Salin Artikel

DentalSlim Diet Control, Perangkat Penurun Berat Badan di Gigi, Mau?

Untuk itu, para peneliti di Universitas Otago bekerja sama dengan peneliti di Inggris mengembangkan perangkat penurun berat badan yang pertama di dunia.

Proyek ini digelar untuk membantu memerangi epidemi obesitas global.

Dikenal sebagai DentalSlim Diet Control, perangkat intra-oral ini dipasang oleh seorang profesional gigi pada gigi belakang atas dan bawah.

Perangkat ini menggunakan bahan magnetik dengan baut pengunci unik yang dibuat khusus, sehingga memungkinkan penggunanya membuka mulut hanya sekitar 2 mm saja.

DentalSlim Diet Control juga dapat membuat penggunanya untuk diet cairan tanpa mengganggu kebebasan berbicara atau membatasi pernapasan.

Adapun peserta dalam uji coba di Dunedin, New Zealand yang menggunakan perangkat ini berhasil kehilangan berat badan rata-rata 6,36 kg dalam dua minggu, dan lantas termotivasi untuk melanjutkan perjalanan penurunan berat badannya.

Peneliti utama sekaligus wakil rektor Ilmu Kesehatan di Universitas Otago, Profesor Paul Brunton mengatakan, perangkat ini akan menjadi alat yang efektif, aman, dan terjangkau bagi orang yang ingin memerangi obesitas.

Perangkat ini akan dipasang oleh dokter gigi dan dapat dilepaskan oleh pengguna dalam keadaan darurat. Kemudian bisa dipasang dan dilepas berulang kali.

"Hambatan utama dalam menurunkan berat badan adalah kepatuhan dan perangkat ini membantu kita membangun kebiasaan baru untuk mematuhi diet rendah kalori pada jangka waktu tertentu," kata dia.

"Ini adalah alternatif non-invasif, reversibel, ekonomis, dan menarik untuk prosedur bedah. Faktanya, tidak ada konsekuensi buruk dengan perangkat ini," sambung dia.

Meningkatnya masalah obesitas

Sebuah studi terbaru mengungkapkan, 1,9 miliar orang dewasa di seluruh dunia mengalami kelebihan berat badan dan 650 juta mengalami obesitas.

Sementara, kelebihan berat badan atau obesitas menjadi penyebab utama sekitar 2,8 juta kematian per tahun dan diperkirakan sekitar 57 persen populasi orang dewasa dunia akan kelebihan berat badan atau obesitas pada tahun 2030.

"Selain itu, gejala psikologis termasuk rasa malu, depresi, dan kehilangan harga diri dapat memperburuk kondisi orang yang menderita gangguan makan bersama dengan stigmatisasi dan diskriminasi," kata Brunton.

Oleh sebab itu, perangkat ini dapat sangat membantu mereka yang harus menurunkan berat badan tanpa operasi dan untuk pasien diabetes yang juga harus menurunkan berat badannya untuk mengendalikan gula darah dengan baik.

Perangkat ini diketahui memiliki harga sekitar 24.000 dollar AS atau Rp 341 juta. Namun, penggunanya dapat hidup dengan konsekuensi yang lebih baik seumur hidup.

Kelebihan perangkat

Praktik mengunci atau menutup rahang orang dengan pembedahan sebenarnya sudah populer di tahun 1980-an.

Tetapi, praktik ini menimbulkan sejumlah efek samping seperti muntah, risiko tersedak, dan pasien mengembangkan penyakit gusi setelah 9-12 bulan.

Dalam beberapa kasus, ada masalah berkelanjutan dengan pembatasan gerakan rahang dan beberapa juga mengembangkan masalah kejiwaan yang akut.

"Diperlukan strategi alternatif yang dapat mengurangi berat badan tanpa operasi yang lebih mudah dan lebih aman," ungkap Brunton.

"Dengan dipasangi perangkat ini, pengguna tetap dapat melepaskan magnetnya setelah dua atau tiga minggu, yang juga memungkinkan pendekatan bertahap yang didukung oleh saran dari ahli gizi," jelas dia.

Kendati demikian, meski para peneliti menggambarkan perangkat ini sebagai perangkat yang fleksibel, namun desainnya yang telah diperbaiki dapat membuat kita kurang nyaman dan mungkin mengganggu dari sisi estetikanya.

"Tapi secara keseluruhan, penggunaan perangkat ini membuat orang merasa lebih baik, lebih percaya diri, dan mereka berkomitmen untuk menurunkan berat badan mereka," tutur Brunton.

"Bagi orang yang benar-benar berjuang menurunkan berat badan, ini adalah cara untuk mengembalikan mereka pada kebiasaan makan yang lebih baik," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/01/02/210000220/dentalslim-diet-control-perangkat-penurun-berat-badan-di-gigi-mau-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.