Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanpa Miss Universe, Puteri Indonesia 2023 Janjikan Banyak Hal Baru

Sebanyak 10 finalis Puteri Indonesia 2023 telah terpilih melalui ajang Pemilihan Puteri Indonesia Daerah.

Mereka di antaranya berasal dari Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Lampung, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Banten, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur dan Bali.

Kemudian untuk melengkapi perwakilan finalis dari provinsi lainnya, Yayasan Puteri Indonesia menggelar acara audisi nasional Pemilihan Puteri Indonesia di Graha Mustika Ratu, Jakarta, tanggal 1-2 Maret 2023.

Setidaknya sudah ada 150 peserta yang mewakili dari berbagai provinsi di Indonesia siap berkompetisi untuk menjadi wakil terbaik dari provinsinya masing-masing.

Ketua Dewan Penasehat yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani mengatakan bahwa audisi nasional Pemilihan Puteri Indonesia 2023 akan banyak menghadirkan sesuatu yang baru meski tidak lagi bersama dengan Miss Universe.

Di momen audisi ini juga hadir sebagai juri Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani, Ketua Pemilihan Puteri Indonesia Nasional, Kusuma Ida Anjani dan Ketua Bidang Komunikasi, Mega Angkasa.

Wildcard untuk finalis dari tahun sebelumnya

Perbedaan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, Yayasan Puteri Indonesia kini akan memberi kesempatan kedua atau enam tiket wildcard pada para peserta.

Tak hanya memilih 39 finalis Puteri Indonesia dari 34 Provinsi, akan ada beberapa peserta lain yang berkesempatan ikut serta.

Wildcard ini merupakan kesempatan kedua untuk masuk ke babak grand final bagi empat peserta yang memenangkan voting Puteri Indonesia Favorit dari 34 provinsi dan dua wildcard bagi alumni Puteri Indonesia yang belum pernah dikirim ke ajang internasional.

"Wildcard ini pertama kali kami lakukan di tahun ini. Tujuannya memang untuk memberikan kesempatan kedua bagi para alumni," kata Putri Kus Wisnu Wardani.

"Mungkin para alumni sejauh ini sudah meningkatkan kapasitas dirinya sehingga kami melihat kenapa tidak untuk memberikan kesempatan kedua di tahun ini untun kembali berkompetisi dan dilihat jutaan pasang mata di Indonesia,"

Kesempatan melenggang di ajang internasional

Yayasan Puteri Indonesia memang sudah tidak lagi bersama Miss Universe, namun semua pemenang di ajang ini bisa memiliki kesempatan yang sama di ajang internasional.

Kesempatan ini khususnya bagi peraih gelar Puteri Indonesia 2023 yang akan berkesempatan untuk dikirim ke ajang Miss International.

Sedangkan runner up pertama akan dikirim ke ajang Miss Supranational dan untuk runner up kedua sudah ada kontes kecantikan berskala internasional lainnya yang didaftarkan.

"Ajang internasional lainnya memang sudah ada yang kami approach namun belum bisa dibagikan sekarang," kata Putri.

Namun kriteria ini terus dikembangkan sesuai dengan perubahan zaman misalnya pada kategori beauty yang dulu dikenal cantik itu tidak harus kulit putih atau rambut lurus.

Penampilan para finalis Puteri Indonesia 2023 akan lebih bervariasi dengan kecantikan perempuan Indonesia.

Sedangkan untuk kategori brain, kriteria ini tidak semata-mata menggambarkan wanita cerdas bermodal paras cantik saja, tapi juga seorang wanita juga perlu mengutamakan pendidikan.

"Itulah yang membuat kami untuk selalu mendorong Puteri-puterinya untuk kemudian sekolah atau menempuh pendidikan yang lebih tinggi,"

"Prinsip ini pun sudah kami jalankan dan tidak dimiliki pageant lainnya," ujar Putri.

Untuk kriteria terakhir adalah behavior agar Puteri Indonesia mempunyai tata krama baik, moralitas, etika dan intergritas.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/03/04/091500020/tanpa-miss-universe-puteri-indonesia-2023-janjikan-banyak-hal-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke