Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Barang di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Baking Soda

Bahkan mengutip Homes & Gardens, ada setidaknya lima barang di rumah yang dapat dibersihkan dengan baking soda.

  • Jendela

Jika tidak ingin menggunakan produk dengan bahan kimia yang keras, baking soda bisa jadi solusi yang lebih ramah lingkungan untuk membersihkan jendela.

Menurut pakar kebersihan Megan Slack, kita hanya perlu mengaplikasikan baking soda ke lap basah dan mengelapkannya ke jendela, lalu menggantinya dengan lap lain dan menggosoknya hingga bersih.

Slack mengatakan, noda membandel yang disebabkan karena kerak atau minyak dapat dihilangkan hanya dengan mengelapkan baking soda ke jendela lalu menyemprotnya dengan sedikit cuka sebelum kemudian mengelap dan menggosoknya.

  • Oven

Baking soda juga dapat digunakan untuk membersihkan oven lho.

Kita hanya perlu membuat pasta dari baking soda dan air lalu menggosokkannya ke area permukaan oven.

Selain itu, menyemprotkan pasta baking soda yang dicampur dengan cuka yang dibiarkan berbusa juga dapat menghilangkan noda membandel pada oven.

Kita bisa mengulangi penyemprotan hingga sisa noda makanan yang membandel dapat dibersihkan dengan mudah.

  • Karpet dan gorden

Penulis, blogger, dan influencer yang dikenal sebagai “Queen of Clean,” Lynsey Crombie juga merekomendasikan kita untuk menyemprotkan baking soda untuk membersihkan karpet, gorden, dan permukaan berbahan kain lainnya.

“Campurkan air setengah mendidih, dua sendok teh baking soda, dan satu tutup botol pewangi pakaian favorit kita ke dalam sebuah botol semprot, biarkan selama satu setengah jam agar tercampur rata, lalu semprotkan ke karpet dan gorden,” kata Crombie.

Namun, jangan menyemprotkannya terlalu dekat dan ambil jarak sekitar 20cm dari permukaan kain tersebut saat menggunakannya.

Lalu, hati-hati menggunakannnya saat ada anak-anak dan hewan peliharaan.

  • Shower

Jika memiliki kamar mandi dengan shower box di rumah, kita bisa membersihkannya dengan baking soda.

Pasalnya, kapur bisa menempel di seluruh permukaan shower.

Untuk itu, hilangkan kapur dengan menggunakan kain mikrofiber basah yang telah diberi taburan baking soda dan beberapa tetes cairan pencuci piring di atasnya, gosok sedikit kain agar berbusa, lalu lap shower screen (kaca shower box) dengan kain itu.

Kemudian, untuk bagian shower tray atau lantai dasar shower box, taburkan sedikit baking soda ke lantainya, tambahkan sedikit cairan pencuci piring, lalu gosok dengan sikat basah.

Setelah itu, bilas lantai dengan air panas dan keringkan dengan kain kering. Tirai shower juga bisa dibersihkan dengan kain yang sama jika mau.

  • Mug porselain

Senang minum teh atau kopi namun sering kesal karena noda membandel yang ditimbulkannya?

Jika iya, baking soda bisa membantu.

Menurut Global Editor in Chief Homes & Gardens Lucy Searle, ia membersihkan mug dengan menaburkan sedikit baking soda ke atas sabut pencuci lalu menggosok mug dengan cukup kuat selama lima menit.

Setelah digosok selama lima menit, kita hanya perlu memasukkannya ke dishwasher atau membilasnya di bawah air mengalir. Mug pun akan kembali seperti baru.

Barang berbahan porselain lainnya pun bisa dibersihkan dengan cara yang sama.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/10/155001120/5-barang-di-rumah-yang-bisa-dibersihkan-dengan-baking-soda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke