Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Gabungkan Skincare Niacinamide dan Vitamin C, Ini Sebabnya

KOMPAS.com - Ternyata, skincare dengan niacinamide tidak boleh digabung dengan vitamin C.

Niacinamide sendiri merupakan bahan aktif yang belakangan semakin sering kita dengar dan memiliki sejumlah manfaat.

Menurut Refinery29, niacinamide, atau juga dikenal dengan vitamin C, umumnya digunakan untuk mengatasi masalah jerawat, hiperpigmentasi, hidrasi, serta mengurangi bintik hitam dan kemerahan. Bahan aktif ini biasa ditemukan dalam bentuk serum.

Skincare dengan niacinamide dapat menyerap dengan mudah, membantu melindungi kulit dari tekanan lingkungan, mengurangi produksi minyak berlebih (berpotensi mencegah bintik-bintik), meningkatkan hidrasi kulit dan memperkuat penghalang kulit, serta mencegah kulit kering.

Lebih lanjut mengenai ulasan niacinamide dapat dibaca pada tautan ini.

Penggunaan skincare dengan niacinamide bisa memberikan hasil optimal jika dipadukan dengan skincare dengan beberapa bahan aktif lainnya.

Namun, niacinamide tidak boleh digabung dengan vitamin C karena sejumlah alasan, termasuk mengurangi efektivitasnya.

Meskipun keduanya merupakan antioksidan, niacinamide tidak boleh digabung dengan vitamin C.

Dokter kulit tersertifikasi badan dari New York City, Dr Shari Marchbein mengatakan kepada InStyle, keduanya sering disertakan dalam berbagai produk perawatan kulit, tetapi tidak boleh digunakan bersama, kecuali jika pengaplikasiannya diberi jarak setidaknya 10 menit antar produk.

Marchbein menjelaskan, niacinamide memiliki potensi mempengaruhi integritas vitamin C sehingga mengurangi kekuatan produk vitamin C.

Menurut kepala petugas ilmiah dari Deciem, Prudvi Kaka, penggabungan keduanya juga bisa menyebabkan perubahan warna kimiawi pada produk dan meningkatkan kemungkinan terjadinya kemerahan pada wajah.

Jika khawatir, cobalah menggunakan skincare dengan vitamin C di siang hari dan serum niacinamide di malam hari.

Adapun niacinamide sebetulnya cocok dipadukan dengan berbagai bahan aktif. Itulah mengapa bahan ini banyak digunakan pada produk skincare.

Melansir Real Simple, menggabungkan niacinimadie dengan asam salisilat, misalnya, dapat melarutkan minyak berlebih dapat membantu menjaga pori-pori tetap bersih dan terhindar dari jerawat.

Kemudian, retinol dan niacinamide disebut sebagai kombinasi yang direkomendasikan untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.

Manfaat Niacinamide yang menenangkan juga dapat memerangi efek samping negatif dan iritasi yang sering menyertai penggunaan retinol untuk melawan kerutan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/23/095559520/jangan-gabungkan-skincare-niacinamide-dan-vitamin-c-ini-sebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke