Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Ice Hack Diet yang Diklaim Ampuh Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Belakangan, ice hack diet tengah viral karena konon dapat membantu menurunkan berat badan tanpa harus berolahraga atau mengubah pola makan.

Tentunya ini menuai rasa penasaran sekaligus sikap skeptis dari publik, khususnya para ahli kesehatan.

Apa itu ice hack diet?

Ice hack diet adalah metode yang didasarkan pada gagasan bahwa orang dengan suhu dalam tubuh yang rendah dapat memetabolisme lemak dengan lebih baik.

Diet ini dilakukan dengan cara minum segelas air es sebelum tidur, konon untuk menurunkan suhu tubuh, lalu mengonsumsi suplemen penurun berat badan yang disebut Alpilean.

Suplemen ini terdiri dari enam zat, dua di antaranya memiliki beberapa manfaat kesehatan yang diketahui dan aman walaupun tidak terkait dengan penurunan berat badan.

Tetapi hanya ada sedikit data atau penelitian tentang keamanan dan kemanjuran dari empat zat lainnya.

Namun suplemen tersebut laris manis di Amerika Serikat setelah popularitasnya meningkat di internet.

Cara kerjanya

"Diet bekerja berdasarkan peran suhu tubuh dan energi yang dibutuhkan untuk mempertahankan suhu inti tubuh, yang merupakan bagian dari metabolisme dasar kita," jelas Zeratsky.

Dalam ice hack diet ini, pengaturan suhu tubuh seperti itu dikatakan terjadi dengan makan es atau minum air yang sangat dingin dan dengan mengonsumsi suplemen.

Sementara itu, kandungan suplemen pendukung diet ini menargetkan suhu tubuh dalam dengan sejumlah kandungannya seperti ganggang emas, kacang dika, daun pohon paha, jeruk bigarade, jahe dan kunyit.

Terlepas dari klaim perusahaan, Zeratsky mengatakan tidak ada data yang dapat diandalkan soal berbagai kandungan tersebut.

"Kacang dika mungkin memiliki efek pencahar dan penurun glukosa darah,' katanya.

"Tetapi orang yang mengonsumsi obat diabetes atau mereka yang berencana atau pulih dari operasi diperingatkan untuk tidak meminumnya karena dapat menyebabkan kadar glukosa darah rendah," tambah pakar kesehatan ini.

Sedangkan jahe dan kunyit memang tergolong aman sebagai kandungan suplemen tapi tidak ada data signifikan soal manfaatnya untuk menurunkan berat badan.

Apakah ice hack diet ampuh menurunkan berat badan?

Sejumlah influencer mengklaim diet ini dapat menurunkan berat badan secara efektif.

Namun  para ahli mengatakan tidak ada hal yang membuktikan jika diet tersebut benar-benar berguna selain juga adanya tanda bahaya dari cara tersebut.

"Kualitas, kemurnian, ketepatan dosis dan kontaminan potensial menjadi perhatian karena ini merupakan produk yang tidak diatur," jelas Zeratsky.

Meski demikian, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa diet es efektif untuk menurunkan berat badan.

"Teorinya adalah tubuh membakar kalori dengan menggunakan energi untuk menghangatkan dan/atau mencairkan es untuk mencapai suhu tubuh sambil juga memberikan rasa kenyang," tandasnya.

Namun ditambahkan bahwa penelitian telah mengeksplorasi efek tersebut dengan hasil yang tidak meyakinkan.

Messer juga memperingatkan agar tidak mengunyah es karena dapat menyebabkan masalah gigi.

Alih-alih menjalani ice hack diet, dia merekomendasikan untuk mempertahankan pola makan seimbang, melakukan aktivitas fisik secara teratur, dan berfokus pada kebiasaan gaya hidup secara keseluruhan.

"Ini adalah cara yang lebih efektif untuk mengelola dan mengoptimalkan metabolisme," pungkasnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/07/25/151332620/apa-itu-ice-hack-diet-yang-diklaim-ampuh-menurunkan-berat-badan-tanpa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke