Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Container Garden serta Kelebihan dan Kekurangannya

KOMPAS.com - Memiliki lahan sempit bukan berarti kita tak bisa memanfaatkannya untuk menanam berbagai bunga, sayuran atau tanaman herba. Ada beberapa cara untuk tetap berkebun, dan container garden adalah salah satunya.

Sesuai namanya, container garden adalah taman dengan tanaman yang dikembangkan dalam container atau wadah. Ukuran wadah dan tanamannya pun dapat dikustomisasi sesuka hati.

"Ini bisa berarti memiliki pot mungil berisi herba di jendela dapur, sebuah pohon lemon di teras, atau pohon cedar besar setinggi 1 hingga 3 meter yang penuh dengan sayuran segar di halaman belakang Anda,” ujar Ashley Christian dari situs Homestead Sweet Home.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut soal container garden, simak paparan berikut.

Apa saja yang bisa ditanam dalam container garden?

Kita bisa menanam apa saja, mulai dari sayuran yang bisa kita konsumsi seperti arugula, paprika, dan bayam atau tanaman herba seperti basil, ketumbar, dan rosemary.

Bunga-bunga seperti begonia, pansy, petunia, nasturtium dan violet juga bisa kita tanam dalam container garden.

Kelebihan container garden

Memiliki container garden memberi kita beberapa keuntungan, berikut di antaranya:

Mengurangi gulma

Menanam tanaman dalam container rupanya dapat mengurangi kemampuan gulma untuk menyebar. Artinya, kita dapat mengontrol tanaman lebih baik dan memastikan tak ada gulma yang muncul.

Menjauhkan predator

Bagi yang khawatir dengan kehadiran predator seperti rusa, kelinci, atau lainnya, container yang dekat dengan jendela dan pintu yang ramai dapat menjauhkan predator-predator itu.

Menghindari pertumbuhan berlebihan

Jika memiliki tanah berkualitas buruk atau khawatir tentang perubahan kondisi cuaca, container garden dpat memberi kita kendali penuh.

"Container memudahkan perawatan tanaman yang rewel atau tanaman yang membutuhkan jenis tanah, pH, atau nutrisi tertentu," kata Amy Andrychowicz, pakar berkebun dan pendiri Get Busy Gardening.

Mudah memindahkannya

Jika suatu tempat mendapat sinar matahari yang bervariasi tergantung musim, kita bisa memindahkannya dengan mudah.

"Jika tanaman tidak senang di lokasi tertentu, Anda memiliki fleksibilitas untuk bermain-main dengan pengaturan dan menemukan tempat berkembang yang tepat," kata Rebecca Sears, ahli berkebun dari Ferry-Morse.

“Estetik”

Sears mengatakan bahwa salah satu kelebihan container garden adalah kita dapat mengkreasikan desain unik dengan tanaman dan pot favorit kita.

"Banyak orang dengan pekarangan besar memiliki container garden hanya untuk tujuan estetika. Taman ini bagus untuk menambahkan warna dan kehidupan ke beranda depan atau sudut kosong teras,” tambah Andrychowicz.

Membuat kita dapat menanam sepanjang tahun

"Container gardening merupakan cara menyenangkan untuk membawa tanaman ke hampir semua ruang, di mana saja, dan di musim apa pun!" kata Angie Daugirda dari Organic Plant Magic.

Ya, sayuran, bunga, rempah-rempah, dan buah-buahan dapat tumbuh subur di luar ruangan selama bulan-bulan hangat dan di dalam ruangan ketika cuaca di luar kurang ideal.

Kekurangan container garden

Meski memiliki banyak manfaat, container garden juga memiliki beberapa kekurangan.

Tanaman akan membesar lebih dari wadahnya

Meski container dapat memperlambat pertumbuhan tanaman agar lebih mudah dikelola, tanaman pada akhirnya dapat tumbuh lebih besar dari wadahnya.

Tanaman dengan akar yang besar dan luas pada akhirnya akan membutuhkan wadah yang lebih besar untuk menyediakan tanah dan nutrisi yang mereka butuhkan,” kata penulis dan gardener Charlotte Ekker Wiggins.

Namun, itu bisa ditangani dengan repotting, meski merepotkan.

Tanahnya bisa kering dengan cepat

Karena tidak menahan air seperti tanah kebun, container garden akan mengering lebih cepat daripada kebun di dalam tanah dan membutuhkan penyiraman yang sering.

Plus, jika ditanam di dalam rumah, tanaman tidak akan mendapat manfaat dari hujan.

Selain itu, Joanna VonBergen dari Gingham Gardens mangatakan bahwa karena container garden lebih sering disiram, artinya tanaman perlu dipupuk lebih sering dibandingkan tanaman di dalam tanah.

Dapat mengundang rasa penasaran hewan perliharaan

Wiggins menambahkan bahwa hewan peliharaan juga bisa menjadi tantangan, terutama karena anjing dan kucing suka menggali tanah atau menggunakan tanah sebagai toilet, baik di dalam maupun di luar rumah.

"Menambahkan batu besar sehingga tanah dapat disiram secara merata dapat mencegahnya,” ujarnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/29/161307520/mengenal-container-garden-serta-kelebihan-dan-kekurangannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke