Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ide Resolusi Tahun Baru 2024 buat Keluarga 

KOMPAS.com - Tahun baru adalah waktu untuk membuat resolusi baru. Tak hanya untuk diri sendiri, kamu bisa menyusun resolusi tahun baru 2024 buat keluarga. 

Ada banyak manfaat dari membuat resolusi tahun baru bersama keluarga. Utamanya, setiap anggota keluarga menjadi bertanggung jawab untuk mencapai resolusi tersebut sehingga hubungan semakin harmonis. 

  • 5 Cara Membuat Resolusi Tahun Baru 2024 untuk Diri Sendiri 
  • 12 Ide Resolusi Tahun Baru 2024 Berdasarkan Zodiak

Membuat resolusi tahun baru 2024 bersama keluarga menjadi alternatif kegiatan bersama di tengah kesibukan masing-masing anggota keluarga. 

Berikut ide resolusi tahun baru 2024 buat keluarga seperti dihimpun Kompas.com dari situs Psychology Today dan Families for Life. 

1. Belajar hal baru bersama 

Perkembangan teknologi yang pesat menjadikan dunia dengan sangat cepat. Nah, kamu bisa belajar hal baru tersebut bersama seluruh anggota keluarga, seperti dilansir dari Psychology Today.

Kini telah tersedia beragam aplikasi atau kelas online untuk mempelajari keterampilan baru. Dengan belajar bersama keluarga, maka akan mengurangi gap pemahaman hal baru antara orang tua dan anak muda. 

Foto keluarga merupakan hal sederhana namun penuh makna. Di tengah tren foto menggunakan ponsel masing-masing, foto keluarga di studio menjadi sarana untuk mendekatkan semua anggota keluarga, seperti dilansir dari Families for Life. 

Tak melulu di studio, kamu bisa memilih begron foto keluarga di ruang terbuka (outdoor) seperti taman, halaman rumah, kafe estetis, dan sebagainya. 

Resolusi yang satu ini, menjadi favorit setiap anggota keluarga. Tidak harus mahal, kamu bisa mengajak anggota keluarga untuk staycation di dalam kota. 

Travelling secara rutin bersama keluarga bisa mengukir memori indah, khususnya bagi anak-anak. Kamu bisa mengajak keluarga jalan-jalan ke taman kota, menonton pertunjukkan seni yang gratis, dan sebagainya. 

Kamu bisa mulai menata keuangan keluarga dengan berhemat dan menabung. Misalnya, membatasi pengeluaran untuk hadiah ulang tahun, membeli barang yang tidak dibutuhkan, atau membeli pakaian secukupnya. 

Selain bermanfaat bagi keuangan keluarga, berhemat dan menabung akan memberikan teladan yang baik buat anak-anak. Resolusi sederhana ini akan sangat bermanfaat bagi mereka ke depannya. 

  • 3 Cara Wujudkan Resolusi Menurunkan Berat Badan di Tahun 2024
  • Apakah Anak-anak Perlu Membuat Resolusi Tahun Baru? Ini Kata Pakar

5. Menata rumah

Rumah adalah tempat berkumpul bagi semua anggota keluarga. Karenanya, sangat penting untuk mengajarkan bahwa kebersihan dan kerapian rumah merupakan kewajiban setiap anggota, bukan hanya ibu. 

Misalnya, anak-anak dapat bertanggung jawab atas mainan atau hewan peliharaan mereka. Sementara ayah, dapat bertanggung jawab atas taman maupun kolam ikan. 

Resolusi sederhana ini menjadi anak-anak belajar bertanggung jawab sejak dini. 

Sebagian besar keluarga mungkin sudah memiliki tradisi. Misalnya, mengadakan makan malam keluarga seminggu sekali, berlibur bersama keluarga setahun sekali, menonton film atau bermain setiap bulan, dan membaca bersama..

Jika belum, kamu bisa memulai tradisi keluarga tersebut sebagai resolusi tahun baru 2024. Mulailah dengan tradisi keluarga yang sederhana namun bisa dilakukan secara konsisten. 

7. Menjaga kesehatan

Kesehatan, termasuk kesehatan mental, adalah yang terpenting dalam hidup. Karenanya, menjaga kesehatan dapat dimulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga dan diri sendiri. 

Setiap anggota keluarga harus dibekali dengan pengetahuan mengenai kesehatan, baik fisik maupun mental. Misalnya, mulai rutin olahraga tiga hingga empat kali dalam sepekan. 

Menjaga kesehatan tidak bisa lagi disepelekan di tengah beragam tantangan kesehatan yang semakin kompleks. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/01/230012220/7-ide-resolusi-tahun-baru-2024-buat-keluarga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke