Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Agar Gangguan Pencernaan Tak Halangi Hubungan Seks

KOMPAS.com - Banyak faktor yang memengaruhi kepuasan hubungan seks, salah satunya munculnya gangguan pencernaan akibat makan berlebihan di malam hari.

Jenis gangguan pencernaan yang banyak dialami adalah perut kembung. Efeknya perut jadi tidak nyaman dan tubuh menjadi lebih berat.  

Agar rencana bermesraan di ranjang dengan pasangan tidak terganggu, ketahui apa saja yang bisa dilakukan saat mengalami gangguan pencernaan. Seksolog klinis di Eros Coaching, Dr Martha Tara Lee memberi tahu tipsnya:

1. Menutupinya

Perasaan kembung adalah sensasi internal dan manifestasi fisik. Sering kali, itu lebih merupakan perasaan dan bukan kenyataan.

Saat kita merasa tidak nyaman, kenakan sesuatu yang dapat menutupi bagian perut yang terasa kembung dan penuh.

Mengenakan pakaian yang seksi dan menggairahkan seperti lingerie juga dapat membantu kita menonjolkan bagian tubuh yang kita sukai dan membuat pengalaman seksual lebih baik.

2. Berpura-puralah sampai berhasil

Kita cenderung terlalu banyak berpikir saat merasa kembung dan tidak nyaman dengan penampilan kita.

Namun, apabila kita tetap ingin berhubungan seks, cobalah berpura-pura menjadi orang lain sampai segalanya terasa alami dan menciptakan normal yang baru.

Kita juga dapat memulainya dengan menggunakan self-talk positif setiap kali melihat diri di cermin seperti mengatakan kepada diri sendiri kalau kita sangat seksi, bahkan jika kita merasa kembung.

3. Mengeksplorasi berbagai variasi

Hubungan seks tidak selalu harus terjadi penetrasi dan melakukan gerakan dengan cara yang sama sepanjang waktu karena itu bisa sangat membosankan.

Tawarkan kepada pasangan untuk melakukan hal lain sesekali sebagai variasi seperti memberikan hand job atau melakukan oral seks fellatio.

Kita juga mungkin dapat memberi tahu pasangan bahwa kita sedang kembung dan merasa tidak baik-baik saja, namun tetap ingin berhubungan seks.

Sehingga pasangan dapat lebih memahaminya dan membantu mencari alternatif lainnya agar kalian berdua tetap dapat bersenang-senang.

4. Memberi tahu pasangan

Ketika beberapa bagian sensitif tubuh disentuh namun kita merasa tidak ingin melanjutkannya, katakan saja  "tidak hari ini" atau "tidak seperti itu" merupakan cara menjaga diri sendiri.

Mematikan lampu, menghindari posisi tertentu, dan tidak melakukannya juga merupakan bagian dari melindungi diri sendiri dari rasa tidak nyaman akibat perut kembung.

Pasangan kita bukan pembaca pikiran dan dia akan lebih menghargai kita jika kita berbagi kebenaran daripada memaksakan diri untuk melakukannya sehingga berakhir dengan kebencian.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/10/113810420/tips-agar-gangguan-pencernaan-tak-halangi-hubungan-seks

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.