua orang ingin menghindari dehidrasi, tetapi bukan berarti kita harus minum 3,7 liter (1 galon) air setiap harinya.

Aturan praktis yang baik adalah dengan memeriksa warna urine. Jika kita terhidrasi dengan baik, maka urine akan berwarna warna kuning muda atau pucat.

Apabila warna urine lebih gelap, mungkin itu menjadi indikator agar kita dapat meningkatkan asupan air.

Tetapi perlu diingat, bahwa beberapa obat dan bahkan makanan juga bisa memengaruhi warna urine kita.

Minum air putih yang cukup

Tingkat hidrasi semua orang bervariasi, tetapi jumlah standar kecukupan minum air putih adalah 1,8 liter per hari.

Selain itu, kita juga harus mempertimbangkan tingkat aktivitas, lokasi di mana kita berada, daya tahan tubuh, dan ukuran tubuh.

Beberapa orang secara alami membutuhkan lebih banyak air, sementara yang lain hanya butuh lebih sedikit.

"Ketika pertama kali meningkatkan asupan air kita akan lebih sering ke WC karena tubuh tidak terbiasa dengan tingkat air," terangnya.

Tapi kabar baiknya, semakin banyak minum air putih, fungsi ginjal dan hormon kita akan mulai berubah dan tubuh menjadi lebih efisien dalam menangani volume air yang lebih tinggi.

Manfaat minum air

Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air, jadi kita harus tetap terhidrasi agar organ-organ di dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Czerwony membagikan berbagai macam manfaat bagi tubuh jika tetap terhidrasi dengan baik sebagai berikut ini:

• Melumasi sendi

Air memiliki sifat seperti pelumas untuk sendi dan tulang. Air akan menghidrasi lapisan di antara sendi-sendi dan membuatnya lebih mudah untuk bergerak.

• Membantu organ dan sel bekerja dengan baik

Kita membutuhkan air agar sel-sel dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

Sel-sel kita menjalankan tugasnya mulai dari pertumbuhan rambut, penyembuhan luka hingga menyeimbangkan hormon.

Di samping itu, air juga penting bagi organ di dalam tubuh untuk bekerja dengan baik.

• Membantu pencernaan

Cairan dalam usus kita membantu menyingkirkan limbah padat dari dalam tubuh.

• Air meningkatkan energi

Dehidrasi membuat kita lelah dan bahkan bisa membuat mual. Air membantu darah dan oksigen mengalir lebih bebas ke organ dan membuat kita merasa lebih waspada, serta berenergi.

Cobalah minum segelas besar air sebagai rutinitas setelah kita bangun di pagi hari.

• Mengatur suhu tubuh

Air membantu suhu tubuh internal menyesuaikan dengan suhu eksternal di sekitar kita. Ketika kita kepanasan, tubuh akan berkeringat untuk mendinginkannya.

• Meningkatkan kualitas kulit

Kulit adalah organ terbesar tubuh dan terus-menerus terkena racun. Air membantu menyiram racun ini keluar dari sistem.

Jika kita tidak minum cukup air, kulit dapat menjadi kering atau berminyak.

• Mencegah keinginan ngemil

Jika merasa lapar, minumlah segelas air dan tunggu beberapa menit. Kita mungkin menemukan, bahwa keinginan itu berlalu karena kita hanya haus.

Air juga dapat mengatur isyarat lapar dan haus sepanjang hari dan membantu membuat pilihan makanan yang lebih cerdas dan lebih sehat.

Bahaya minum air berlebihan

Bagi kebanyakan orang, tidak ada batasan berapa banyak kita bisa minum harian. Bahkan minum sampai tiga liter dalam sehari dianggap tidak berbahaya.

Tetapi bagi mereka yang mengalami gagal jantung kongestif atau penyakit ginjal stadium akhir, terkadang air perlu dibatasi karena tubuh tidak dapat memprosesnya dengan benar.

Perlu juga dicatat, bahwa meskipun sangat jarang, minum terlalu banyak air dengan kurun waktu yang terlalu cepat bisa berbahaya.

"Hiponatremia adalah ketika kadar natrium dalam tubuh turun terlalu rendah karena terlalu banyak air," jelas Czerwony.

"Kondisi lain dapat memicu hiponatremia, tetapi juga dapat disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi air dalam waktu yang sangat singkat. Semua air mencairkan kadar natrium dan darah seperti 'disiram'," lanjut dia.

Tips minum lebih banyak air sepanjang hari

Untuk yang sudah berkomitmen akan minum lebih banyak air, pertimbangkan tingkat asupan air yang dibutuhkan. Berikut cara minum lebih banyak air sepanjang hari:

• Selalu membawa botol air

Membawa botol air kemanapun kita pergi atau selalu mendekatkan gelas di dan air di rumah dapat meningkatkan intensitas kita minum air.

Untuk botol, pilihlah juga ukuran yang sesuai dengan kebutuhan kita (antara 1,4-1,8 liter) dan tetapkan tujuan untuk menyelesaikan satu botol pada siang hari setiap hari.

Beberapa botol bahkan memiliki indikator waktu untuk memotivasi kita agar minum pada waktu tertentu.

• Minum segelas air saat istirahat

Setiap kali kita istirahat untuk ke kamar mandi atau mengambil makanan dan sedikit melakukan peregangan, minumlah segelas air.

Istirahat baik untuk kesehatan mental dan postur tubuh. Kita juga dapat menggunakan istirahat sebagai cara untuk menyehatkan tubuh dengan lebih banyak air.

• Tambahkan buah

Idealnya, minuman terbaik adalah air putih biasa, tetapi kita bisa menambahkan buah segar atau penambah rasa air untuk mencoba variasi minum yang lain.

Pastikan tambahan itu minimal hanya lima kalori atau kurang per porsinya, dan baca label untuk memeriksa kandungan kafein.

Air tawar berkarbonasi juga bisa jadi pilihan dalam asupan harian jika itu yang kita sukai.

• Minumlah segelas air sebelum makan

Aturan ini sering direkomendasikan bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan. Terkadang, rasa haus dan lapar itu membingungkan.

Jadi, minum sejenak sebelum kita makan bisa membantu menentukan dengan lebih baik apakah kita benar-benar lapar atau kita hanya haus. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/03/142848920/perlukah-minum-3-liter-air-sehari-ini-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke