Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Seledri Membantu Menurunkan Berat Badan

Tetapi, ini adalah sayuran serbaguna yang dapat dengan mudah ditambahkan ke dalam berbagai aneka hidangan, dan bahkan dijadikan sebagai pilihan camilan yang sehat.

Menurut seorang ahli diet olahraga di Garage Gym Reviews, Destini Moody, RDN, CSSD, LD, seledri mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan, terutama dalam membantu menurunkan dan menjaga berat badan.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa antioksidan dalam seledri dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi tekanan darah tinggi dan membantu mengontrol gula darah.

Sementara penelitian lain menunjukkan, seledri memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meminimalkan risiko kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Apakah seledri bisa membantu menurunkan berat badan?

Seledri dapat dikatakan sebagai sayuran yang mampu membantu menurunkan berat badan karena padat nutrisi, yang berarti sayuran ini mengandung banyak nilai gizi tanpa banyak kalori.

Menurut USDA, satu batang seledri ukuran sedang mengandung sekitar 23 kalori.

Selain itu, seledri juga memiliki kandungan air yang tinggi, yakni antara 90 hingga 99 persen, serta merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang sangat baik, yang dapat membantu mengenyangkan dan mencegah makan berlebihan.

"Memasukkan seledri ke dalam diet penurunan berat badan sebagai bahan dalam resep sehat atau hanya sebagai camilan adalah cara yang bagus untuk membantu menurunkan berat badan," saran Destini.

Cara seledri membantu menurunkan berat badan

Setelah memastikan bahwa seledri dapat membantu kita menurunkan berat badan, berikut adalah lima alasan mengapa seledri merupakan tambahan yang sangat baik untuk diet sehat kita.

1. Rendah kalori

Seledri adalah sayuran yang ramah untuk menurunkan berat badan, terutama karena jumlah kalorinya yang sangat rendah.

Dengan kalori yang hampir tidak berarti, memungkinkan kita untuk menikmati kerenyahan yang memuaskan tanpa menyabotase upaya penurunan berat badan.

Hal ini membuat seledri menjadi pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan sambil menikmati camilan yang menyegarkan dan bebas rasa bersalah.

"Satu cangkir seledri cincang mengandung hanya 16 kalori, jadi sangat kecil kemungkinannya untuk menambah berat badan setelah makan seledri dalam jumlah banyak," kata Destini.

2. Bisa jadi pilihan camilan yang sehat

Sebagai camilan yang renyah dan menghidrasi, kerenyahan alami seledri membuatnya menjadi alternatif yang memuaskan untuk camilan yang kurang sehat seperti keripik atau makanan manis.

Maka, memasukkan seledri ke dalam rutinitas camilan kita adalah pilihan sehat yang dapat mendukung upaya penurunan berat badan.

"Karena rendahnya kalori yang dimiliki sayuran ini, seledri bisa menjadi pengganti camilan yang lebih tinggi kalori seperti granola bar atau keripik kentang," jelas Destini.

"Selain itu, alih-alih mengonsumsi keripik atau roti manis sebagai camilan favorit, menggantinya dengan seledri adalah cara yang bagus untuk mengurangi kalori dari camilan," ujar dia.

3. Mengurangi makan berlebihan

Kandungan air dan serat yang tinggi dalam seledri membuat makanan menjadi lebih kenyang tanpa menambah kalori.

Ini berarti kita bisa menikmati porsi yang lebih besar dan merasa lebih kenyang, sehingga mengurangi godaan untuk makan berlebihan.

Cobalah memasukkan seledri ke dalam salad, tumisan, atau di samping hidangan utama untuk menambah volume makanan dan meningkatkan rasa kenyang.

"Tambahkan seledri pada makanan seperti sup, semur, dan salad untuk menambah volume makanan tanpa menambah kalori," kata Destini.

"Ini akan menjadi resep rendah kalori namun memuaskan untuk ditambahkan ke dalam diet penurunan berat badan," ungkapnya.

4. Mengandung serat yang tinggi

Serat membantu kita merasa kenyang lebih lama dan meningkatkan pencernaan, dua komponen penting untuk menurunkan berat badan dalam jangka panjang.

"Siapa pun yang pernah ngemil seledri tahu bahwa seledri terdiri dari serat-serat kecil yang keras, dan serat-serat ini tidak dicerna dengan cepat," jelas Destini.

"Ini adalah kabar baik bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan karena memperlambat pengosongan lambung, yang berarti perut tetap kenyang lebih lama, sehingga mencegah kita makan berlebihan sepanjang hari," terang dia.

5. Membuat tubuh tetap terhidrasi

Jika tujuan kesehatan kita adalah menurunkan berat badan, tetap terhidrasi sangat penting untuk mencapai keberhasilan.

Dan dengan kandungan airnya yang tinggi, seledri adalah pilihan camilan yang fantastis bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa tubuh [dapat salah mengira] rasa haus sebagai rasa lapar. Jadi, tetap terhidrasi adalah hal yang sangat penting ketika kita mencoba untuk mengelola berat badan," kata Destini.

"Sayuran tinggi air seperti seledri dapat membantu menghidrasi tubuh dan memuaskan rasa lapar pada saat yang bersamaan," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/12/15/113406020/5-cara-seledri-membantu-menurunkan-berat-badan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke