Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kiat Menemukan Pekerjaan yang Memuaskan

KOMPAS.com - Sejak pertama kali bekerja sampai sekarang, coba kita menghitung, sudah berapa kali kita pindah pekerjaan?

Pekerjaan yang ada saat ini barangkali bukan menjadi pekerjaan impian kita. Apa yang kita harapkan dulu ternyata berbeda dari kenyataan.

Persaingan yang sangat ketat di dunia kerja memaksa kita untuk melamar pekerjaan yang tak sesuai latar belakang atau pun passion.

Mayoritas orang tidak menemukan pekerjaan yang sempurna, tetapi setidaknya kita perlu memeroleh karier yang berkelanjutan dan memuaskan.

Bagaimana menemukan pekerjaan yang bisa kita sukai dan berkelanjutan? Ikuti lima tips ini:

1. Evaluasi pengalaman masa lalu

Dalam memertimbangkan jenis karier yang akan dicapai, banyak faktor perlu dipertimbangkan.

Kita seringkali terjebak pada faktor dari luar namun tidak pernah berkaca dari pengalaman masa lalu untuk menemukan apa yang mungkin benar-benar disukai.

Christine Hourd, coach di ACC Success and Leadership mengingatkan pentingnya melihat masa lalu saat hendak mencari pekerjaan baru.

"Untuk menemukan hasrat yang dapat dikembangkan menjadi karier yang sukses, lihatlah kenangan masa kecil favorit kita," jelasnya.

Ini adalah masa di mana kita bebas menjelajah, dan belum mendapat pengaruh dari orang lain untuk memilih karier. Dalam pengalaman itu kita akan menemukan esensi, atau alasan yang akan mengubah pekerjaan menjadi permainan yang menyenangkan.

2. Jangan berhenti belajar

Carilah cara untuk meningkatkan keahlian dan mendapatkan pengalaman baru. Mengembangkan keahlian yang kita peroleh di tempat kerja sebelumnya bisa berguna di tempat kerja yang baru.

"Belajarlah dari setiap pekerjaan," ucap pelatih hubungan dan komunikasi, Marilyn Sutherland.

"Pahami keterampilan yang perlu kita kembangkan untuk menjadi sukses dan tingkatkan kompetensi kita dalam keterampilan tersebut. Banyak keterampilan yang dapat ditransfer."

3. Bertanya pada orang lain

Tanyakan kepada teman, rekan kerja atau atasan di kantor untuk menambah pengetahuan terkait pengalaman hidup dan kerja mereka.

Setiap orang memiliki kehidupan yang unik dan berbeda. Biasanya, orang terdekat dapat memberikan wawasan yang membantu membimbing kita ke arah yang benar.

4. Mencari saran dari ahlinya

Terkadang kita juga membutuhkan pandangan baru tentang situasi yang kita alami.

Demi menemukan pekerjaan yang sesuai, cobalah meminta saran dari mentor atau ahli. 

"Bekerja sama dengan seorang mentor atau pelatih dapat membantu kita menyaring informasi secara objektif, dan menyemangati kita terutama di saat orang-orang dalam hidup kita memiliki pendapat," kata pelatih pengembangan karier dan kehidupan Lisa Petsinis.

5. Magang

Sebagian besar profesional karier memulai pekerjaan dari posisi entry-level dan magang.

Hal ini terkesan menakutkan, apalagi jika kita tidak memeroleh penghasilan yang layak.

Tetapi, tidak ada salahnya mengembangkan keterampilan dan pengalaman dari posisi tersebut. Agar nantinya kita bisa mengetahui apakah bidang itu cocok bagi kita atau tidak.

"Saya mencari magang di bidang saya. Saya mewawancarai terapis terkait pro dan kontra pekerjaan mereka," tutur konselor dan terapis hubungan Lisa Rabinowitz.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/05/115243920/kiat-menemukan-pekerjaan-yang-memuaskan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke