Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanaman Hias yang Bisa Jadi Hadiah, Salah Satunya Calathea

Banyak tanaman hias memiliki makna simbolis yang mewakili persahabatan, cinta, kemakmuran, serta membawa kegembiraan dan keindahan ke dalam rumah.

Tanaman hias juga memiliki umur lebih panjang, bertahan lebih lama daripada sebuah buket bunga atau sebotol anggur.

Saat memberikan hadiah, carilah tanaman hias yang mudah dirawat dan tidak beracun bagi hewan peliharaan, jadi pastikan untuk memilih opsi yang aman.

Untuk sentuhan ekstra yang istimewa, taruhlah tanaman hias di dalam pot dalam wadah dekoratif yang senada dengan dekorasi rumah si penerima hadiah.

Tanaman hias yang bisa jadi hadiah

Dilansir dari laman Real Simple, berikut adalah beberapa jenis tanaman hias yang bisa dipilih untuk dijadikan sebagai hadiah.

Dijuluki tanaman Swiss cheese, monstera dikenal lewat daunnya yang lebar dan memiliki lubang-lubang alami yang tidak beraturan.

Tanaman ini dapat tumbuh cukup besar, mencapai tinggi dan lebar 90 cm, jadi pastikan penerima hadiah memiliki cukup ruang untuk mengakomodasi pertumbuhannya.

Monstera melambangkan kehormatan, rasa hormat, dan umur panjang, menjadikannya hadiah yang luar biasa untuk para tetua dan orang yang kita sayangi.

Mengingat popularitasnya, kita tidak akan salah memilih monstera sebagai hadiah pindahan rumah.

Snake plant adalah permata arsitektur, dengan dedaunan tebal seperti pedang yang menciptakan garis-garis vertikal yang kuat.

Beberapa varietas tersedia, dengan bentuk dan pola daun yang bervariasi, dan masing-masing tumbuh dengan ukuran yang berbeda.

Tanaman ini juga dikatakan membawa keberuntungan dan melambangkan keteguhan hati.

Ini tampaknya cocok menjadi hadiah untuk seseorang yang memulai pekerjaan baru.

Melambangkan pertumbuhan, kemakmuran, dan pembaharuan, jade plant adalah hadiah yang cocok untuk pindahan rumah, ulang tahun, hari jadi, dan perayaan lainnya.

Jade plant juga mudah dirawat karena tanaman ini menyukai kondisi hangat dan kering yang ditemukan di sebagian besar rumah.

Selain itu, jade plant juga mudah dirawat, yang membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk dihadiahkan kepada orang tua.

Jade plant mengembangkan batang berkayu dari waktu ke waktu dan dapat berumur panjang sehingga tanaman ini mampu bertahan selama beberapa dekade dengan perawatan yang tepat.

Tanaman hias ini banyak disukai karena bunganya cantik berwarna putih gading dan dedaunannya yang mengilap.

Sebagai simbol kedamaian, harapan, kenyamanan, dan simpati, peace lily sering kali diberikan kepada seseorang yang kehilangan orang yang dicintai.

Karena sifatnya yang abadi, tanaman hias ini terus memberikan kenyamanan selama proses penyembuhan.

Tanaman ini juga merupakan hadiah yang bijaksana untuk seseorang yang sedang berjuang dalam hidupnya, memberikan pengingat akan kedamaian dan kenyamanan.

Tanaman hias yang kuat ini tumbuh lambat dan mudah dirawat.

Nama umum berasal dari kecenderungan daunnya untuk melipat bersama di malam hari, seperti tangan yang sedang berdoa.

Simbolisme ini juga membuatnya menjadi hadiah yang bijaksana untuk seseorang yang membutuhkan kenyamanan.

Meskipun Calathea membutuhkan sedikit lebih banyak perawatan daripada snake plant atau jade plant, namun tanaman ini tidak terlalu sulit untuk dirawat.

Di antara spesies termudah dalam kelompok ini adalah rattlesnake plant (Calathea lancifolia) yang memiliki daun panjang dan sempit dengan tepi berombak.

Permukaan dedaunan yang berwarna hijau cerah terlihat dengan tanda gelap yang bergerak dalam pola bergantian di sepanjang daun dan bagian bawahnya memiliki warna ungu yang kaya.

Calathea melambangkan awal yang baru, menjadi hadiah yang luar biasa bagi seseorang yang memulai pekerjaan baru, pindah ke rumah baru, atau membuat awal yang baru dalam hidup.

Anggrek putih melambangkan kepolosan, sedangkan merah melambangkan cinta yang membara.

Sementara itu, anggrek kuning adalah simbol persahabatan atau awal yang baru, dan anggrek ungu melambangkan kekaguman dan rasa hormat.

Terlepas dari acara apa pun, kita tidak akan pernah salah memberikan hadiah anggrek.

Meskipun tanaman hias ini memiliki reputasi sebagai tanaman yang cukup ribet, tetapi banyak juga anggrek yang cukup mudah dirawat, terutama anggrek Phalaenopsis atau anggrek ngengat.

Anggrek mempertahankan bunganya selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Beberapa orang memperlakukannya seperti buket yang tahan lama, membuangnya setelah bunga terakhir memudar, tetapi bagi mereka yang menyukai tantangan, tidak terlalu sulit untuk mendorong mekar kembali.

Saat memilih anggrek, pilihlah anggrek yang belum mekar untuk memastikan tampilan yang lebih lama.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/07/14/190838120/7-tanaman-hias-yang-bisa-jadi-hadiah-salah-satunya-calathea

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke