Salin Artikel

Resep Smoothie untuk Turunkan Kolesterol, Tetap Lezat dan Bergizi

KOMPAS.com - Banyak orang menyukai smoothie karena mengandung berbagai serat dan vitamin sekaligus membuat perut terasa kenyang.

Smoothie memberi tubuh banyak nutrisi dan antioksidan, serta mampu menurunkan berat badan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Oleh karenanya, tak mengherankan bila minuman berbahan dasar buah, susu, dan sayuran ini menjadi alternatif minuman bagi orang yang sedang diet.

Tapi, di samping manfaat yang sudah disebutkan itu, smoothie juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Hal ini diungkapkan oleh Laura Burak, MS, RD, penulis "Slimdown with Smoothies" sekaligus pendiri Laura Burak Nutrition, layanan konsultasi nutrisi di AS.

Tentunya ini bisa menjadi kabar baik bagi orang-orang yang enggan mengonsumsi obat-obatan jangka panjang untuk mengontrol kadar kolesterolnya.

"Smoothie terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah yang mengandung bahan-bahan yang bila dikonsumsi secara konsisten," kata Laura.

"Dan sebagai bagian dari pola makan dan gaya hidup sehat secara keseluruhan, dapat membantu meningkatkan rasio lipid," tambahnya.

Ia menyarankan untuk membuat smoothie yang kaya serat dan lemak omega-3 yang menyehatkan, seperti menggunakan alpukat, biji-bijian, kacang-kacangan, buah dan sayuran, baik segar maupun beku.

Kandungan serat dan omega 3 dapat menurunkan kolesterol

Serat sangat penting untuk menurunkan dan menjaga kadar kolesterol.

Hal ini disebabkan serat larut yang ditemukan dalam gandum, apel, dan pir dapat membantu mengurangi kadar kolesterol yang diserap aliran darah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal menemukan bahwa makan 70 gram gandum yang mengandung sekitar 3 gram serat setiap hari menurunkan kolesterol jahat LDL dan kadar kolesterol total.

Asam lemak omega 3 telah dikenal dapat membantu menurunkan trigliserida, lemak yang ditemukan dalam darah, dan kolesterol LDL.

Sebuah laporan dari Nutrients menyatakan bahwa salah satu manfaat terbaik omega-3 bagi kolesterol adalah meningkatkan kolesterol HDL.

Adapun, kolesterol HDL dikenal sebagai kolesterol yang baik bagi tubuh seseorang.

Selain untuk menurunkan kolesterol, Laura juga membeberkan resep smoothie yang sehat dan bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Terinspirasi dari saudaranya yang ahli jantung, ia membuat resep smoothie yang terbuat dari buah-buahan kaya serat dan antioksidan. 

Bahan yang bisa dipakai seperti semangka, beri, dan kiwi, dengan jus delima, bayam, dan biji-bijian.

Menikmati smoothie sehat ini secara rutin dipercaya dapat memberikan asupan baik untuk tubuh baik demi kesehatan jantung maupun kadar kolesterol.

Tertarik mencoba?

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/10/103738620/resep-smoothie-untuk-turunkan-kolesterol-tetap-lezat-dan-bergizi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.