Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saat Sakit Gigi Menyerang, Kapan Seharusnya untuk Berobat ke Dokter?

Nyeri gigi yang dirasakan itu memiliki tingkat keparahan yang bervariasi tergantung penyebab yang mendasarinya.

Ada yang merasa keluhannya sudah begitu parah namun ada pula anggapan jika kondisinya masih tergolong ringan.

Lantas, kapan seharusnya kita berobat ke dokter ketika sakit gigi menyerang?

Kondisi tersebut bisa saja menjadi suatu tanda bahwa ada yang tidak beres dengan kondisi kesehatan mulut kita.

Pasalnya, penyebab sakit gigi dapat dipicu oleh banyak faktor, seperti adanya infeksi bakteri pada rongga gigi atau disebabkan reaksi dari makanan atau minuman tertentu.

Melansir laman WebMD, sebaiknya temui dokter gigi sesegera mungkin ketika sakit gigi berlangsung selama satu atau dua hari.

Meskipun nyeri yang dirasakan cukup ringan, namun kondisi tersebut bisa memburuk seiring waktu bila tidak ditangani dengan cara yang tepat.

Bahkan keterlambatan penanganan sakit gigi dapat menyebabkan rasa nyeri yang cukup hebat hingga pengobatan yang diperlukan akan lebih memakan waktu dan biaya.

Kemudian jangan tunda untuk berobat ke dokter jika sakit gigi juga ditandai oleh gejala lain seperti demam, sakit telinga, nyeri saat membuka mulut.

Dua hal yang terpenting dalam mengatasi sakit gigi adalah identifikasi penyebabnya serta pengobatan yang tepat.

Beberapa di antaranya mencakup gigi yang abses atau infeksinya terlihat jelas, adanya trauma gigi yang meliputi gigi lepas, pendarahan hebat bahkan gigi patah.

Kemudian gigi berlubang yang tambalannya sudah rusak, hingga nyeri tak tertahankan juga perlu mendapatkan penanganan medis dengan segera.

Untuk itu, segera atur jadwal untuk berobat ke dokter agar kondisinya tidak semakin parah dan tidak menjalar ke mana-mana.

Tips mengatasi sakit gigi di rumah

Jika kebetulan kita berhalangan bertemu dokter dalam waktu yang cepat, ada beberapa cara yang dapat meringankan rasa nyeri pada gigi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/03/153000120/saat-sakit-gigi-menyerang-kapan-seharusnya-untuk-berobat-ke-dokter-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke