Salin Artikel

Alasan Anjing Peliharaan Bersandar pada Pemiliknya

KOMPAS.com - Cinta tanpa syarat yang kita terima dari seekor anjing mungkin menjadi alasan mengapa kita senang memeliharanya.

Namun, terlepas dari semua itu, anjing memiliki beberapa kebiasaan yang tampaknya tidak biasa seperti makan rumput, mengendus bokong satu sama lain, dan bersandar pada pemiliknya tanpa alasan.

Bersandar mungkin merupakan perilaku aneh yang paling kerap terlihat, terutama pada anjing besar yang mungkin terlalu berat untuk diangkat. Jadi, kenapa ya anjing suka bersandar pada pemiliknya?

Mencari kasih sayang

Manajer perilaku hewan di Operation Kindness, Karen Reese mengatakan, bahwa salah satu alasan anjing bersandar adalah karena menginginkan kasih sayang dari pemiliknya.

Banyak ahli hewan juga percaya kalau anjing bersandar pada pemiliknya itu sebagai tanda cinta dan anjing mencari sentuhan seperti yang dirasakan manusia terhadap orang yang mereka cintai.

Saat kita memberi belaian di belakang telinga dan pelukan, maka anjing peliharaan kita otomatis akan bersandar sebagai bentuk kasih sayang.

"Anjing merupakan hewan kawanan yang mengalami domestikasi dari serigala sejak berabad-abad dengan perilaku mencari kedekatan secara alami," terang Abhishek Joshi dari Dog With Blog.

"Saya selalu menemukan anjing saya bersandar pada saya atau meletakkan kakinya dengan lembut di kaki saya untuk mencari perhatian atau kasih sayang," lanjut dia.

Merasa takut

Di sisi lain, seorang blogger perawatan hewan peliharaan di Petworshiper, Peter Laskay mengungkapkan, dalam beberapa kasus, bersandar bisa berarti ketakutan.

"Hal ini biasanya terjadi saat anjing mencoba bersembunyi dan mencari perlindungan karena merasa aman bersama kita," ujarnya.

Ada banyak alasan yang membuat anjing merasa takut, termasuk badai petir, kembang api, suara keras, dan anjing lainnya.

Anjing kita mungkin juga meminta sentuhan untuk meredakan kecemasannya seperti seorang anak yang ingin meraih tangan orangtuanya.

"Anjing memiliki emosi dan perasaan seperti manusia. Jadi dihibur oleh orang yang dicintai membantu anjing mengatasi apa pun yang membuatnya takut," jelas pelatih anjing di FunPawCare, Los Angeles, Russell Hartstein.

Hal yang normal

Salah satu pendiri Breed Advisor, Lynda Taylor mengatakan, bahwa secara alami, anjing adalah hewan sosial yang mendambakan kontak fisik.

"Anjing bersandar karena ingin dekat dengan pemiliknya," ujarnya.

"Anjing kecil bisa digendong dan dipeluk, sementara anjing yang lebih besar akan mendekat dan bersandar pada kita," tambah dia.

Bersandar adalah perilaku yang sama sekali tidak berbahaya pada anjing karena biasanya merupakan tanda kenyamanan dan cinta.

Namun, beberapa anak anjing mungkin menderita kecemasan akan perpisahan, bahkan  mengalami kepanikan saat ditinggal sendirian.

Apabila anjing sering merasa cemas saat ditinggal sendirian di rumah, cobalah berkonsultasi dengan dokter hewan yang kemungkinan besar akan merujuk ke spesialis perilaku hewan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/27/164710220/alasan-anjing-peliharaan-bersandar-pada-pemiliknya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.