Salin Artikel

Jadi Pemilik Hewan yang Bertanggung Jawab dengan Bantuan Aplikasi

KOMPAS.com - Semakin banyaknya orang yang memelihara hewan di rumah selama pandemi merupakan fenomena menarik.

Menurut survei dari Rakuten Insight pada Januari 2021, diketahui bahwa 47 persen responden di Indonesia memiliki kucing dan 10 persen memelihara anjing. Tren adopsi hewan ini menambah populasi hewan peliharaan di Indonesia.

Kehadiran anabul alias anak bulu bisa menambah keceriaan di rumah, mengurangi kesepian, bahkan mengajarkan anak untuk menyanyangi makhluk hidup dan belajar bertanggung jawab.

Ya, sebagai pemilik anabul kita wajib bertanggung jawab pada kesehatan dan kesejahteraan kucing atau anjing peliharaan di rumah.

Dijelaskan oleh dokter hewan Novi Wulandari, corporate affairs PT Royal Canin Indonesia, sebagai pet parents (pemilik hewan kesayangan) kita harus memperhatikan lima aspek kesejahteraan hewan.

“Pertama hewan peliharaan harus memiliki akses terhadap nutrisi, baik makanan atau minuman yang sesuai dengan kebutuhannya, memiliki rasa nyaman di rumah kita, tidak mengalami stres, tetap bisa merefleksikan natural behaviournya, dan juga diberi akses kesehatan dengan membawanya ke dokter hewan,” kata Novi dalam wawancara terbatas, Jumat (3/9/2021).

Dia mengatakan, menjadi pet parents adalah komitmen seumur hidup.

“Memiliki hewan kita harus komitmen waktu, mengajaknya bermain, dan tetap bersama selama hidupnya,” ujarnya.

Tahapan kehidupan hewan peliharaan berbeda-beda, tergantung pada usia, jenisnya, hingga gaya hidupnya, yang juga memengaruhi pada pemberian nutrisi dan perawatannya.

Namun, masih banyak pet parents yang tidak tahu cara tepat dalam merawat anabul mereka. Bahkan tak sedikit yang menelantarkan hewan-hewan tersebut karena tidak siap.

Aplikasi Royal Canin Club

Beruntung kita hidup di era digital sehingga berbagai informasi bisa didapatkan sangat mudah lewat gawai, termasuk tentang kesehatan hewan.

“Di masa pandemi ini banyak pet owner baru yang masih bingung untuk mencari informasi, karenanya kami menyediakan platform itu,” kata Pro Pillar and Digital Head Royal Canin Indonesia, Rani Achyar dalam acara yang sama.

Untuk membantu para pemilik hewan kesayangan, Royal Canin memperkenalkan aplikasi Royal Canin Club yang dapat diunduh secara gratis.

“Para pet owner bisa mendapat berbagai informasi yang akan membantu mereka menjadi responsible pet owner. Artikel-artikel yang disajikan akan disesuaikan dengan profil hewan kesayangannya,” kata Rani.

Selain informasi seputar nutrisi dan kesehatan hewan kesayangan, di aplikasi ini banyak fitur menarik. Misalnya games, hingga penukaran poin dengan melakukan scan pada barcode di produk Royal Canin untuk ditukarkan dengan aneka gimmick menarik.

Rani mengatakan, untuk sementara ini informasi yang tersedia memang kebanyakan tentang anjing atau kucing ras. Namun, dalam waktu dekat akan dilengkapi dengan hewan kesayangan domestik.

“Informasi artikelnya memang banyak didapatkan dari Royal Canin global, tapi kami melihat juga market Indonesia sehingga akan ada informasi yang spesifik untuk populasi hewan kesayangan di Indonesia,” ujarnya.

Selain mencari berbagai informasi seputar kesehatan anabul, Novi merekomendasikan kepada pemilik hewan yang baru mengadopsi untuk memeriksakan hewan kesayangannya e dokter hewan.

“Sebaiknya hewan kesayangannya di bawa untuk diperiksa dokter hewan. Jangan hanya saat sakit tapi perlu diperiksa dua kali setahun. Kalau hewan peliharaan kita sehat, akan berdampak positif juga untuk lingkungan dan kita juga tenang karena dia tidak membawa kuman penyebab zoonosis di rumah,” kata Novi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/04/094500720/jadi-pemilik-hewan-yang-bertanggung-jawab-dengan-bantuan-aplikasi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.