Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 "Skincare" Penting untuk Kulit Tetap Sehat Saat Berpuasa

Kondisi ini bisa membuat kulit dehidrasi, membuat kulit tampak kering dan kusam.

E-commerce kecantikan Sociolla membagikan tips merawat kulit di bulan puasa. Agar kulit tetap lembap dan sehat, setidaknya kita perlu empat rutinitas skincare berikut:

1. Menggunakan tabir surya

Banyak yang mengira produk tabir surya hanya penting digunakan jika hendak keluar rumah.

Padahal, Head of Brand Innovation Social Bella Indonesia, Nurul Sulisto mengatakan, kulit juga tetap memerlukan perlindungan meski kita berkegiatan di rumah.

"Terlebih kita yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia yang tidak mungkin terhindar dari paparan sinar matahari yang mengakibatkan skin barrier lebih rentan terganggu."

"Perlindungan kulit dari dampak buruk sinar UV sangat diperlukan dalam keseharian," kata Nurul melalui keterangan tertulis.

Meski kita keluar rumah dengan menggunakan masker, penggunaan tabir surya juga tetap penting untuk dilakukan.

Seperti diungkapkan oleh dr Arini Astasari Widodo, SpKK dalam acara virtual bersama Carasun The Tropical Skin Expert beberapa waktu lalu, setidaknya gunakan produk tabir surya dengan SPF di atas 30 dengan jumlah 2 mg/cm.

Sebagai gambaran, wajah memerlukan tabir surya kira-kira seukuran koin.

Gunakan tabir surya 15-30 menit sebelum keluar rumah. Ini dilakukan untuk memberi jeda waktu bagi tabir surya meresap ke dalam kulit.

2. Rutin merawat kulit

Perawatan kulit rutin sama seperti asupan nutrisi untuk tubuh. Perawatan rutin penting untuk menjaga kulit tetap lembap dan sehat.

Dalam merawat kulit, kita bisa memilih produk dengan konsep clean beauty.

Produk berkonsep clean beauty menekankan produk skincare yang tidak mengandung bahan-bahan berbahaya (non-toksin) bagi kulit dan lingkungan.

Berbeda dengan natural beauty yang menggunakan bahan alami sebagai bahan utamanya, clean beauty lebih mengutamakan keamanan produk skincare.

Sehingga, bahan yang digunakan tidak terfokus pada bahan alami maupun sintetis, namun memastikan bahan yang digunakan tidak berdampak buruk pada kulit.

3. Menghidrasi kulit

Menurut Nurul, ada beberapa jenis kandungan pada skincare yang memiliki kadar kelembaban terbaik yang cocok digunakan untuk menghidrasi kulit ketika berpuasa.

Beberapa kandungan tersebut seperti Glycerin, Ceramide, Urea, Hyaluronic Acid, lactic Acid dan Petrolatum yang diuakini memiliki daya kelembapan yang baik bagi kulit.

Gunakan produk sesuai dengan karakteristik kulit kita.

Jika memiliki masalah kulit pecah-pecah karena kering, misalnya, kandungan Petrolatum dapat menjadi pilihan tepat.

4. Lembapkan kulit dengan masker wajah

Tidak seperti kulit di area tubuh lainnya, kulit area wajah biasanya cenderung memerlukan perawatan lebih teliti.

Namun, area wajah cenderung lebih sensitif dibandingkan kulit di area lain.

Untuk menjaganya tetap terhidrasi dengan baik, kita dapat menggunakan masker wajah yang mengandung dua komposisi utama, yakni hydrating dan moisturizing.

Varian masker mentimun, misalnya, dapat memberikan sensasi dingin dan segar untuk menenangkan kulit yang stres.

Kita juga bisa memilih masker semangka atau alpukat untuk membantu melembapkan kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan.

Adapun di bulan Ramadhan ini, Sociolla juga meluncurkan kampanye Ramadan Ready yang menghadirkan rangkaian produk perawatan diri yang telah dikurasi secara khusus.

Pada kampanye Ramadan Ready, Sociolla menyediakan paket Fun Fasting Kit yang dikurasikan untuk memenuhi kebutuhan hidrasi untuk perawatan diri dan kecantikan selama bulan Ramadan, seperti Clean & Renewed, Purity Protection, Ramadan Glow, Raya Ready Hair dan Avoskin Ramadan Loving Set.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/25/060400520/4-skincare-penting-untuk-kulit-tetap-sehat-saat-berpuasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke