Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Awet Muda meski Usia Sudah di Atas 40 Tahun

Mereka rela melakukan perawatan wajah yang mahal, mengonsumsi suplemen anti-aging, hingga minum jamu agar kulit tetap berseri, bebas keriput, dan halus.

Padahal, cara untuk tetap awet muda sebenarnya bisa dimulai dengan perilaku sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara agar tetap awet muda ketika usia sudah di atas kepala empat, simak tips-tipsnya berikut ini.

1. Latihan kekuatan

Saat berolahraga, pastikan kamu tidak melewatkan latihan kekuatan.

Latihan ini tidak hanya meningkatkan metabolisme dengan mendorong pertumbuhan otot tanpa lemak, tetapi juga menjaga tulang tetap kuat.

Pada usia 40 tahun, kepadatan tulang akan turun sekitar 1 persen setiap tahun. Latihan beban membuat otot menarik tulang di dekatnya sehingga meningkatkan kepadatannya.

Studi juga menunjukkan, angkat beban ringan dengan pengulangan yang lebih tinggi dapat menjaga tulang tetap kuat.

Para ahli merekomendasikan latihan ketahanan selama dua kali selama seminggu.

2. Makan lebih sedikit gula

Setelah usia 40 tahun, seseorang berisiko terkena penyakit kronis, seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan demensia.

Mengurangi sumber gula tambahan dalam makanan, khususnya minuman yang dimaniskan dengan gula, biji-bijian olahan, makanan olahan, dan makanan cepat saji, dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis.

"Gula tambahan adalah ancaman kesehatan nomor satu yang paling signifikan di Amerika," ujar penulis buku Zero Sugar Diet, David Zinczenko.

"Semakin banyak gula tambahan yang masuk ke dalam diet, semakin sedikit makanan sehat yang akan kita makan sepanjang hari, dan semakin cepat kita menua," lanjut Zinczenko.

3. Berhubungan seks

Meski usia sudah menginjak kepala empat lebih, hal ini bukanlah alasan untuk berhenti berhubungan seks dengan pasangan.

Seorang konsultan psikolog klinis Inggris dan mantan kepala psikologi usia tua di Rumah Sakit Royal Edinburgh, Dr. David Weeks, mengatakan, seks teratur dapat membuat pria dan wanita terlihat 5-7 tahun lebih muda.

Berhubungan seks mampu melepaskan hormon pertumbuhan manusia yang membuat kulit terlihat lebih elastis di antara reaksi biologis lainnya.

Dr. David yang sudah berusia 58 tahun itu telah menghabiskan 10 tahun melakukan studi terhadap ribuan pria dan wanita berusia 40-50 tahun.

Lebih dari 50 persen respondennya melaporkan lebih sering berhubungan seks, hingga sebanyak tiga kali per minggu.

4. Jaga kesehatan mental

Masalah kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi, dapat muncul seiring bertambahnya usia.

Hal ini tidak hanya dialami oleh mereka yang punya riwayat kecemasan dan depresi, tetapi juga bisa melanda orang yang tidak pernah merasakan di masa muda.

Meski terkadang gejalanya tidak terlihat, jika seseorang mengalami peningkatan iritabilitas, kelelahan, atau gangguan tidur, sebaiknya ia segera berkonsultasi dengan dokter.

5. Perubahan gaya hidup

Sebuah studi yang diterbitkan musim semi lalu di jurnal Aging menemukan kemungkinan mengurangi usia biologis sebanyak 3 tahun dalam 8 minggu dengan menjalani beberapa diet sederhana dan perubahan gaya hidup.

Temuan itu didapat usai para peneliti mengamati kelompok uji yang mengonsumsi makanan nabati, suplemen probiotik, berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, latihan relaksasi, dan tidur setidaknya tujuh jam semalam.

Para ilmuwan menemukan bahwa DNA peserta studi menjadi 3,23 tahun lebih muda.

Hasil ini didapat usai mereka menjalani gaya hidup itu rata-rata selama 2 bulan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/13/163923020/5-tips-awet-muda-meski-usia-sudah-di-atas-40-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke