Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Kebiasaan yang Bikin Kulit Lebih Putih dan Sehat

KOMPAS.com - Ada sejumlah kebiasaan yang dapat bikin kulit putih dan terlihat lebih sehat.

Definisi kulit putih pada setiap orang bisa berbeda-beda. Namun, menurut Medical News Today, kebanyakan orang menggunakan istilah itu untuk merujuk pada kulit yang tampak sehat, segar, halus, dan terhisrasi alih-alih kusam, terlalu jering atau terlalu berminyak, dan teksturnya tidak rata.

Melakukan kebiasaan sehat dapat membantu kita mendapatkan kulit putih dan berkilau secara alami.

Kebiasaan yang bikin kulit putih

Kulit yang sehat bisa ditentukan oleh berbagai faktor, termasuk genetik, hormon, lingkungan, kondisi kesehatan dan pengobatan, serta perilaku.

Ada beberapa faktor yang tidak bisa kita kontrol. Namun, sebagian faktor bisa kita upayakan melalui perubahan gaya hidup.

Berikut kebiasaan yang bikin kulit putih dan lebih sehat, yang bisa kita upayakan:

Jika sedang mencari tahu kebiasaan yang bikin kulit putih, jangan lupakan hal mendasar seperti mencuci wajah sebelum pergi tidur.

Kepada Brides, dokter kulit tersertifikasi badan dari McLean Dermatology and Skincare Center, Lily Talakoub, MD menyarankan penggunaan sabun pembersih wajah bertekstur krim dan minyak.

Ia menjelaskan, pembersih wajah dengan fungsi eksfoliasi dapat mengikis sawar alami kulit (barrier), sehingga membuat kulit kering dan kusam.

Sementara pembersih wajah berbasis minyak dan krim cenderung lembut untuk kulit dan membantu menjaga sawar kulit tetap berkilau.

Sheet mask atau masker lembaran sangat baik untuk membantu menghidrasi kulit. Menggunakannya bisa menjadi salah satu kebiasaan yang bikin kulit putih dan lebih sehat.

Menurut Healthline, formulasi dalam sheet mask akan melakukan penetrasi ke dalam kulit untuk membantu menghilangkan minyak berlebih, membersihkan sel-sel kulit mati, dan meningkatkan kelembapan kulit.

Fungsi-fungsi tersebut membuat penggunaan sheet mask sebelum tidur sebagai bagian dari kebiasaan yang bikin kulit putih dan berkilau.

Ketika membahas soal kebiasaan yang bikin kulit putih dan berkilau, kita tak hanya membicarakan soal skincare yang diaplikasikan dari luar saja.

Pola makan juga sangat penting jika kita ingin memiliki kulit yang sehat.

Pastikan kita menerapkan pola makan sehat dengan memerbanyak konsumsi superfood yang bervariasi.

Vitamin C, misalnya, adalah superfood dan sumber antioksidan yang baik. Vitamin C juga bisa membantu menjaga kekebalan tubuh yang kuat dan merupakan bahan utama untuk kulit yang cantik dan sehat.

Vitamin C mudah didapatkan melalui sayur dan buah, seperti jeruk, blueberry, pepaya, stroberi, kiwi, dan lainnya.

Konsumsi beragam sayur-sayuran dan buah-buahan juga membuat tubuh kita mengasup mineral dan vitamin beragam yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk untuk menyehatkan kulit.

Beberapa jenis vitamin yang secara khusus dapat berkontribusi menciptakan kulit yang sehat termasuk vitamin A, B2, B6, D, dan E.

Salah satu kebiasaan yang bikin kulit putih dan berkilau adalah minum air putih.

Meski tampak sederhana, minum air putih memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk kulit.

Dokter kulit bersertifikasi dari New York City, Debra Jaliman, MD mengatakan kepada Everyday Health bahwa minum air putih dalam jumlah cukup dapat meningkatkan aliran darah di kulit dan tubuh, yang ada akhirnya membantu menjaga kulit yang terhidrasi dan sehat.

Untuk mendapatkan cairan yang cukup, Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional AS menyarankan konsumsi sekitar 13 gelas air untuk pria dan sembilan gelas air untuk wanita.

Minum jus buah segar tanpa pemanis tambahan juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk menghidrasi kulit dari dalam sekaligus memberikan manfaat vitamin dan mineral dari buahnya.

Cahaya matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang bisa menyebabkan kulit terbakar, kerusakan, dan munculnya tanda-tanda penuaan, terutama jika kita terpapar dalam waktu yang lama dan sering.

Mengaplikasikan tabir surya termasuk salah satu kebiasaan yang bikin kulit putih dan berkilau dengan mencegahnya mengalami kerusakan.

Saat memilih tabir surya, pilihlah produk dengan SPF 30 atau lebih dan cocok untuk jenis kulit kita.

Aplikasikan tabir surya terutama pada area wajah yang terekspos matahari, termasuk area sekitar mata dan leher.

Jika sinar matahari sedang sangat kuat, kurangi waktu berada di bawah paparan sinar matahari atau menggunakan topi dan pakaian tertutup.

Ketika mencari tahu tentang kebiasaan yang bikin kulit putih, ketahui pula sejumlah kebiasaan yang dapat merusak kulit.

Berhenti merokok, mengelola stres, mengurangi konsumsi alkohol, dan memperbanyak olahraga penting untuk dilakukan demi mendapatkan kulit putih dan berkilau yang juga sehat.

Untuk olahraga, misalnya, sebuah penelitian di 2015 mendalami tentang dampak olahraga aerobik rutin terhadap orang dewasa yang jarang bergerak.

Melakukan rutinitas aerobik rutin selama tiga bulan ternyata dapat meningkatkan kualitas kulit mereka, terutama mencegahnya dari tanda-tanda penuaan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/01/124912520/6-kebiasaan-yang-bikin-kulit-lebih-putih-dan-sehat

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.