Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Alami Atasi Rasa Mual Ibu Hamil di Pagi Hari

KOMPAS.com - Lebih dari setengah wanita yang sedang hamil mengalami mual di pagi hari atau morning sickness. Biasanya, ini adalah tanda awal kehamilan yang umum, tetapi gejala tersebut cenderung mereda setelah mencapai minggu ke-12 kehamilan.

Morning sickness ini terjadi karena peningkatan kadar estrogen, kadang-kadang rendahnya gula darah, dan sensitivitas yang lebih tinggi terhadap bau.

Secara umum, mual di pagi hari tidak membahayakan ibu hamil atau bayinya. Namun, jika muntahnya parah, dokter bisa mendiagnosisnya sebagai hiperemesis gravidarum.

Hiperemesis gravidarum biasanya ditandai dengan gangguan elektrolit, penurunan berat badan, serta mual dan muntah yang parah. Kadang-kadang, kondisi ini memerlukan perawatan di rumah sakit.

Bagi kebanyakan wanita, mual pagi dapat diatasi secara alami dengan mengubah pola makan dan lingkungan sehari-hari.

Makanan yang sebelumnya disukai calon ibu, kini bisa menjadi pemicu mual di pagi hari. Untuk itu, dengarkan tubuh kamu dan hindari makanan yang membuat gejala semakin buruk.

Berikut beberapa cara alami untuk mengatasi mual di pagi hari.

Akar jahe

Akar jahe dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, kamu dapat mencincangnya dan menambahkannya ke dalam air panas untuk membuat teh jahe yang menyegarkan.

Atau sebagai alternatif lain adalah dengan menghisap potongan jahe yang telah dikristalkan, atau biasa dikenal sebagai permen jahe

Jika kamu tidak menyukai rasa atau aromanya, pil jahe menjadi pilihan yang praktis. Pil jahe hadir dalam berbagai bentuk untuk memudahkan konsumsi.

Selain membantu pencernaan, jahe juga dapat menenangkan perut, bahkan saat kamu tidak sedang mengalami mual di pagi hari.

Pisang

Pisang merupakan salah satu makanan umum yang kaya akan kalium dan mineral yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Selama bulan-bulan awal kehamilan, volume darah cenderung meningkat, sehingga meningkatkan asupan cairan menjadi hal yang penting.

Makan pisang di pagi hari dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa mual yang mungkin dirasakan. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B6 yang melimpah, yang juga dikenal dapat membantu mengatasi sensasi mual.

Lemon

Aroma lemon telah terbukti dapat menenangkan perut saat merasa kamu mual. Kamu dapat mengendusnya, memakannya, atau bahkan menghisap permen rasa lemon untuk menenangkan perut.

Minum air lemon juga dapat membantu mengurangi rasa mual. Tak hanya itu, penelitian menunjukkan dengan membakar lilin beraroma lemon dapat memberikan efek yang sama.

Gelang akupresur

Gelang akupresur merangsang titik akupunktur yang disebut pericardium 6, yang dikenal dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk meredakan mual.

Gelang ini terdiri dari gelang dengan kancing plastik yang memberikan tekanan pada titik P6 di pergelangan tangan.

Keunggulan gelang ini adalah bebas obat dan biasanya memberikan efek positif dengan cepat. Selain itu, gelang akupresur terjangkau dan mampu membantu meringankan mual selama perjalanan.

Vitamin B6

Vitamin B6 telah terbukti efektif dalam mengatasi rasa mual. Namun, seperti halnya dengan semua obat dan suplemen, terutama selama kehamilan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Selain dapat diambil dalam bentuk suplemen, vitamin B6 juga dapat ditemukan secara alami dalam berbagai jenis makanan, seperti bayam, biji bunga matahari, dan daging kalkun.

Sebuah studi dalam jurnal Family Practice menemukan bahwa 30 miligram vitamin B6 dapat membantu mengurangi rasa mual di pagi hari.

Hindari rasa lapar

Pola makan memainkan peran paling penting dalam melawan mual di pagi hari. Mengonsumsi makanan kecil yang sehat sepanjang hari dapat efektif dalam mencegah timbulnya rasa mual.

Mual di pagi hari dapat terjadi sepanjang hari, tetapi sering kali lebih parah di pagi hari. Untuk mencegah terbangun dan muntah, cobalah menyimpan biskuit dan air di samping tempat tidur.

Makan camilan kecil sebelum kamu bangun dari tempat tidur dapat membantu melawan rasa mual di pagi hari. Makan makanan yang hambar dan menjauhi makanan berlemak atau pedas juga akan membantu.

Air

Meningkatkan konsumsi air selama kehamilan tidak hanya penting untuk bayi Anda yang sedang berkembang, tetapi juga untuk kesehatan tubuh kamu.

Untuk itu, kamu perlu mengganti cairan yang hilang saat menderita mual di pagi hari. Kram otot dan pusing adalah tanda-tanda dehidrasi. Segera bicaralah dengan dokter jika kamu merasa mungkin mengalami dehidrasi.

Proses kehamilan membawa berbagai perubahan yang signifikan dalam tubuh. Penting untuk memberikan tubuh cukup waktu untuk istirahat dan mengurangi stres, karena hal ini dapat memberikan dampak positif pada kesehatan kamu.

Perlu diingat, mual di pagi hari umumnya bersifat sementara dan cenderung mereda pada trimester kedua kehamilan.

Namun, jika gejala mual dan muntah terus berlanjut, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mencari solusi yang sesuai, mungkin termasuk resep obat yang aman untuk dikonsumsi selama kehamilan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/11/21/060000120/cara-alami-atasi-rasa-mual-ibu-hamil-di-pagi-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke