Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Sampo Baking Soda untuk Bersihkan Rambut dan Kulit Kepala

Untuk itu, melakukan perawatan rambut secara rutin dapat membantu membersihkan serta menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala.

Nah, selain menggunakan produk yang dijual bebas di toko, kita juga memanfaatkan bahan rumahan untuk membuat sampo sendiri.

Baking soda, misalnya, bisa menjadi bahan dasar sampo yang mampu membersihkan dan mengangkat kotoran yang menumpuk dengan lembut.

Dilansir dari laman Byrdie, berikut penjelasan selengkapnya mengenai cara membuat sampo dari baking soda, manfaat, hingga efek sampingnya.

Cara membuat sampo dari baking soda di rumah

Bahan dan peralatan yang dibutuhkan:

• Baking soda secukupnya

• Air

• Botol sampo daur ulang

• Minyak esensial (opsional)

• Cuka sari apel

Langkah-langkah membuatnya:

1. Tuang baking soda ke dalam botol.

2. Campurkan 3-4 cangkir air. Kita dapat bereksperimen untuk melihat campuran dan konsistensi yang paling sesuai.

3. Jika menggunakan minyak esensial untuk wewangian, tambahkan beberapa tetes ke dalam botol.

4. Untuk digunakan saat mandi, basahi rambut sepenuhnya, matikan air, dan oleskan campuran baking soda dengan lembut dari akar hingga ujung rambut.

5. Diamkan selama 1 menit sebelum membilasnya dengan air.

6. Akhiri dengan cuka sari apel untuk mengembalikan keseimbangan pH rambut dan kulit kepala serta menambah kilau pada helai rambut.

Manfaat keramas dengan sampo baking soda

Menggunakan sampo baking soda untuk keramas memiliki banyak manfaat.

Pertama, baking soda tidak mengandung paraben, natrium lauril sulfat, dietanolamin, pewarna, atau wewangian seperti kebanyakan sampo yang ada di pasaran.

Sebaliknya, ini terbuat dari satu bahan alami, yakni natrium bikarbonat.

"Baking soda adalah zat basa yang dapat menetralkan asam, sehingga berguna untuk menghilangkan bau," kata Brendan Camp, MD, seorang dokter kulit yang berbasis di New York, AS.

"Selain itu, baking soda juga dapat melarutkan kotoran dan residu minyak, serta merupakan bahan abrasif yang lembut yang dapat berfungsi sebagai eksfoliator," jelasnya.

Tidak seperti beberapa produk rambut yang meninggalkan penumpukan lapisan tipis pada rambut, baking soda dapat membersihkan dan membantu menjaga rambut bebas dari ketombe.

Terlebih, bahan ini mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau.

Kapan sebaiknya menggunakan sampo baking soda?

Meski memiliki banyak manfaat bagi rambut dan kulit kepala, namun sampo baking soda tidak boleh digunakan sebagai sampo harian.

"Baking soda memiliki pH 8,1 yang membuatnya sedikit basa," kata ahli rambut dan kulit kepala, Philip B.

"Idealnya, rambut harus memiliki pH 5,5 untuk mendapatkan yang terbaik, karena apa pun yang di atasnya bersifat basa bisa membuka kutikula, apa pun yang di bawahnya bersifat asam," terangnya.

Artinya, meskipun menggunakan baking soda sebagai sampo dapat membuka kutikula dan mengikis rambut, hal ini tidak boleh menjadi bagian dari rutinitas harian karena dapat menjadi sangat abrasif.

Jenis dan kondisi rambut yang aman

Philip merekomendasikan untuk menghindari penggunaan baking soda jika rambut kita cenderung kering.

"Ini dapat membuat rambut dan kulit kepala menjadi sangat dehidrasi, kering, kusam, dan akan membuat warnanya memudar," dia memperingatkan.

"Untuk rambut kering, atau seseorang dengan penumpukan sebum, produk perawatan rambut, atau keringat, disarankan untuk menggunakan sampo yang mengandung asam lemak utama dari kelapa atau alpukat," jelas Philip.

Sementara itu, bagi orang dengan rambut yang cenderung lepek, maka baking soda dapat memberikan beberapa manfaat.

Philip juga mencatat, baking soda dapat digunakan untuk orang-orang yang memiliki rambut super halus dan lemas yang ingin membangun volume serta lebih banyak fleksibilitas untuk mempertahankan gaya rambut.

Terakhir, Philip mengatakan, untuk rambut keriting alami, sampo baking soda bukanlah pilihan yang baik karena bisa menyebabkan kekeringan dan bahkan kerusakan rambut.

Efek samping sampo baking soda

Mereka yang memiliki kulit kepala sensitif atau sangat kering sebaiknya tidak menggunakan baking soda sebagai sampo.

Sebab, baking soda bisa jadi terlalu keras dan membuat kulit kepala mengalami pengelupasan secara berlebihan.

Selain itu, Brendan juga tidak merekomendasikan penggunaan baking soda untuk orang dengan telogen effluvium- kondisi yang ditandai dengan kerontokan rambut yang berlebihan.

Atau mereka yang memiliki infeksi aktif atau gangguan kulit inflamasi seperti psoriasis maupun eksim.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/11/23/060000220/cara-membuat-sampo-baking-soda-untuk-bersihkan-rambut-dan-kulit-kepala

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke