Salin Artikel

Intip Kebiasaan Umum yang Dimiliki Orang Sukses

KOMPAS.com - Jika kamu suka membaca buku self-help, kamu pasti akan menemukan beberapa kebiasaan yang secara umum dilakukan oleh kebanyakan orang sukses.

Ada beberapa kebiasaan yang muncul berulang kali dan tak jauh berbeda antara tokoh yang satu dengan tokoh yang lainnya.

Kebiasaan-kebiasaan ini memang tidak akan mengubah kita menjadi miliarder dalam semalam, tetapi kita bisa menerapkannya untuk mencapai tujuan hidup lebih cepat.

Berikut ini kebiasaan umum yang dilakukan oleh orang sukses:

1. Membaca

Membaca dapat memperkaya kita dengan pandangan-pandangan berbeda, ilmu-ilmu baru, bahkan motivasi yang tak terduga,

Sosok yang bisa diteladani dalam hal membaca adalah Bill Gates, Elon Musk, dan Warren Buffet. Para tokoh terkenal dunia ini punya kebiasaan membaca.

Semakin banyak kita berinvestasi dalam membaca, semakin banyak pula kamu belajar. 

Kita tak harus selalu membaca buku non-fiksi yang serius, baca juga beberapa karya fiksi yang memiliki banyak hal lain yang bisa kita petik.

Ada banyak sekali manfaat kesehatan yang terkait dengan membaca, mulai dari menurunkan risiko demensia hingga mengurangi stres.

2. Berjejaring

Orang-orang sukses biasanya mengenal banyak orang dan memiliki jaringan yang tersebar luas, karena mereka tahu bahwa networking atau jaringan itu hal yang penting.

Selain tatap muka langsung, kita juga bisa berjejaring lewat virtual melalui LinkedIn atau pun media sosial lainnya.

Semakin luas dan beragam kontak yang kita miliki, semakin banyak peluang untuk berbagi dan menerima pengetahuan, nasihat, proyek, bahkan berkolaborasi.

3. Terorganisir

Orang-orang sukses tahu betul apa-apa saja yang akan mereka lakukan dari hari ke harinya bahkan untuk beberapa waktu kedepan.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh David Allen, pakar produktivitas dan organisasi dalam sistem manajemen kehidupan-kerja .

Allen mengatakan bahwa kunci agar terorganisir adalah menuliskan semuanya, memiliki tujuan dan sasaran yang jelas, dan secara efektif mengatur waktu.

Kamu bisa mencoba banyak cara, hingga menemukan yang pas, bagaimana untuk produktif dan mengatur waktu dengan baik.

4. Bangun lebih awal

Cobalah untuk bangun lebih awal seperti yang dilakukan oleh beberapa tokoh sukses dunia yakni, CEO Apple Tim Cook bangun jam 4:30 pagi, CEO Xerox Ursula Burns jam 5 pagi dan CEO Proctor & Gamble A.G. Lafley pada jam 5.30 pagi.

Memang tak mudah untuk menerapkan bangun lebih awal. Hal ini sesuai dengan penelitian yang mengatakan bahwa sebagian besar orang secara alami bangun lebih lambat.

Selain itu, penelitian lainnya menyebutkan berbagai manfaat bangun lebih awal, antara lain memberikan perasaan segar dan kejernihan mental pada diri.

5. Meditasi

Tidak semua orang melakukan meditasi. Namun, Russel Simmons, pendiri Def Jam mengaku bahwa meditasi telah menjadi salah satu bagian paling berpengaruh dalam karirnya.

Ini didukung pula oleh tokoh terkenal lainnya seperti Joe Rogan yang merupakan komedian terkenal, dan Ray Dalio yang merupakan sosok miliarder.

Kamu bisa melakukan meditasi cukup selama 20 menit saja untuk tahap awal atau bahkan seterusnya. Untuk membantu, kamu juga bisa men-download aplikasi yang berkaitan dengan meditasi sebagai pedoman atau arahan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/07/100208320/intip-kebiasaan-umum-yang-dimiliki-orang-sukses

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.