Salin Artikel

Hepatitis Akut Misterius Tak Ada Kaitannya dengan Vaksin Covid-19

Spekulasi itu tersebar oleh hipotesis yang menyatakan pada sebagian pasien hepatitis akut misterius ini ditemukan adenovirus.

Adenovirus adalah virus umum yang menyebabkan berbagai penyakit seperti pilek, demam, sakit tenggorokan, bronkitis, pneumonia dan diare.

Di samping itu, adenovirus ini kerap dimanfaatkan untuk membuat beberapa jenis vaksin Covid-19. Sehingga muncul anggapan kalau hepatitis akut diakibatkan oleh vaksin Covid-19.

Apakah spekulasi itu benar?

Menanggapi hal tersebut, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof. Dr. dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD, KHOM, SpPD KHOM, mengatakan, spekulasi itu tidak benar.

"Sempat netizen mengaitkan dengan vaksin covid, yang memang ada vaksin dibuat memanfaatkan adenovirus. Namun ini tidak benar," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (4/5/2022).

Wabah hepatitis akut misterius yang diderita sebagian anak dan remaja di dunia termasuk Indonesia tidak ada kaitannya dengan vaksin Covid-19.

Hipotesis tersebut tidak dukung dengan data, sebab sebagian besar anak-anak yang terkena hepatitis misterius ini justru belum menerima vaksinasi Covid.

Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO), mayoritas anak yang menderita hepatitis akut tersebut berada di rentang usia di bawah lima tahun.

Pada usia tersebut, anak-anak di banyak negara termasuk di Indonesia belum bisa mendapatan vaksin Covid-19.

"Ini tidak benar, karena tidak ada bayi dan balita yang divaksin covid," papar dia.

Sementara itu, para ahli tengah menyelidiki adenovirus yang diduga menjadi penyebab hepatitis akut misterius tersebut.

Sebagian ditemukan adanya adenovirus 41 pada kasus tersebut. Sebagian lainnya ditemukan SARS-CoV-2 dan dugaan lainnya dipicu berapa penyebab lain.

Adenovirus tipe 41 ini belum pernah terkait dengan hepatitis dan patogen umum ini biasanya dapat sembuh sendiri, tergantung kondisi kesehatan pasien.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/05/04/155339320/hepatitis-akut-misterius-tak-ada-kaitannya-dengan-vaksin-covid-19

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.