Salin Artikel

Kulit Wajah Kering? Ini Serangkaian Masalah yang Biasanya Mengikuti

KOMPAS.com – Memiliki kulit wajah yang bersih dan terawat merupakan impian semua perempuan. Pasalnya, hal tersebut dapat berpengaruh besar terhadap kepercayaan diri mereka.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan kulitnya dengan melakukan berbagai macam perawatan menjadi kebiasaan setiap pagi dan malam hari.

Meski begitu, menjaga kesehatan kulit bukanlah perkara mudah. Terlebih, bagi Anda yang harus bekerja seharian di dalam ruangan yang menggunakan air conditioner (AC).

Aktivitas tersebut lama-kelamaan dapat berdampak buruk lantaran kelembapan udara dalam ruangan ber-AC lebih rendah. Kulit wajah dapat menjadi kering.

Tak hanya itu, kendala kulit kering juga dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti sering mencuci muka dengan air panas, memilih pembersih wajah tanpa memperhatikan kandungannya, hingga rutin mengonsumsi jenis obat tertentu.

Kulit kering dapat disertai masalah lanjutan yang mengganggu penampilan dan kenyamanan. Berikut Kompas.com rangkum masalah yang timbul saat kulit Anda mengalami kondisi kekeringan.

Kulit pecah-pecah

Kulit pecah-pecah merupakan salah satu keluhan umum yang sering terjadi ketika kulit berada dalam kondisi kering.

Kondisi tersebut kerap terjadi pada bagian tumit, jari, dan bibir. Hal ini sering ditandai dengan munculnya garis halus di sekitar area kulit.

Selain itu, kondisi kulit pecah-pecah juga bisa terjadi di area lain seperti pipi atau dahi. Tekstur flaky pada kulit wajah tersebut seringkali membuat make up sulit menempel.

Meski terlihat seperti garis biasa, kulit pecah-pecah juga dapat menyebar dan mengakibatkan luka jika terus dibiarkan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan pembersih wajah atau sabun mandi khusus dalam mengatasi permasalahan kulit kering.

Pastikan sabun tersebut juga tidak mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) yang dapat mengurangi kelembapan kulit. Anda bisa memilih produk perawatan clean beauty yang biasanya tidak memiliki kandungan SLS, paraben, dan pewangi yang bisa memicu sensitivitas pada kulit.

Gatal dan mengelupas

Kulit kering seringkali menyebabkan rasa gatal sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat Anda ingin terus menggaruknya.

Akibatnya, kulit Anda jadi mengalami luka ataupun lecet. Hal ini tentunya bisa merusak penampilan kulit.

Ketika gejala tersebut muncul, ada baiknya Anda tak terlalu sering menggaruk kulit. Anda bisa menangani dengan cara lain seperti mengompres kulit dengan handuk kecil yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat.

Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan losion atau body butter untuk menghidrasi kulit kering.

Dengan rutin menggunakan kedua rangkaian produk tersebut, kulit menjadi lembap sehingga rasa gatal pun ikut berkurang.

Agar lebih aman, gunakan produk body butter yang memiliki keharuman dan kandungan alami.

Infeksi

Selain pecah-pecah dan gatal, kulit kering juga dapat mengakibatkan infeksi. Biasanya, infeksi akan muncul ketika kulit terluka karena terlalu sering digaruk.

Akibatnya, bakteri menjadi lebih mudah masuk sehingga luka jadi meradang dan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

Cegah terjadinya infeksi dengan rangkaian perawatan tubuh yang disesuaikan untuk kulit kering. Hindari terlalu sering menggunakan scrub agar kulit tidak mudah teriritasi.

Untuk proteksi maksimal, Anda juga bisa mencari produk kosmetik maupun skincare yang terbukti aman bagi kulit maupun lingkungan.

Salah satunya seperti rangkaian produk perawatan tubuh dan wajah dari Martha Tilaar.

Sebagai informasi, rangkaian produk Martha Tilaar menggunakan konsep clean beauty yang ramah di kulit dan sudah teruji secara klinis.

Anda tidak perlu khawatir, sebab seluruh produk Martha Tilaar sudah terjamin kualitasnya dan 100 persen halal.

Untuk membuat bulan Ramadhan Anda lebih berkesan, Martha Tilaar mengadakan hadiah berupa mistery box dan penawaran khusus berupa diskon menarik di Ramadan Fair tahun ini.

Untuk mendapatkan diskon dan hadiah tersebut, Anda dapat membeli produk khusus kulit kering dari Martha Tilaar melalui Martha Tilaar Shop.

Bagi Anda yang berminat terhadap penawaran tersebut, silakan kunjungi www.marthatilaarshop.com dan berlaku hingga 23 Mei 2021. Jangan sampai ketinggalan.

chat & buy

Tanya di sini Chat & buy.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/11/091500620/kulit-wajah-kering-ini-serangkaian-masalah-yang-biasanya-mengikuti

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.