Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gaya Vintage dan Modern pada Jaeger-LeCoultre Master Control Baru

KOMPAS.com - Koleksi Master Control dari Jaeger-LeCoultre diakui sebagai perpaduan antara jam tangan klasik dan modern sejak pertama kali diciptakan sekitar tiga dekade lalu.

Saat itu, JLC membuat Master Control sebagai bentuk penghormatan terhadap tradisi dan inovasi perusahaan yang selalu berkembang.

Nama Master Control diambil dari sertifikasi "1.000 Hour Control", dan merupakan jam tangan pertama yang menjalani protokol pengujian ketat tersebut.

Uji coba tidak hanya dilakukan di bagian mesin, tetapi juga jam tangan secara keseluruhan, dan sejak itu menjadi standar untuk semua koleksi JLC.

Kini, watchmaker yang berbasis di Le Sentier, Swiss tersebut membawa varian baru bernama Master Control Chronograph Calendar.

Master Control Chronograph Calendar memiliki proporsi yang harmonis dan desain sederhana, terinspirasi dari jam tangan bulat ikonik perusahaan pada era 1950-an dan 1960-an seperti Memovox dan Futurematic.

Berbagai detail yang halus tampak pada fitur kronograf dan kalender. Dial dikelilingi oleh skala pulsometrik di sekitar flange dengan warna merah, yang berfungsi membaca detak jantung.

Warna merah kembali muncul pada tiga subdial dan jendela hari dan bulan.

Indikasi untuk dua komplikasi, yaitu kalender dan kronograf diletakkan secara seimbang. Subdial kronograf 30 menit berada di posisi jam 3, sejajar dengan subdial penghitung detik di posisi jam 9.

Sentuhan azurage pada ketiga subdial, ditambah warna biru pada fitur fase bulan menciptakan kontras yang mencolok dari permukaan dial hitam yang bermotif sinar matahari (sunray brushed).

Warna pink gold pada jarum Dauphine dan penanda jam berbentuk trapesium dipilih untuk meningkatkan keterbacaan waktu.

Dengan dimensi 40 x 12,05 milimeter, serta bezel dan lugs yang melengkung, cangkang Master Control pink gold 18 karat menghasilkan kesan elegan sekaligus santai dan sederhana.

Teknik satin brushing pada sisi-sisi cangkang dan lugs disempurnakan oleh bezel, crown, dan tepian lugs yang dipoles.

Jika jam tangan dibalik, pengguna dapat menyaksikan ukiran di bezel belakang dan kaca kristal safir yang mengungkap gerakan mesin otomatis kaliber 759.

Mesin kronograf ini memiliki cadangan daya 65 jam, dilengkapi mekanisme kronograf roda kolom disertai kopling vertikal, serta kalender dengan tampilan fase bulan.

Detail mesin yang terlihat jelas melalui kaca di bagian belakang meliputi dekorasi Cotes de Geneve, sekrup berwarna biru, dan rotor emas terbuka bermotif "JL".

Mesin tersebut dirancang, diproduksi, dan dirakit di pabrik JLC di Le Sentier, Swiss.

Tali bermotif kulit buaya hitam menyempurnakan desain Jaeger-LeCoultre Master Control Chronograph Calendar ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/06/20/175843520/gaya-vintage-dan-modern-pada-jaeger-lecoultre-master-control-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke