Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Salin Artikel

Ternyata, Anjing Tak Boleh Makan Tulang yang Dimasak

Namun, rupanya tak semua tulang aman dimakan oleh anjing. Bahkan, banyak tulang yang dapat membahayakan nyawa.

Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui tulang apa saja yang perlu diwaspadai dan apa yang perlu dilakukan jika anabul memakan sesuatu yang seharusnya tidak dimakannya.

Terlepas dari jenisnya, tulang yang dimasak adalah benda yang harus dijauhkan dari anjing.

Pasalnya, proses pemasakan dapat membuat tulang lebih mudah pecah dan dapat menyebabkan kerusakan internal, apalagi jika terjadi pada tulang berongga seperti tulang ayam dan kalkun.

Bahkan, meski beberapa tulang lain tidak serentan tulang berongga, semua jenis tulang yang dimasak bisa berbahaya jika tertelan.

Menurut VCA Animal Hospitals, anjing yang memakan tulang yang dimasak ini dapat terancam beberapa bahaya, seperti gigi yang patah, luka pada mulut dan lidah, serta tersedak.

Organ pencernaan anjing seperti lambung dan lapisan usus pun bisa luka akibat konsumsi tulang masak. Tak hanya itu, usus kecil dan besar anjing berpotensi tersumbat jika menelannya.

“Tulang yang dimasak bisa menggores kerongkongan, bisa menggores saluran pencernaan, bahkan bisa menyebabkan luka tembus, yang merupakan salah satu hal terburuk.”

Demikian penjelasan Dr. Brian Carson, DMV, yang berpraktik di Virginia, AS dalam sebuah wawancara dengan The Spruce Pets.

Bagaimana mencegahnya?

Cara termudah untuk menjauhkan tulang yang dimasak dari hewan peliharaan adalah dengan menjauhkan anjing dari dapur, ruang makan, tempat sampah, atau di mana pun tulang yang dimasak itu berada.

Tentu, ini bisa sulit bagi anjing yang terbiasa berkeliaran bebas di rumah.

Jadi, strategi lainnya adalah tetap berhati-hati dan awasi anjing, jaga tutup tempat sampah, serta pastikan keluarga dan tamu paham bahwa mereka tidak boleh memberi makanan sisa pada anjing.

“Pastikan semua orang, termasuk tamu, memahami potensi bahaya dari memberi makan anjing dengan beberapa makanan, apalagi jika itu adalah tulang yang dimasak."

"Lalu, buat mereka paham apa yang harus dihindari dan apa yang boleh dimakan,” kata Carson.

Apa yang harus dilakukan jika anjing memakan tulang yang dimasak?

Anjing memang tetap berpotensi menemukan tulang yang dimasak meski kita telah berhati-hati.

Jadi, jika anjing terlanjur memakannya, segeralah konsultasikan dengan dokter hewan.

Jika bisa, beritahu dokter hewan terkait tulang seperti apa yang ditelan anjing.

Kemungkinan, dokter hewan akan menyarankan agar kita membawa anjing ke dokter hewan darurat, memaksa anjing untuk muntah, atau beberapa tindakan lainnya.

Beberapa gejala yang bisa kita ketahui saat anjing memakan tulang yang dimasak adalah muntah, mual, lesu, mengeluarkan air liur, terengah-engah, dan mondar-mandir.

Jadi, pantau terus keadaan anjing, dan segeralah bawa ke dokter hewan jika tak yakin.

Makanan manusia lain yang harus dijauhkan dari anjing

Menurut U.S. Food and Drug Administration, ada beberapa makanan manusia yang berbahaya dikonsumsi anjing.

Misalnya daging mentah, anggur dan kismis, makanan yang digoreng dan berlemak, makanan berjamur, bawang merah, bawang putih, dan daun bawang, serta camilan asin, dalam jumlah banyak.

Cokelat dan kacang macadamia juga bisa berbahaya bagi anjing. Jadi, jika ada kue Natal dengan cokelat atau kacang ini di dalamnya, hati-hatilah.

Jika ingin memberi camilan spesial pada anjing, Carson merekomendasikan untuk memberikan daging kalkun masak, kacang hijau, dan puree labu (bukan pai labu atau isian pai labu).

Apakah tulang mentah aman dikonsumsi anjing?

Tulang mentah umumnya lebih aman dibanding tulang yang dimasak.

Namun, banyak dokter hewan yang tak menyarankannya. Pasalnya, tulang ini dapat menyebabkan kerusakan pada gigi, tersedak, atau masalah lainnya.

Carson merekomendasikan untuk memberi anjing tulang mentah dengan ukuran yang tepat, sehingga anjing cenderung tidak menelannya secara utuh.

Jangan lupa, tetap pantau anjing saat mengunyah.

"Secara pribadi, saya tidak merekomendasikan tulang mentah karena anjing masih bisa mematahkan potongan tulang yang lebih besar dan menelannya," kata Carson.

“Jadi saat menggunakan mainan atau tulang apa pun yang lebih menstimulasi, kita perlu memastikan bahwa ketepatan ukurannya."

"Jika kita memberi sepotong tulang rusuk pada anjing seberat 27-36 kg, potensi ditelan pun lebih mungkin jika dibandingkan dengan seekor chihuahua yang mungkin tidak bisa menutupi seluruh wajahnya dengan tulang itu,” tambah dia.

Makanan mentah juga dapat meningkatkan risiko terkena bakteri, seperti salmonella atau E.coli, yang mungkin berbahaya bagi anjing atau orang-orang di rumah.

Jadi, jika curiga anjing menelan tulang yang dimasak atau makanan lain yang tak seharusnya dikonsumsi, segeralah konsultasi pada dokter hewan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/23/120000620/ternyata-anjing-tak-boleh-makan-tulang-yang-dimasak-

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke