Salin Artikel

5 Kiat Bersihkan Gigi Kucing Setiap Hari

KOMPAS.com - Kesehatan gigi termasuk salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pemilik kucing. Jangan hanya berfokus pada makanan, mainan, atau kandangnya.

Menurut dokter hewan Liz Bales, tidak memikirkan kesehatan gigi kucing adalah kesalahan besar.

"Mulut kucing adalah pintu gerbang yang berkaitan dengan kesehatan dan kenyamanannya,” kata Bales.

Sama seperti manusia, plak dapat menumpuk di gigi kucing dan mengeras menjadi karang gigi. Kondisi ini dapat menyebabkan gigi berlubang, radang gusi, abses gigi, dan bahkan infeksi ginjal serta jantung.

Hal itu terjadi akibat bakteri bermigrasi ke organ yang berbeda dari pembuluh darah di mulut.

Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan pemilik kucing untuk merawat gigi hewan peliharaannya agar terhindar dari penyakit.

"Menyikat gigi setiap hari secara teratur tetap menjadi standar emas untuk membantu mengurangi bakteri di mulut kucing," kata dokter hewan Jamie Richardson.

Bersamaan dengan pemeriksaan dokter hewan secara teratur, perawatan di rumah dapat membuat perbedaan besar pada kesehatan mulut kucing.

Namun menyikat gigi kucing bukanlah hal mudah. Dokter hewan merekomendasikan produk dan teknik terbaik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut kucing. Berikut ulasannya.

1. Sikat gigi

Gigi kucing dapat dibersihkan dengan sikat gigi pada umunnya. Jenis sikat gigi yang digunakan bergantung pada toleransi kucing.

“Sikat mana pun yang dipilih, pastikan sikat tersebut dapat mencapai gigi belakang,” kata dokter hewan Jessica Hermann.

Richardson merekomendasikan sikat gigi bayi untuk membersihkan gigi kucing. Sikat gigi tersebut memiliki pegangan yang pendek dan mudah dikendalikan.

Selain itu, sikat gigi bayi memiliki bulu lembut yang tidak akan merusak gingiva kucing yang halus.

2. Sikat jari

Hermann mengatakan, beberapa kucing mungkin lebih suka sikat jari yang bentuknya mirip topi karet kecil dengan bulu yang pas di jari.

Sikat jari memberi pemilik kucing kendali yang lebih baik untuk menyikat gigi hewan peliharaannya. Menyikat gigi kucing menggunakan sikat jari bisa dilakukan secara bertahap.

“Mulailah dengan membiarkan kucing mencicipi pasta gigi dari jari atau piring. Kemudian biarkan kucing menjilatnya dari sikat," kata Hermann.

Jika kucing sudah terbiasa, mulailah menyikat bagian luar pipi dan bibir tanpa pasta gigi sehingga kucing terbiasa dengan sensasinya.

Selain itu, kucing juga bisa melihat sikat jari sebagai sesuatu yang menyenangkan.

Mungkin perlu waktu berhari-hari atau berminggu-minggu untuk kucing terbiasa dengan sikat jari. Terutama kucing yang lebih tua.

Jadi ingatlah untuk bersabar dan bekerja sesuai kecepatan kucing.

3. Sikat khusus

Selain sikat jari, ada juga sikat gigi yang dirancang khusus untuk hewan peliharaan seperti kucing.

Namun apapun sikat yang digunakan, pastikan untuk mencoba menyikat gigi kucing setiap hari.

"Idealnya sikat gigi kucing dengan membuka mulutnya lalu seluruh permukaan gigi dibersihkan. Tapi tidak masalah jika hanya bisa mendapatkan bagian luar gigi," kata Richardson.

Bagian luar gigi kucing adalah area terpenting untuk dibersihkan karena biasanya karang gigi menumpuk di sana.

Salah satu teknik yang bisa dicoba adalah mulai menyikat gigi saat kucing tertidur dan dalam keadaan sangat rileks.

4. Pasta gigi

Berbeda seperti manusia yang berkumur sehabis sikat gigi, kucing akan menelan pasta giginya. Jadi sangat penting untuk memilih formula pasta gigi yang tidak beracun dengan formulasi khusus.

Pilih pasta gigi yang memiliki rasa seperti ayam atau ikan sehingga dapat menggugah selera kucing dan dapat membantu mempermudah menyikat.

5. Makanan kucing

Jika menyikat gigi tidak dilakukan pada kucing, maka dapat mencoba memperkenalkan makanan yang dirancang untuk kesehatan gigi.

Ada makanan kucing yang memiliki desain kibble berbentuk unik. Makanan ini dapat membantu memecah karang gigi secara mekanis untuk membersihkan gigi.

Untuk mendapatkan makanan ini biasanya membutuhkan resep dokter.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/16/131753220/5-kiat-bersihkan-gigi-kucing-setiap-hari

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.