Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perawatan yang Tepat Membantu Kulit Tampak Lembap dan Cerah Selama Berpuasa

KOMPAS.com - Selama berpuasa, kulit bisa saja mengalami dehidrasi. Sebab, tubuh tidak menerima asupan air lebih dari 12 jam sehingga kadar air dalam tubuh berkurang secara drastis.

Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari hal itu. Terlebih, banyak yang tidak memahami perbedaan kulit kering dan dehidrasi.

Perlu diketahui, kulit dehidrasi adalah kondisi kulit yang kekurangan kadar air, sedangkan kulit kering adalah kondisi kulit yang kekurangan kadar minyak.

Dehidrasi merupakan kondisi yang bersifat sementara dan dapat terjadi pada semua jenis kulit, baik pada kulit berminyak, normal, kombinasi, maupun kering.

Tanpa air, lapisan permukaan kulit tidak mampu berfungsi sebagai lapisan pelindung dengan baik. Akibatnya, kulit kehilangan kekenyalan dan elastisitasnya.

Adapun kulit dehidrasi biasa ditandai dengan kondisi kulit yang tidak nyaman, warna kulit tidak merata, tekstur kulit yang tidak merata, serta kehilangan cahaya alaminya.

Walaupun kondisi ini bersifat sementara, Anda perlu penanganan segera jika mengalami hal itu. Ini mengingat agar kulit tidak terus menerus kehilangan air dan menyebabkan masalah kulit lebih lanjut, seperti kulit kusam hingga penuaan dini.

Untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, jagalah keseimbangan kadar air dalam kulit. Keseimbangan kadar air berperan penting dalam menjaga fungsi utama kulit sebagai pelindung tubuh dari lingkungan luar dan secara umum, menjaga kadar air dalam tubuh.

Untuk itu, dibutuhkan rangkaian perawatan kulit yang tepat dengan menyesuaikan kebutuhan. Produk perawatan yang tepat dapat membantu memperkuat skin barrier.

Memilih produk untuk kulit yang dehidrasi

Dalam memilih rangkaian perawatan kulit, carilah produk yang dapat menahan penguapan dengan memperlambat pelepasan air ke udara yang dikenal dengan istilah trans epidermal water loss (TEWL).

Selain itu, cari yang kandungannya bersifat natural moisturizing factors (NMF). Lewat sifat ini, produk punya fungsi untuk menarik air yang berada di dalam kulit.

Adapun salah satu produk yang sudah memenuhi kriteria tersebut adalah Bioderma. Produk ini mengeluarkan rangkaian produk Hydrabio yang difokuskan untuk segala jenis kulit yang sedang mengalami dehidrasi.

Seluruh rangkaian Hydrabio memiliki kandungan Aquagenium™ patent, kecuali Hydrabio Brume.

Patent ekslusif yang dimiliki oleh Bioderma terdiri dari apple seed extract dan niacinamide. Perlu diektahui, apple seed extract dapat mengaktifkan kembali proses hidrasi alami kulit serta memproduksi aquaporins atau jalur air agar air dapat menyebar secara seimbang pada kulit.

Sedangkan niacinamide berfungsi memperkuat pertahanan kulit serta membatasi jumlah TEWL sehingga kadar air pada kulit dapat selalu terjaga.

Rangkaian Hydrabio juga terdiri dari cleanser, toner, dan rangkaian treatment. Bagi pengguna, urutan pemakaian harus dimulai dari cleanser, yakni Hydrabio H20 Micellar Water.

Produk tersebut adalah pembersih tanpa bilas yang mampu mengangkat debu, makeup, dan kotoran.

Memakai produk tersebut, kulit akan terhidrasi hingga 25 persen dan terasa lembut 85 persen setelah pemakaian.

Tahapan selanjutnya adalah menggunakan toner, yakni Hydrabio Tonique. Toner ini memiliki tekstur ringan dan menghasilkan sensasi kesegaran setelah digunakan.

Toner membantu kulit jadi lebih kencang dan lembap. Pada produk Bioderma, toner diklaim mampu menghidrasi kulit wajah hingga 8 jam ke depan.

Rangkaian terakhir adalah serum, yakni Hydrabio Serum. Perlu diketahui, kunci dalam menghidrasi kulit secara mendalam terletak pada penggunaan serum. Ini mengingat kandungan serum cenderung terdiri dari partikel kecil yang mampu menjangkau lapisan terdalam pada kulit.

Produk serum tersebut mengandung dua powerful hydrating ingredients yang terdiri dari hyaluronic acid dan niacinamide.

hyaluronic acid berfungsi untuk menyerap air ke kulit, sementara Niacinamide berfungsi untuk mencerahkan kulit. Serum ini dapat menghidrasi kulit wajah secara instan hingga 61 persen setelah 2 jam penggunaan.

Penggunaan keseluruhan rangkaian Hydrabio dapat membantu kulit jadi lebih lembap dan tampak lebih cerah dari dalam. Dengan begitu, aktivitas Anda berpuasa pun tak akan mengganggu kondisi kulit.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/19/161400620/perawatan-yang-tepat-membantu-kulit-tampak-lembap-dan-cerah-selama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke