Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Kejar Kebahagiaan dalam Percintaan

Dalam fase yang disebut sebagai bulan madu ini, menemukan dan memicu kebahagiaan dalam suatu hubungan juga sering terjadi begitu saja. Nyaris tanpa usaha.

Meski demikian, seiring dengan berjalannya waktu, getaran kebahagiaan dan keintiman mungkin dapat memudar. Apalagi ketika energi dalam hubungan kita mulai berkurang.

Oleh sebab itu, penting sekali menemukan kunci untuk menjaga agar hubungan kita bersama pasangan tetap panjang dan kuat.

Seorang terapis hubungan, Melissa Divaris Thompson mengatakan, kebahagiaan bersama dalam suatu hubungan pun dapat membangun ketahanan pasangan untuk dapat bekerja sama di masa-masa sulit.

Untuk itu, banyak praktik terbaik yang dapat dilakukan dalam menghidupkan hubungan percintaan dengan lebih banyak mengejar kebahagiaan.

Di bawah ini, para ahli pun menjelaskan berapa cara yang sudah terbukti ampuh untuk mengisi kebahagiaan dengan pasangan.

1. Membangun sumber kebahagiaan pribadi

Sulit untuk bisa menemukan kebahagiaan dengan orang lain jika kita tidak tahu bagaimana mengalaminya sendiri.

Dan ketika dua orang dalam suatu hubungan dapat mengalami kebahagiaan mereka sendiri, maka mereka dapat membuang harapan tidak realistis, demi mendapatkan kebahagiaan hanya dari satu sama lain.

Ahli di bidang kebahagiaan, Grace Harry, menyarankan untuk fokus pada diri sendiri terlebih dahulu.

"Kita cenderung bangun di pagi hari, dan segera memulai aktivitas lain tanpa memedulikan diri sendiri," kata dia.

"Padahal sesungguhnya kita harus membangun kebahagiaan diri terlebih dulu dan menjadikan diri sendiri sebagai kekuatan super," sambung dia.

Namun hal itu, ujar dia, bukan berarti kita akhirnya mengabaikan pasangan, melainkan lebih untuk memprioritaskan praktik kebahagiaan kita sendiri dengan berbagai hal yang kita sukai.

"Ketika kita merasa tidak bahagia dan bisa membawanya kembali maka itu adalah tanda bahwa kita berada di tempat yang baik untuk mengalami kebahagiaan yang sama dalam hubungan," tutur dia.

2. Berkomitmen pada satu pengalaman bersama

Sebagai pasangan, mulailah dengan menemukan dasar kebahagiaan bersama.

"Tanyakan pada diri sendiri kapan kita merasa sinkron, hidup, terhubung, intim, dan lebih ringan satu sama lain."

"Ini semua adalah tanda-tanda kita berada dalam keadaan bahagia bersama," kata Thompson.

Hal-hal itu juga bisa kita temukan saat sedang menonton film lucu, berjalan-jalan, atau pergi ke pertunjukan bersama.

Setelah kita menemukan beberapa hal, Harry menyarankan untuk memilih salah satunya dan menjadwalkannya sebagai hal yang berulang, serta tidak dapat dinegosiasikan di kalender kita.

"Ketika pasangan memiliki sesuatu yang mereka lakukan bersama dan dapat diandalkan, maka itu akan mengurangi banyak beban," ungkap Harry.

"Tidak harus seminggu sekali. Bisa sebulan sekali, tapi apa pun itu, sebaiknya sudah harus menjadi kesepakatan yang tidak bisa dilanggar," sambung dia.

Ini juga memastikan, apa pun yang muncul dalam hidup, kita dan pasangan akan memiliki pengalaman positif bersama yakni kebahagiaan.

3. Jangan saling memaksa untuk menikmati hal yang sama

Menyarankan atau memberikan ide pada pasangan untuk melakukan hal-hal yang membahagiakan boleh saja. Asal kita tidak saling memaksa untuk menikmati hal yang sama.

"Memiliki hal-hal yang membuat kita bahagia sendiri sama pentingnya dengan memiliki banyak hal bersama-sama."

Demikian kata pakar kebahagiaan dan pendiri American Happiness Project, Michelle Wax.

Faktanya, ketika kita masing-masing memiliki waktu sendiri untuk mengeksplorasi minat dan gairah pribadi, kemungkinan besar kita akan kembali bersama pasangan kita dengan perasaan bersemangat dan segar.

4. Berkomunikasi secara terbuka

"Kurangnya komunikasi adalah akar penyebab masalah dalam suatu hubungan. Itu juga yang sering kali merampas kebahagiaan dalam hubungan percintaan," ujar Harry.

Tidak mengatakan apa yang harus dikatakan hanya akan menimbulkan kebencian dan membuat kita tidak hadir sepenuhnya.

"Saya selalu memberi tahu pasangan untuk mengatakan secara terbuka apa yang dia rasakan karena keintiman sebenarnya hanya ada di dalam komunikasi," cetus dia.

Wax menambahkan, saat pasangan kita melakukan sesuatu atau berbagi sesuatu yang membuat kita merasa bahagia, maka kita harus memberi tahunya.

"Kita tidak bisa membaca pikiran orang lain dan banyak orang tidak menangkap petunjuk halus yang tampak jelas bagi orang lain," imbuh dia.

5. Aktif merencanakan sesuatu bersama

Jika kita pernah merencanakan liburan yang menyenangkan berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan sebelumnya, maka kita tahu ini adalah kekuatan untuk menciptakan kebahagiaan.

"Merencanakan sesuatu bersama dengan pasangan berarti kita akan berbagi kebahagiaan itu," ujar Wax.

"Ini bisa sesederhana merencanakan makanan apa yang akan dibuat untuk makan malam malam, atau merencanakan perjalanan impian ke tempat baru yang ingin dikunjungi berdua," kata dia.

Bagaimana pun, dengan menciptakan pengalaman yang membahagiakan bersama, maka kita dan pasangan telah memperkuat pengalaman itu sendiri.

6. Menemukan kekonyolan bersama

Jika tawa adalah puncak kebahagiaan, maka kekonyolan adalah hal paling pasti di sana.

Itu sebabnya, Harry selalu merekomendasikan kita untuk lebih sering menemukan hal-hal konyol dalam suatu hubungan.

"Secara khusus, memanfaatkan kekonyolan juga dapat menghilangkan keanehan atau ketegangan dengan segera," ungkap Harry.

"Ini bisa menjadi alat yang membantu kita saat berada dalam situasi apa pun yang mungkin terasa tidak nyaman atau sangat rentan," lanjut dia.

Ketika kita menggunakan kekonyolan untuk menjadi ekspresif, maka akan lebih mudah juga bagi kita untuk merasa nyaman menjadi diri sendiri.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/08/111412320/6-tips-kejar-kebahagiaan-dalam-percintaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke