Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui

Meskipun ada banyak ide tanaman hias yang baik untuk rumah, tapi tahukah bahwa beberapa tanaman sebenarnya juga bisa membawa keberuntungan ke dalam rumah?

Menurut tradisi seni kuno Feng Shui, beberapa tanaman tertentu memang dapat membawa kesehatan, kemakmuran, dan kepositifan secara keseluruhan ke dalam hidup kita.

Oleh sebab itu, jika kita ingin meletakkan tanaman di rumah, sebaiknya pilihlah tanaman yang memiliki potensi untuk semua kebaikan itu.

Jadi, tanaman hias apa yang sebaiknya kita tambahkan ke rumah jika kita ingin memaksimalkan peluang untuk menikmati sedikit keberuntungan?

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini.

Tanaman hias pembawa keberuntungan menurut Feng Shui

Ada banyak tanaman hias yang diketahui paling beruntung.

Namun, menurut penelitian PA Casino, tanaman paling populer untuk membawa keberuntungan ke dalam rumah adalah anggrek.

Menurut prinsip Feng Shui, menempatkan anggrek dengan warna yang berbeda di sekitar rumah bisa memberikan keberuntungan, terutama di bidang cinta dan kemitraan.

Selain itu, meletakkan anggrek ungu di dekat jendela juga diklaim dapat memberikan keberuntungan yang lebih baik dalam bisnis atau karier.

"Anggrek memang memiliki sejarah yang kaya akan simbolisme dan makna budaya, yang dapat membuatnya beruntung bagi sebagian orang."

Demikian penuturan Philip Crowther, pakar tanaman hias dan direktur pengembangan bisnis di Prestige Flowers.

"Dalam banyak budaya, anggrek juga diasosiasikan dengan cinta, keindahan, dan kemewahan."

"Dalam Feng Shui, anggrek dikatakan mewakili kesuburan dan kelimpahan, menjadikannya pilihan populer bagi mereka yang ingin menarik cinta dan kemakmuran ke dalam hidup mereka," sambung dia.

Namun, anggrek bukanlah satu-satunya tanaman yang dapat membawa keberuntungan.

Tanaman giok atau jade plant juga secara tradisional dianggap membawa keberuntungan dalam bentuk kemakmuran finansial karena daunnya yang berbentuk bulat menandakan kelimpahan.

Di samping itu, tanaman ini juga merupakan salah satu tanaman hias yang paling mudah dirawat.

Lalu, ada pula snake plant atau tanaman ular, dengan daunnya yang hijau dan panjang, dikatakan dapat memberikan perlindungan bagi rumah, serta membawa keberuntungan secara pribadi dan finansial.

Selain dari makna simbolisnya, tanaman ini juga dapat membantu menyaring udara di rumah yang secara efektif membuang racun seperti formaldehida dan benzena.

Selain pilihan-pilihan ini, Philip menjelaskan bahwa dalam hal simbolisme, salah satu tanaman hias yang paling beruntung adalah pohon uang atau money tree (Pachira aquatica).

Kedengarannya memang bagus, tapi mengapa dianggap sebagai tanaman pembawa keberuntungan?

"Money tree sering dikaitkan dengan kekayaan, kemakmuran, dan keberuntungan, serta diyakini membawa kesuksesan finansial bagi mereka yang memeliharanya di rumah atau kantor," katanya.

"Simbolisme pohon ini berasal dari batangnya yang dikepang, yang konon menyerupai seikat uang," terang Philip.

Lima daun pada setiap batang tanaman dikatakan mewakili lima elemen Feng Shui, yakni kayu, air, tanah, logam, dan api.

Menurut prinsipnya, memiliki kelima elemen yang seimbang dapat membawa keberuntungan dan keharmonisan pada sebuah ruangan.

Tetapi, baik itu mengikuti prinsip-prinsip tradisional atau tidak, sekarang kita semua sangat menyadari manfaat kesehatan positif dari tanaman hias secara fisik maupun mental.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa tanaman hias dalam ruangan dapat meningkatkan kualitas udara, mengurangi tingkat stres, dan bahkan meningkatkan produktivitas di lingkungan kerja," kata Philip.

"Dalam hal ini, ada kemungkinan bahwa memiliki tanaman hias di rumah atau tempat kerja bisa berkontribusi pada rasa positif dan kesejahteraan secara keseluruhan, yang mungkin dianggap sebagai keberuntungan oleh sebagian orang," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/04/25/170449620/tanaman-hias-pembawa-keberuntungan-menurut-feng-shui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke