Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Jitu Membuat Kucing Aktif Bergerak demi Kesehatan

Sayangnya, membuat kucing berolahraga bukanlah hal mudah. Pasalnya, kucing tidak seperti anjing yang dapat kita bawa berjalan-jalan atau berlari di taman.

Namun, bergerak aktif semacam ini tetap perlu dilakukan. Sebab, kelebihan berat badan bagi kucing dapat membahayakan nyawanya.

Direktur medis VCA Animal Hospitals, Aimee Simpson mengatakan, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko berkembangnya kondisi seperti diabetes dan radang sendi.

Namun, diet intens juga bukanlah solusi terbaik. Pasalnya, penurunan berat badan terlalu cepat juga dapat membuat kucing berisiko terkena penyakit hati.

Jadi, akan lebih baik bila kita meletakkan mainan berupa pengumpan interaktif di atas mangkuknya selama waktu makan.

Lalu, bisa pula dengan memberikan lebih banyak opsi agar kucing daoar memanjat, serta berikan mainan secara bergantian agar kucing tidak bosan.

Terakhir, luangkan 5-10 menit untuk menemani kucing bermain beberapa kali dalam sehari, bukan melakukan serangkaian kegiatan sekaligus.

"Kucing diciptakan untuk kecepatan, bukan daya tahan,” ujar Simpsons.

Selain itu, mainan interaktif yang bergerak, seperti tongkat bulu atau tongkat dengan tali yang memiliki semacam boneka berbentuk mangsa alami kucing bisa membuat kucing tetap aktif.

"Mainan ini kemungkinan besar akan mengeluarkan naluri predator alami kucing, mengingat bahwa dalam pikirannya, kucing harus berburu, bukan hanya bermain," kata konsultan perilaku kucing bersertifikat Mikel Maria Delgado.

Namun jika kita ingin mengajak kucing keluar rumah, Delgado merekomendasikan untuk membeli harness, lalu latih kucing untuk memakainya.

Caranya, dengan membuat kucing memakainya di dalam rumah terlebih dahulu selama beberapa jam.

Dalam proses ini, beri kucing camilan. Lalu setelah kucing terbiasa dengan harness, kita bisa membawanya keluar, meski Deglado mengaku tak merekomendasikannya.

"Secara umum, saya tidak merekomendasikan harness untuk dipakai kucing di tempat umum, karena ada masalah keamanan yang mungkin di luar kendali," kata dia.

Selain itu, kita juga dapat mempertimbangkan untuk membangun area bermain khusus untuk kucing di dalam rumah jika halaman belakang tampak terlalu berisiko.

Misalnya, dengan membeli terowongan kucing di pet shop yang dapat dipasang di rumah dengan mudah.

Sebagai alternatif lain, kita juga bisa meletakkan selimut di atas kursi atau membuat lubang di kotak dan balikkan untuk memberi kucing ruang untuk bermain dan menjelajah.

Setelah terowongan itu terbentuk, dokter hewan Lynn Bahr juga megatakan, memindahkan terowongan dari satu kamar ke kamar lainnya akan membuat kucing menjadi lebih tertarik.

“Ini membujuk kucing untuk menjelajah lebih jauh,” ujar dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/02/090000620/tips-jitu-membuat-kucing-aktif-bergerak-demi-kesehatan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke