Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Radio Taiso, Rahasia Panjang Umur Orang Okinawa

Namun ramuan untuk hidup panjang dan bahagia tidak lengkap tanpa aktivitas fisik.

Tentu saja, ada manfaatnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana orang-orang yang hidup paling lama di dunia menggerakkan tubuh setiap hari.

Hal tersebut dilakukan oleh Héctor García dan Francesc Miralles.

Kedua penulis "Ikigai: Rahasia Jepang untuk Hidup Panjang dan Bahagia" itu berbicara dengan lebih dari 100 orang tertua di Okinawa, Jepang -sebuah zona biru dengan konsentrasi centenarian tertinggi di dunia.

García dan Miralles mendapatkan gambaran tentang perilaku sehari-hari para centenarian Okinawa, termasuk bagaimana mereka menggerakkan tubuh mereka.

"Kita tidak perlu pergi ke gym selama satu jam setiap hari atau lari maraton," tulis García dan Miralles.

"Seperti yang ditunjukkan oleh para centenarian Jepang, yang kita butuhkan hanyalah menambahkan gerakan pada aktivitas harian kita."

Olahraga 5 menit yang dilakukan oleh orang yang berumur paling panjang di Jepang setiap hari dikenal dengan nama radio taiso.

Hampir semua orang yang diwawancarai García dan Miralles mengaku melakukan radio taiso, sebuah latihan populer dari Jepang yang sudah ada sejak bertahun-tahun silam.

"Bahkan penghuni panti jompo yang kami kunjungi mendedikasikan setidaknya lima menit setiap hari untuk latihan ini."

"Meskipun beberapa di antaranya melakukan latihan dari kursi roda," tulis kedua peneliti tersebut.

Radio tais?, yang diterjemahkan menjadi "latihan radio" mendapatkan namanya karena instruksi untuk gerakan-gerakannya disiarkan di radio pada tahun 1929.

Saat ini, radio taiso masih disiarkan setiap hari pada pukul 6:30 pagi di salah satu stasiun radio tertua di Jepang, NHK.

Demikian penjelasan yang tertuang dalam situs yang didedikasikan untuk latihan tersebut.

Gerakan-gerakannya berintensitas rendah, bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai hari, dan hanya membutuhkan waktu sekitar tiga menit untuk menyelesaikannya.

Tujuan utama dari radio taiso adalah untuk mempromosikan semangat persatuan di antara para peserta, menurut García dan Miralles.

Latihan ini biasanya dilakukan dalam pengaturan kelompok, termasuk di sekolah sebelum belajar dan di tempat usaha sebelum bekerja, tambah mereka.

"Salah satu latihan radio taiso yang paling ikonik adalah dengan mengangkat tangan di atas kepala dan menurunkannya dengan gerakan melingkar," tulis para penulis.

"Ini mungkin terlihat sederhana, tetapi dalam kehidupan modern kita, kita bisa menghabiskan waktu berhari-hari tanpa mengangkat tangan di atas telinga."

Yoga dan tai chi juga merupakan latihan yang umum dilakukan oleh para lansia di Jepang.

"Tapi jika kita tidak menyukai salah satu dari disiplin ilmu ini, silakan pilih latihan yang paling sukai dan membuat tubuh bergerak," tulis García dan Miralles.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/06/19/183904520/radio-taiso-rahasia-panjang-umur-orang-okinawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke