Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Payudara Kendur

Namun, ternyata ada sejumlah faktor lain yang juga bisa menjadi penyebab payudara kendur.

Penyebab payudara kendur

Melansir Health, penyebab payudara kendur adalah peregangan ligamen Cooper, jaringan ikat di payudara yang membantu menjaganya tetap tegak dan terlihat kencang.

"Seperti semua jaringan di tubuh kita, payudara terdiri dari kolagen dan elastin, yang akan rusak seiring bertambahnya usia," kata wakil presiden American Society for Aesthetic Plastic Surgery, Dan Mills, MD.

Selain itu, ketika memasuki periode menopause, jaringan kelenjar yang padat akan digantikan oleh lemak sehingga membuatnya cenderung terkulai.

Sementara penyebab payudara kendur lainnya selain faktor usia, termasuk kehamilan, obesitas, penurunan berat badan drastis, dan faktor-faktor lainnya, termasuk kebiasaan kita sehari-hari.

Kebiasaan yang menjadi penyebab payudara kendur

Sejumlah aktivitas harian ternyata juga berkontribusi terhadap penampilan payudara kita.

Berikut kebiasaan harian yang menjadi penyebab payudara kendur dan perlu kita ketahui:

Berbaring menyamping juga kurang baik. Alasannya, posisi tersebut menyebabkan ligamen payudara meregang dari waktu ke waktu, kecuali jika bisa menopang dengan bantal di bawahnya.

Ahli bedah payudara dan presiden American Society for Aesthetic Plastic Surgery, Dr Michael Edwards menjelaskan kepada Women's Health, setiap kali berat badan kita bertambah dan turun, jaringan payudara akan menjadi lebih kendur, seperti celana yang sudah tua dan mengendur.

Setiap jumlah rokok yang diisap akan membuat kulit menua dan melemah dengan mengurangi suplai darah ke permukaan kulit.

Tak hanya merokok, kebiasaan gaya hidup buruk lainnya yang merusak kolagen kulit juga bisa menjadi penyebab payudara kendur, seperti paparan sinar ultraviolet atau makan makanan rendah nutrisi dan tinggi lemak.

Ketika menggunakan bra yang salah, payudara akan semakin banyak memantul sehingga kulit payudara dan kolagen akan semakin stres.

Jika tidak mengetahui ukuran payudara yang pas, mintalah pegawai di toko pakaian dalam untuk membantu memilihkan ukuran bra yang tepat.

Kremer menjelaskan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh para peneliti Prancis, dukungan dari bra dapat melemahkan otot-otot dada dan membuat payudara terkulai.

Mengenakan bra dapat membantu mencegah payudara kendur dini karena mencegah peregangan jaringan ikat. Namun, jika sedang tidak banyak beraktivitas, wanita boleh melepas bra.

Menurut Verywell Family, berikut sejumlah hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah payudara kendur:

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/24/085818520/5-kebiasaan-yang-menjadi-penyebab-payudara-kendur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke