Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perlukah Gigi Kucing dan Anjing Dibersihkan?

KOMPAS.com - Jika kita mengaku pecinta binatang, menyediakan makanan dan tempat tinggal saja tidak cukup. Kesehatan hewan peliharaan juga wajib diperhatikan, termasuk kebersihan gigi dan mulutnya.

Sama seperti manusia, ternyata kucing atau anjing juga rentan terhadap penyakit gusi dan kehilangan gigi.

"Penyakit periodontal adalah kondisi klinis paling umum yang terjadi pada anjing dan kucing dewasa. Pada usia tiga tahun, kebanyakan anjing dan kucing memiliki beberapa penyakit periodontal," kata juru bicara American Veterinary Dental College (AVDC).

Menyikat gigi kucing dan anjing secara rutin, tidak hanya bisa menyegarkan nafasnya, tetapi juga dapat menjadi langkal awal dalam pencegahan penyakit.

AVDC menjelaskan, ketika plak dan karang gigi berada di bawah garis gusi, "siklus kerusakan" mulai terjadi, dan dapat menyebabkan penyakit gusi, seperti gingivitis dan periodontitis.

Gingivitis adalah ketika gusi memerah dan membengkak. Sedangkan untuk periodontitis, mengarah ke masalah yang lebih serius dimana dapat menyebabkan hilangnya tulang dan jaringan lunak.

Konsekuensi dari perawatan gigi yang buruk untuk kucing dapat berupa kehilangan gigi dan kerusakan pada organ dalam hewan peliharaan kita.

Tanda-tanda bahwa kucing atau anjing mengalami sakit pada gigi atau pun gusi:

  • kehilangan nafsu makan
  • kesulitan mengunyah
  • gigi lepas (atau hilang)
  • bau mulut yang parah
  • kemerahan atau pendarahan pada gusi
  • mencakar atau menggaruk mulutnya.

Jika kita melihat kucing dan anjing kita seperti tanda-tanda di atas, ada baiknya kita membawa kucing ke dokter untuk melakukan pembersihan gigi. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/22/094431520/perlukah-gigi-kucing-dan-anjing-dibersihkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke