Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Membersihkan 5 Jenis Sepatu Berbeda dengan Mudah

KOMPAS.com - Sepatu yang kotor tidak hanya dapat mengubah tampilannya menjadi kurang baik untuk dilihat, tetapi juga dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman dan bakteri.

Oleh sebab itu, kita perlu membersihkan sepatu secara berkala agar sepatu kita bersih, terlihat bagus dan, awet dipakai.

Nah, berikut ini terdapat beberapa tips mudah membersihkan sepatu yang benar dari semua jenis bahan, yang dapat kita lakukan sendiri di rumah.

1. Sepatu kain

Sepatu kain atau fabric shoes umumnya berupa sneaker kanvas, baik bertali maupun slip on. Tapi apapun gayanya, bahan kain pada akhirnya akan kotor.

Kita mungkin menemukan beberapa tips online tentang cara membersihkan sepatu kain dengan mesin cuci.

Sayangnya, ini adalah ide yang buruk karena perputaran mesin cuci bisa sangat kuat dan dikombinasikan dengan gesekan air yang bergerak, dapat membuat sepatu melengkung bahkan sobek.

Sebagai gantinya, bersihkan permukaan kain sepatu dengan tangan menggunakan sabun pencuci piring, air hangat, sikat gigi bekas, dan handuk kertas (paper towel).

Langkah-langkahnya:

• Pertama, bersihkan bahan kain pada sepatu dengan handuk kertas kering untuk menghilangkan kotoran pada permukaan.

• Dalam mangkuk kecil, campurkan satu sendok teh cairan pencuci piring dengan dua cangkir air hangat. Lalu, celupkan sikat gigi ke dalam larutan sabun dan gosok perlahan kainnya.

• Untuk menghilangkan sisa sabun, bersihkan seluruh sepatu dengan handuk kertas yang dibasahi sedikit dengan air bersih.

• Setelah itu, seka sepatu dengan tisu kertas kering dan biarkan sepatu mengering di udara, jauhkan dari paparan langsung sinar matahari.

• Untuk membantu beberapa sepatu mempertahankan bentuknya, masukkan handuk kertas kering ke dalam sepatu sampai sepatu benar-benar kering.

Perlu diingat, jangan gunakan metode pembersihan yang terlalu basah pada sepatu beludru.

Sebagai gantinya, sikat dengan sikat berbulu lembut untuk mengangkat tumpukan kotoran dan membersihkan noda dengan pelarut pembersih kering.

2. Sepatu kulit

Untuk membersihkan sepatu kulit (leather) baik itu kulit paten maupun imitasi, mulailah dengan menyekanya dengan kain yang dicelupkan ke dalam larutan air dingin dan cuka putih dengan perbandingan yang sama.

Ini dapat bekerja sangat baik untuk menghilangkan noda atau kotoran, kemudian biarkan sepatu mengering sepenuhnya.

Untuk lecet pada sepatu kulit asli, gunakan semir komersial dan ikuti petunjuknya. Jika kita tidak memiliki semir yang cocok, basahi kain lembut dengan air dan celupkan ke dalam sedikit baking soda.

Kemudian, gosok dengan lembut area yang lecet dan bersihkan residu dengan kain bersih. Biarkan hingga kering lalu gosok kembali dengan kain bersih.

Untuk lecet pada sepatu kulit, gosok bekasnya dengan setetes petroleum jelly dan gosok dengan kain lembut.

Kembalikan kilau dengan semprotan pembersih kaca bebas amonia dan alkohol, serta penggosok dengan kain lembut.

Kunci untuk menjaga suede atau sepatu permukaan apa pun terlihat terbaik adalah perawatan secara teratur.

Permukaan harus dijaga sekering mungkin dan dibersihkan dengan sikat berbulu lembut setelah dipakai untuk menghilangkan debu dan tanah. Lalu, bersihkan noda secepat mungkin.

• Bekas noda dan lecet: Gosok perlahan dengan penghapus pensil, lalu sikat untuk mengembalikan tampilannya menjadi lebih bersih.

• Noda berminyak: Taburkan area sepatu dengan bedak bayi atau tepung maizena untuk menyerap minyak. Diamkan bedak pada noda setidaknya selama satu jam, lalu sikat. Ulangi sampai semua minyak terserap dan mulailah menyikat.

• Noda basah: Seka dengan handuk kertas atau kain untuk menyerap kelembaban. Biarkan sepatu benar-benar kering di udara, jauh dari paparan langsung sinar matahari dan sikat.

Sementara itu, untuk mengendalikan jamur dan bau pada sepatu bot kulit, kita perlu membersihkan bagian dalam sepatu bot secara teratur dengan kain yang dicelupkan ke dalam larutan pembersih dan air, diikuti dengan menggosoknya dengan air cuka 50:50 menggunakan kain bersih.

Biarkan sepatu bot mengering di udara setidaknya selama 24 jam sebelum dipakai.

4. Tali dan sol gabus sepatu wedge

Setelah kita membersihkan bagian atas kain atau kulit dari sepatu wedge, saatnya untuk menangani tali atau sol yang tertutup gabus.

Campurkan larutan empat cangkir air hangat, seperempat cangkir cuka putih, dan satu sendok teh sabun pencuci piring.

Gunakan sikat gigi atau kain bekas untuk membersihkan permukaan. Untuk sol tali, bersihkan hanya satu arah agar tali tidak berjumbai.

Setelah semuanya bersih, lap dengan kain yang dicelupkan ke dalam air biasa untuk membilas sisa sabun dan biarkan sepatu mengering.

5. Sepatu olahraga

Sebagian besar sepatu olahraga dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam mesin cuci dengan putaran lembut atau halus.

Hal ini meminimalkan agitasi yang berpotensi merusak sepatu dan dibersihkan dengan deterjen cucian yang bagus dan kuat.

Untuk melakukannya, lepaskan sol bagian dalam dan tali, lalu cuci tali secara terpisah. Bersihkan kotoran yang berlebihan dan noda berat dengan penghilang noda.

Setelah dicuci, keringkan sepatu udara tapi jangan pernah memaparkan sepatu atletik ke panas pengering yang terlalu tinggi.

Untuk mengendalikan bau dan jamur, bersihkan sol bagian dalam dengan larutan air cuka 50:50 sebelum memasangnya kembali ke sepatu atau ganti dengan pelapis baru.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/09/175347920/tips-membersihkan-5-jenis-sepatu-berbeda-dengan-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke